Bawang bombay merupakan rempah yang sering digunakan untuk penyedap pada makanan selain bawang putih dan bawang merah. Meskipun penggunaannya masih kalah dengan bawang putih dan bawang merah, bawang bombay dapat menambah cita rasa dan kelezatan pada makanan lho. Ditambah lagi dengan kandungan nutrisinya yang tinggi dan dipercaya bermanfaat bagi kesehatan, membuat bawang bombay cocok untuk rempah yang dapat kita gunakan setiap hari.

Selain memiliki tekstur yang renyah, bawang bombay juga memiliki aroma yang sangat khas yang membantu menyedapkan makanan. Tak hanya itu, bawang bombay juga memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, natrium, kalium, vitamin C, kalsium, zat besi, zinc, vitamin B2, karoten, dan berbagai nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Lalu, apa saja manfaat bawang bombay bagi tubuh kita? Di bawah ini dijelaskan 5 manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Simak penjelasannya sampai selesai ya!

Gambar bawang Bombay

  • Menjaga kesehatan jantung

Bagi kamu yang ingin terhindar dari penyakit jantung, bawang bombay bisa menjadi solusinya. Selain itu, bawang bombay juga dapat menjaga tekanan pada darah hingga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung. Mengapa demikian? Karena bawang bombay memiliki kandungan kalium yang memiliki efek penurun tekanan darah. Salah satu jenis flavonoid yaitu quercetin juga membantu kalium dalam mengontrol tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

  • Menjaga mood

Bawang bombay dapat menjaga mood karena bawang bombay memiliki kandungan folat yang bisa mengurangi gejala depresi. Folat bekerja dengan cara mengurangi terbentuknya homosistein, yaitu senyawa yang bisa mencegah darah dan zat gizi mencapai otak. Dengan begitu, produksi beberapa zat kimia pada otak seperti serotonin, dopamin, dan norepinefrin bisa diproduksi dengan lancar.

  • Menjaga fungsi sistem pencernaan

Bawang bombay juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga fungsi pada pencernaan kita dapat bekerja dengan baik. Apalagi, serat pada bawang bombay adalah serat khusus yang bernama oligofructose. Serat ini adalah serat yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus sekaligus dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

  • Menguatkan kekebalan tubuh

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, bawang bombay juga dapat menguatkan kekebalan pada tubuh karena bawang bombay mengandung polifenol yang bertindak sebagai anti-oksidan. Anti-oksidan ini dapat melindungi tubuh kita dari radikal bebas dan membantu mendorong sistem kekebalan pada tubuh menjadi lebih kuat.

  • Mencegah terjadinya kanker

Manfaat yang kelima adalah bawang bombay dapat mencegah terjadinya kanker karena bawang bombay termasuk ke dalam sayuran allium yang memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kanker pada usus besar. Bawang bombay juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas.

Nah, jika kamu masih bingung untuk mencari dan membeli bawang bombay ini, kamu dapat membelinya di TaniHub. TaniHub adalah platform tempat belanja buah dan sayur terbaik. Buah dan sayur yang dijual di TaniHub selalu memiliki kualitas produk segar dan terbaik yang diambil langsung dari petani Indonesia. Pengantarannya juga cepat, hari ini pesan, besok sudah sampai depan pintu rumah. TaniHub juga memiliki beberapa metode pembayaran yang memudahkan kita semua. Jika produk tidak sesuai, maka produk tersebut akan diganti demi kepuasan pelanggan. Dan ada banyak promo-promo yang hadir setiap minggunya. Jadi tunggu apalagi, ayo beli buah dan sayur di TaniHub!  

 

By sartika