Sebelum lanjutkan artikel 6 Tips Mempersiapkan Acara Aqiqah Agar Sesuai Sunnah, Sekedar kami info:

Jika anda berminat mencari Jasa Aqiqah Terpercaya dan Profesional dengan harga murah kunjungi website Jasa Aqiqah Jabodetabek

Kelahiran orang anak sesuatu kebahagiaan yang dinanti-nantikan oleh pasangan suami istri serta keluarga. Jadi wujud rasa sukur terhadap Allah atas kelahiran anak, orang-tua disunnahkan untuk mengerjakan aqiqah sebagai satu beribadah dengan menyembelih hewan qurban. Walau demikian aqiqah diperlakukan untuk orang-tua yang punyai kebolehan saja.

Meskipun aqiqah merupakan beribadah yang sedang dilakukan dengan menyembelih hewan kurban, tapi realisasi aqiqah serta qurban punyai ketidakcocokan dari sisi penyiapan serta acaranya. Lantas apa penyiapan acara aqiqah yang sama dengan sunnah? Bagaimana tata teknik realisasi aqiqah?

Penyiapan Aqiqah Anak
Jumlah hewan aqiqah yang harus disiapkan menurut syariat Islam merupakan 2 ekor kambing untuk bayi lelaki serta 1 ekor kambing untuk bayi wanita. Realisasi aqiqah disunnahkan pada hari ke-7  mulai sejak bayi dilahirkan sama dengan hadist berikut ini:

Dari Samurah, sebetulnya Rasulullah SAW sudah bersabda: “Tiap bayi tergadai di aqiqahnya, yang disembelih di hari ke-7 , serta di hari itu disebut serta dicukurlah rambutnya”. (HR. Tirmidzi) Jadi penyiapan kriteria binatang aqiqah, rata-rata beberapa ulama beranggapan kalau seluruh binatang yang disembelih untuk beribadah aqiqah merupakan sama dengan binatang untuk qurban. Kalau untuk qurban hewan itu resmi disembelih karenanya hal demikian berlaku pula di hewan yang disembelih untuk aqiqah.

Berikut berbagai perihal perihal penyiapan aqiqah anak yang harus jadi perhatian oleh orang-tua:

1. Instansi Aqiqah

Beberapa orang yang mengandalkan soal acara aqiqah anaknya terhadap instansi aqiqah di kitaran domisili huniannya, tapi masih mesti jadi perhatian pula terkait tehnis realisasi dari instansi itu biar acara aqiqah sama dengan sunnah serta kwalitas dari masakannya.

2. Ustadz

Dalam realisasi aqiqah dibutuhkan orang ustadz untuk membimbing acara aqiqah dari pertama hingga sampai akhir supaya dapat berjalan dengan normal.

3. Alat Potong Rambut

Lantaran dalam acara aqiqah ada proses cukur rambut sang bayi baik dicukur sedikit maupun segalanya hingga sampai botak karenanya dibutuhkan alat potong, nampan atau tempat simpan rambut dari batok kelapa.

4. Sound Sistim serta Dekor

Kalau acara aqiqah dijalankan dengan mengundang beberapa orang, karenanya penyiapan seperti tenda serta sound sistim sangatlah dibutuhkan, bisa pula ditambah lagi dengan mempersiapkan dekor rumah biar waktu acara aqiqah lebih sengit.

5. Box Bayi

Di saat acara aqiah bisa pula disajikan box bayi yang sudah dihias untuk letakkan bayi biar tamu undangan simpel memandang serta bayi berasa nyaman.

6. Undangan serta Makanan

Undangan butuh disediakan untuk mengundang tetangga, keluarga maupun teman untuk mengunjungi acara aqiqah. Menu makanan dari olahan kambing dapat diputuskan sendiri sesuai sama keinginan.

Bagaimana Tata Teknik Beribadah Aqiqah
Secara prinsip proses atau tata teknik aqiqah mencakup tiga type kesibukan yang sedang dilakukan bertepatan adalah:

1. Kesibukan menyembelih binatang aqiqah
Saat proses pendabihan mesti dijalankan sama dengan beberapa cara yang disyariatkan, sama yang dijalankan di www.aqiqahhajiandi.com

2. Kesibukan cukur rambut kepala bayi
Pemangkasan rambut bayi yang disunnahkan untuk dijalankan di hari ke-7  terhitung mulai sejak kelahiran bayi. Rambut bayi yang udah dicukur semua lantas ditimbang. Berat timbangan rambut bayi itu ditukar nilainya dengan perak serta emas lalu disedekahkan terhadap fakir miskin.

3. Menamai (memberikan nama) anak
Kesibukan memberikan nama anak ini yang rata-rata dalam orang dihelat berbentuk upacara syukuran dengan mengundang keluarga, rekan serta tetangga.

Info Lainnya kunjungi jasa layanan aqiqah terpercaya dan profesional

By nasya