7+ Rekomendasi terbaik Memory Card Untuk DSLR dengan kualitas Bagus

Memory card atau sering di sebut sebagai kartu memory adalah alat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sebuah data digital seperti gambar, music, atau video. Memory sendiri bisa kamu gabungkan dengan sebuah gadget atau kamera digital, PDA dan Handphone. Ukuran dari kartu memory ini bermacam-macam mulai dari 128 mb sampai 16 GB. Untuk memilih memory card kamu tidak boleh sembarangan karen pada dasarnya kartu memory berbeda dengan headphone. Dan untuk Kamera juga memerlukan memory yang seimbang dengan kecepatannya. 

Tapi sebelumnya mungkin bagi pemula akan timbul banyak sekali pertanyaan misalnya apa itu micro SD atau adapter, fungsinya adalah untuk digunakan sebagai penghubung antara microSD atau port dari perangkat yang akan di pasangkan. Semisalnya pada laptop, PC bahkan kamera DSLR sekalipun. Ukuran adaptor ini sama dengan kartu memori biasa pada umumnya. Hanya saja adaptor micro SD digunakan untuk kartu yang lebih kecil, yaitu MicroSD.

Sebelum masuk kedalam pembahasan satu persatu dari produk memory yang bisa kamu dapatkan penulis akan mengenalkan terlebih dahulu jenis jenis kartu memory yaitu Memory Stick, Multimedia Card (MMC), Secure Digital Card (SD Card), Compact Flash Card (CF Card), Smart Media Card. Beberapa memori di atas bisa kamu gunakan dalam berbagai situasi dan juga sangat mudah dalam menggunakannya, baik biar terlalu lama dalam membahas kartu memory kali ini penulis akan memberikan 7+ Rekomendasi terbaik Card Untuk DSLR dengan kualitas Bagus untuk DSLR kalian. 

  • SanDisk Extreme PRO SDHC/SDXC

SanDisk Extreme PRO SDHC SDXC

Pada urutan pertama di duduki oleh memory yang sudah banyak sekali peminatnya yaitu SANDISK memory yang merupakan perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Milpitas, California. Didirikan pada tahun 1988 oleh Eli Harari dan Sanjay Mehrotra. Menghasilkan berbagai macam produk pemutar audio. Perusahaan ini juga mempekerjakan 3.000 pekerja pada tahun 2007. Sandisk sendiri memproduksi kartu memory yang sangat baik sekali untuk segi kualitasnya

Khusus untuk para profesional, kartu memori terbaik untuk kamera DSLR menawarkan kecepatan tulis dan baca 95MB / dan 90MB /s. Bukan hal yang aneh jika produk kartu memori ini direkomendasikan karena kinerjanya yang memang sangat kuat. Anda juga dapat merekam video 4K dan jika file terhapus secara tidak sengaja, Anda dapat memulihkan menggunakan perangkat lunak default mereka, RescuePRO Deluxe, kelebihan yang di miliki oleh produk ini akan tahan lama dan  tidak mudah rusak, Harga dari produk ini berkisar Rp.30,000 – 320,000 Ribu Rupiah.

  • Toshiba Exceria Pro

2. Toshiba Exceria Pro

Selanjutnya ada sebuah memory yang memang menjadi salah satu pesaing dari sandisk yaitu Toshiba, perusahaan manufaktur elektronik berteknologi tinggi yang berkantor pusat di Tokyo, Jepang. Toshiba adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Toshiba saat ini sebagian besar buatan China. Semikonduktor buatan Toshiba termasuk dalam jajaran 20 Semikonduktor dengan Penjualan Terbesar. Pada tahun 2009, Toshiba adalah perusahaan komputer terbesar kelima di dunia, di bawah Hewlett-Packard dari AS, Dell dari AS, Acer dari Taiwan, dan Apple dari AS.

