Sumber : www.bundapedia.com

Sebagai orang tua baru tentunya punyai beberapa hal yang perlu dipikir untuk yang akan datang. Ditambah saat anak mulai besar dan akan masuk sekolah, pasti hal itu jadi pertimbangan sejak awal kali. Tiap pasangan pasti punyai langkah yang berbeda dalam pikirkan keperluan rumah tangga. Ada yang tanpa gagasan dan biarkan semua sesuatunya mengucur saja. Tetapi ada pula yang sembunyi-sembunyi pikirkan gagasan di depan.

 

Meski terlihat rileks, rupanya tiap pasangan selalu dihantui beberapa ongkos yang perlu untuk dipikir bersama. Secara umum, hidup berumah-tangga tidak cuman pikirkan gagasan esok dan pekan kedepan tetapi juga gagasan sekian tahun kembali. Dengan gagasan yang terang tentunya akan gampang diraih. Dan yang terpenting, semuanya wajib dibahas berdua dengan pasangan.

 

Ketika sedang rileks, tentunya Mam dan Dads pernah dihantui beberapa pikiran sekitar gagasan periode pendek atau periode panjang. Berikut sejumlah ongkos yang sering menghantui beberapa orangtua

 

1.Biaya pendidikan anak. Semuanya orang tua tentunya selalu memberi yang terbaik dan memulai pikirkan pengajaran anak sejak awal kali

 

Meski sering ketawa-ketiwi saat main bersama anak, ternyata beberapa orangtua selalu selalu berasa kuatir mengenai pengajaran anak. Mereka sembunyi-sembunyi cemas apa dapat menyekolahkan sampai perguruan tinggi. Ongkos pengajaran tentu saja akan naik tiap tahun hingga harus mulai dipikir semenjak saat ini walau anak masih kecil.

 

2.Dana pensiun. Tiap orang tentu saja punyai gagasan pensiun di umur yang berbeda dan bisa menjadi poin utama untuk dipikir

 

Seputar dana pensiun tentunya kerap menghantui pemikiran Mam dan Dads. Ingin pensiun di umur berapakah itu sebagai opsi setiap orang. Yang terpenting ialah menyiapkan dana di periode tua. Dibanding terus menerus dihantui ini, lebih bagus mulai saat ini mulai pikirkannya. Penting untuk dibahas berdua lo Mam.

 

3.Dana darurat. Bagaimana juga keadaan seorang sekarang ini, dana genting penting untuk dipikir

 

Memiliki dana genting tidak cuman saat seorang telah memiliki keluarga. Buat mereka yang bujang juga penting untuk punyai dana genting. Untuk orangtua yang telah mempunyai anak kecil tentunya keperluan untuk dana genting semakin besar.

 

4.Biaya yang perlu dikeluarkan tiap bulan. Ini mencakup ongkos pembayaran listrik, internet, angsuran dan yang lain

 

Biaya bulanan sering kelihatan sedikit, tetapi rupanya dapat melonjak bila tidak ada catatan pengeluran. Apa lagi jika punyai angsuran, ditanggung lebih mikir dech. Karena itu tidak bingung jika nominal untuk pengeluaran bulanan selalu menghantui pemikiran.

 

5.Biaya untuk self-reward. Pengeluaran untuk self-reward misalkan ke salon, jalanan sama keluarga, berbelanja sama sesuai dengan yang jadi kemauan

 

Pengeluaran untuk self-reward ini tidak harus setiap bulan kok. Kadang-kadang membahagiakan diri kita itu wajib asal disamakan dengan penghasilan. Apa lagi jika sedang ada rezeki lebih, pastinye ingin ngajak jalanan anak istri kan, Dads!

 

6.Biaya untuk kepentingan setiap hari. Keperluan setiap hari sering jadi pertimbangan yang serius karena pengeluarannya terkadang tidak tersangka

 

Kebutuhan setiap hari saat masih berdua dan sesudah punyai anak tentunya berlainan. Dahulu cocok masih berdua kadang-kadang dapat jajan kopi ke luar sekalian quality time. Berlainan jika telah mempunyai anak, tentu lebih mentingin beliin jajan untuk anak, belum juga jika sang kecil meminta mainan. Jadi harus dipikir bagaimana peruntukannya.

 

Jangan salah, walau kelihatan enak-enakan saja, tetapi Mam dan Dads sering dihantui oleh beragam ongkos untuk kebutuhan hidup. Semua sesuatunya semakin lebih gampang ditempuh saat telah dibikin gagasan. Mudah-mudahan berguna ya Moms, Dads!

By andut