5 Penyakit Akibat Kerja yang Perlu Diketahui, Jangan Disepelekan

Kesehatan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit akibat kerja diartikan sebagai gangguan kesehatan yang muncul akibat faktor risiko yang ada pada lingkungan pekerjaan. Sebagai contoh, pekerja konstruksi berisiko lebih tinggi mengalami gangguan pendengaran. Sedangkan, pekerja kantoran berisiko mengalami gangguan otot dan saraf. Paparan bahan kimia yang bersifat karsinogenik juga bisa memicu kanker lho

Nah, berikut jenis penyakit akibat kerja yang dilansir dari Healthline:

Asma

Merupakan salah satu penyakit paru-paru yang ditandai dengan gejala sesak napas akibat adanya peradangan serta penyempitan saluran pernapasan. Seseorang yang mengalami penyakit asma umumnya memiliki saluran pernapasan yang sensitif, sehingga memicu terjadinya pembengkakan pada saluran pernapasan.

Asma sering terjadi pada pekerja karena asap kimia, gas, dan debu. Beberapa profesi yang rentan terkena penyakit ini adalah tukang kayu, tukang las, dan penata rambut.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan peradangan paru yang menimbulkan terjadinya gangguan aliran udara yang menuju paru-paru. Penyebabnya yaitu polusi asap jalanan atau rokok dalam jangka panjang. Biasanya, paru-parunya akan terasa nyeri.

Penyakit ini diderita oleh para pekerja dengan aktivitas di luar ruangan dan sering terpapar polusi udara. Selain itu, pekerja di tempat tambang batu bara, pabrik tanah liat, dan pabrik bahan bangunan juga berpotensi terhadap penyakit ini.

Penyakit Akibat Kerja yang Perlu Diketahui, Jangan Disepelekan

Penyakit Otot dan Saraf

Penyakit saraf adalah gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh yang meliputi otak dan sistem saraf pusat. Jika saraf terganggu, seluruh atau sebagian fungsi tubuh pun akan terganggu, seperti sulit bergerak, berbicara, dan mengalami gangguan ingatan.

Gejala awalnya yaitu sakit kepala, nyeri punggung, hingga menurunnya daya ingat. Penyebabnya adalah cedera otak atau tulang belakang

Dermatitis Kontak

Biasanya, penyakit ini sering dialami oleh para pekerja yang sering bersentuhan dengan zat kimia, pestisida, nikel, parfum, dan pewarna rambut. Penyakit ini ditandai dengan ruam yang gatal, kering, dan bersisik.

Carpal Tunnel Syndrome

Carpal tunnel syndrom merupakan salah satu penyakit yang terjadi karena saraf median yang terletak di telapak tangan mengalami tekanan berlebih. Gangguan ini kerap menyebabkan tangan terasa kesemutan. Penyakit ini umumnya diderita oleh pekerja kantoran.

Yuk, daftarkan diri Anda ke asuransi kecelakaan. Jika sewaktu-waktu Anda harus mendapat penanganan medis, pihak asuransi siap menanggung semua biaya lho.