Toshiba Exceria Pro SD adalah salah satu kartu memori terbaik untuk DSLR yang tentunya bagi Anda yang sudah bisa foto / videographer. Exceria Pro hadir dalam berbagai ukuran kapasitas, yaitu 16GB, 32GB, 64GB dan 128 GB. Kartu memori ini untuk DSLR video menawarkan kecepatan transfer hingga 260MB / s dan kecepatan proses tulis hingga 240MB / s. Tentu saja ini sangat cocok untuk ideographer yang selalu merekam video berkapasitas tinggi dan 4K. Rp.52,000 – 230,000 Ribu Rupiah

  • Samsung PRO Select 95MB/s MicroSDXC

3. Samsung PRO Select 95MBs MicroSDXC

Produk selanjutnya yaitu Samsung yang merupakan salah satu pemenang kartu memori untuk kamera DSLR terbaik dan tercepat dengan penyimpanan berkinerja tinggi dan dengan harga Rp. 650rb Kartu memori Samsung Pro Select menawarkan kecepatan baca hingga 95MB / s dan kecepatan tulis 90MB / s, yang membuatnya ideal untuk semua jenis aplikasi kamera DSLR termasuk video HD, video 4K, video 3D dan RAW.

Kamu dapat menggunakan kartu memori ini dari Samsung pada telepon pintar, kamera DSLR dan kamera aksi seperti GoPro dan bahkan drone DJI. Saya juga menyukai memori eksternal yang membuat tahan terhadap air, suhu dan sinar-x. Samsung mengklaim kartu ini masih dapat berfungsi bahkan setelah berada di air laut selama 24 jam dan dapat bertahan dalam suhu antara -13 dan 185 derajat Fahrenheit. Samsung mematok harga untuk produk yang satu ini sektar Rp.22,000 – 100,000 Ribu Rupiah

  • Lexar Profesional 2000x SDHC

4. Lexar Profesional 2000x SDHC

Kartu memori ini untuk dslr dikhususkan untuk fotografer dan videografer profesional. Meski harganya cukup mahal, Rp. 1,2 juta, kartu SDHC dan SDXC tersedia dalam beberapa ukuran kapasitas, yaitu 32GB, 64GB dan 128GB. Kecepatan transfer yang luar biasa hingga 300MB / s adalah salah satu alasan mengapa kartu memori eksternal ini mahal. Profesional Lexar dapat digunakan untuk merekam video FHD, 3D, dan 4K, baik Anda memotret menggunakan kamera DSLR, aksi cam, atau bahkan kamera 3D. Harga dari produk ini sekitar Rp.32,000 – 120,000 Ribu Rupiah

  • SanDisk Extreme Plus

5. SanDisk Extreme Plus

Untuk pemula yang ingin mengambil bagian dalam hobi vidio dan memotret, mereka mungkin bertanya kartu memori seperti apa yang merupakan kamera DSLR terbaik. Jika itu pertanyaan Anda sekarang, jawabannya adalah SanDisk Extreme Plus adalah rekomendasi terbaik dan tentunya tidak mengecewakan. MicroSD ini mengklaim kecepatan baca hingga 95MB / s dan 90MB / s untuk proses penulisan.

Sebenarnya ada sesuatu yang cukup mengejutkan ketika membandingkan kartu memori ini yaitu hanya 92MB / s dan 88MB / s. Tidak jauh perbedaan kecepatan adalah alasan mengapa banyak produk dari Sandisk direkomendasikan sebagai salah satu kartu memori untuk DSLR terbaik. Harga SanDisk Extreme Plus sekitar Rp.400,000 – 600,000  Ribu Rupiah.

  • Transcend High Endurance

6. Transcend High Endurance

Sebagian besar dari micro sd menggunakan flash storage TLC, yang merupakan tipe yang paling murah dan bersahabat dengan kantong kamu. Transcend High Endurance membuktikan bahwa microSDXC High Endurance menggunakan penyimpanan MLC yang menyimpannya lebih sedikit dari bit per sel dan akan bisa di andalakan dalam moment apapun. Pasaran harga dari model ini Rp.100,000 – 400,000  Ribu Rupiah.

  • Lexar Professional 633x

7. Lexel Professional 633x

Tidak seperti kebanyakan kartu microSD, paket bundel Lexar ini dilengkapi dengan dongle USB 3.0 dan bukan adaptor SD. Menariknya, kartu micro sd ini dimaksudkan untuk digunakan dalam action cam, smartphone, dan tablet. Produk ini menawarkan kecepatan 95MB / s yang tentu saja bisa menjadi salah satu kartu memori untuk kamera DSLR terbaik. Kinerja 4KB dapat beroperasi 7,7MB / s saat membaca dan 1,3MB / s untuk proses penulisan.

