manfaat daun kelor

Manfaat Daun Kelor Yang Banyak Dicari – Merunggai atau dikenal juga dengan daun kelor, merujuk pada tumbuhan yang mempunyai nama latin Moringa oleifera.

Tumbuhan kelor umunya hidup di sembarang tempat seperti di semak blukar, pinggiran jalan hingga di tepian hutan, namun adapun yang menanamnya untuk digunakan sebagai obat herbal.

Namun siapa sangka di balik ukuran daunya yang mungil, daun kelor diketahui mempunyai kandungan yang kaya manfaat untuk kesehatan.

Beberapa kandungan yang ada pada daun kelir diantaranya magnesium, kalium, kalsium, protein, karbohidrat, zat besi, vitamin C, A, B, folat, dan serat, selain itu ada juga kandungan seperti zinc, tembaga, fosfor, selenium, dan beberapa antioksidan bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari daun kelor yang banyak di cari orang.

1. Menurunkan tekanan darah.

Daun kelor memiliki kemampuan dalam mengatur tensi atau tekanan darah di dalam tubuh, hal ini dikarenakan banyak mineral kalium, zat besi dan senyawa antioksidan pada daun kelor.

2. Mengurangi gula darah.

Gula yang berlebih adalah salah satu pemicu beberapa penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Untuk itu kamu bisa menggunakan tanaman satu ini dalam mencegah naiknya gula darah.

Beberapa kandungan dari daun kelor diketahui mampu meningkatkan kinerja hormon insulin dalam merubah glukosa atau gula darah menjadi sumber energi dan menjalankan fungsi organ lainya, sehingga hal ini mampu mencegah penyakit diabetes, gula darah dan resistensi insulin.

3. Menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat berikutnya dari daun kelor ialah dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi yang mengkonsumsinya. Adanya kandungan vitamin C, B, serta senyawa antioksidan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Disamping itu tanaman satu ini juga mampu menangkal paparan radikal bebas dan mencegah kerusakan jaringan sel di dalam tubuh.

4. Melancarkan saluran kencing.

Diketahui dengan mengkonsumsi air rebusan dari daun kelor secara teratur dapat berkhasiat menyehatkan ginjal, melancarkan saluran kecing, mencegah infeksi serta mencegah pengkristalan garam pada kandung kemih.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun kelor yang banyak di cari orang.

Menggunakan daun kelor sebagai obat herbal pada dasarnya tidak ada masalah, dan kamu juga bisa menggunakanya. Akan yang tetapi perlu kamu ingat ialah jangan menggunakanya terlalu berlebihan.

Penggunaan yang terlalu berlebihan justru hanya akan menimbulkan efek samping yang tidak di inginkan. Berharap menggunakan daun kelor sebagai obat, kamu justru menerima efek negatifnya.

Selain itu baiknya untuk tidak dikonsumsi para ibu hamil, serta tidak untuk di konsumsi bersamaan dengan obat-obatan lainya.

Sumber : healty99.com

By laurel