3 Bahan Untuk Meracik Deterjen Laundry

Bagaimana cara sebabkan deterjen laundry sendiri yang efisien namun juga eco-friendly? Ternyata lebih gampang daripada yang kami pikirkan.

Paprika Living mengakibatkan Clara Simanjuntak, founder Nyananyana eco-friendly clothing, untuk share cara sebabkan deterjen sendiri. Clara sendiri mengaku udah 3 th. tidak pernah belanja deterjen komersil karena beragam alasan, jadi dari alasan kesehatan kulit, sampai menginginkan pilihan yang lebih ramah lingkungan. layanan antar jemput laundry

Cara Membuat Deterjen Laundry Dengan Mudah
Cara Membuat Deterjen Laundry Dengan Mudah

Bahan-Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Detejen
Pembuatan deterjen ramah lingkungan ini sangatlah mudah. Berikut resepnya:

1 Cup Sodium Carbonate (Abu Soda)
1 Cup Sabun Coconut Oil / Olive Oil / Castille Soap
¼ Cup Asam Sitrat (Citric Acid / Citrun)
Jika suka, sebagai pewangi bisa ditambahkan essential oil. Anda juga akan membutuhkan wadah kedap udara.
Jadi kami hanya wajib 3 bahan utama untuk membuatnya. Bahan-bahan di atas bisa dibeli di online marketplace.

Cara Membuat Deterjen Ramah Lingkungan
Pada resep di atas, Clara memanfaatkan Abu Soda (Sodium Carbonate), namun tersedia juga lebih dari satu resep yang memanfaatkan Baking Soda (Sodium bicarbonate). “Anda bisa menggantinya dengan baking soda, hanya saja aku lebih puas Sodium Carbonate karena energi bersihnya lebih lebih kuat,”ujar Clara.

Pembuatan deterjen bubuk ini pun memadai singkat, tidak cukup dari 30 menit. Yang paling memakan saat adalah bagian menghancurkan sabun.

Selain itu, yang wajib kami lakukan hanyalah mengkombinasikan dan mengaduk semuanya. Setelah itu Anda wajib menyimpannya di wadah kedap udara. Penampakan kelanjutannya layaknya deterjen bubuk komersil biasa.

BACA JUGA: Yuk, Bikin Sabun Mandi Sehat!
Jangan Menggunakan Sabun Mandi
Jika Anda terpengaruh untuk Mengenakan sabun mandi, Clara mengingatkan untuk menghindarinya. “Sabun mandi biasa hanya akan meningkatkan busa dan dalam jangka saat lama bisa merusak mesin cuci karena ia akan menggumpal,”ujarnya.

Sama layaknya deterjen umum, indikator terkecuali deterjen ini bekerja dengan baik adalah noda hilang dan wangi cucian yang segar.

Untuk lebih detail berkenaan cara pembuatannya, tonton video Paprika Living dengan Clara di bawah ini. Semoga Anda terinspirasi untuk mencoba!