Harganya mungkin lebih murah dari yang bisa Anda bayangkan sekitar Rp. 270k untuk versi 64GB. Kartu memori untuk DSLR ini juga cocok untuk digunakan pada dashboard dan kamera CCTV. Jika Anda melihat kecepatan tulis dan baca dari sebagian besar kartu kelas 10, itu adalah 23MB / s dibaca dan 20,9MB / s tulis. Jelas ini menghasilkan kecepatan minimum yang diperlukan untuk kartu Kelas 10, dan banyak untuk perekaman Full HD. Harga dari produk ini sekitar Rp.50,000 – 100,000 Ribu Rupiah

  • PNY Turbo Performance

8. PNY Turbo Performance

Kartu turbo ferformance dan produk PNY yang mengklaim sebagai microSD terbaik dan tercatat untuk DSLR dirancang untuk action DSLR. Action cam 4k atau drone dengan kecepatan 90mb/s. kecepatan write hingga 62,2MB/s. memory card inilebih cukup untuk merekam video kualitas 4k acak dengan kecepatan baca 7.1MB / s dan kecepatan menulis hanya 0.6MB / s. Dalam hal harga, kartu memori kinerja turbo PNY ini bekerja pada 63 per GB untuk versi 32GB, salah satunya dihargai sekitar Rp. 260rb. Harga dari produk ini sekitar Rp.110,000 – 420,000 Ribu Rupiah

  • Samsung PRO SDHC

9.Samsung PRO SDHC

Dengan harga hanya Rp.160K Samsung menawarkan potensi untuk membaca kecepatan yang sangat kompetitif. Format 32GB dan 64GB SDXC keduanya menawarkan kecepatan baca 90MB / s dan kecepatan tulis hingga 80MB / s, sedangkan SDHC 16GB menawarkan kecepatan transfer 90MB / s dan kecepatan tulis lebih rendah dari 50MB / s, yang cukup untuk sebagian besar fotografer.

Tidak hanya untuk dslr, kartu memori yang juga cocok untuk action cam dan smartphone ini dapat Anda beli di toko online. Paket yang tersedia termasuk adaptor SD yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah terhubung ke kamera digital, laptop atau komputer desktop Anda untuk transfer berbasis USB. Produk pertama ini mungkin salah satu spesifikasi paling mengesankan dan fitur memori untuk DSLR yang dapat Anda temukan dengan harga murah.  Harga dari produk ini sekitar Rp.63,000 – 220,000 Ribu Rupiah

  • Polaroid SDXC

10. Polaroid SDXC

Kartu microSD yang bekerja tinggi ini sangat cocok untuk para fotografer dari semua level, salah satu memory card kamera DSLR ini mempunyai kompabilitas yang tinggi berarti dapat digunakan untuk file foto dan video yang mempunyai kualitas 4k. memory ini mempunyai kecepartan baca yang tinggi, apalagi produk ini merupak memory tipe brust. Harga dari produk ini Rp.700,000 – 1,000,000 Rupiah. 

  • Toshiba Exceria M301

11.Toshiba Exceria M301

Masuk dalam salah satu jajajran dari memory untuk kamera terbaik Toshiba Exceria M301  meruapakan salah satu kartu kelas UHS-I yang di tujukan untuk merkam video 128GB yang termasuk adaptor microSD didalam paketannya produk ini walaupun tidak di khususkan untuk kamera namun produk ini merupakan salah satu produk terbaik dan bisa digunakan sepanjang waktu tanpa takut kamu akan kerusakan nya. Produk Toshiba Exceria M301 memilik pasaran harga yaitu Rp.800,000 – 2,000,000 Rupiah. 

Kesimpulan : Berikut adalah beberapa rekomendasi memory card untuk kamera dengan spesifikasi yang jelas dan bisa kamu jadikan sebagai bahan untuk referensi.

Semoga bermanfaat.

By cahyaa