Sesaat akan pilih rumah kontrakan, alangkah lebih baik untuk bikin daftar kontrak yang kamu harapkan. Putuskan dulu lokasi dengan alasan jarak ke arah tempat kerja serta sarana masyarakat disekitarnya kost Bandung.

Lalu pikir pula tempatnya, apa kamu ingin ada di dalam gang atau dekat di jalan raya. Seusai mendapatkan tempat yang cocok, saat ini waktunya cari harga yang sesuai sama rincian dan keadaan tempat tinggal.

Untuk kamu yang tak mau susah-susah berpindah dengan beberapa barang, ada sekian banyak kontrak yang tawarkan rumah sewa fully furnished. Tetapi, harga sewaan fully furnished dapat disebut tambah mahal dibandingkan kontrak sama dengan yang lain.

Gak cuma rumah kontrakan, sejumlah rumah tapak dan apartemen  dipasarkan pada kondisi fully furnished. Semisalnya saja rumah di Myza BSD City serta Apartemen Klaska Residence.

Sehabis membuat daftar kontrak yang diharapkan, kamu bisa lakukan evaluasi online di bermacam situs property.

1. Check Area Sewa

Area yang taktis jadi soal seterusnya yang wajib kamu cermati bila mau cari rumah kontrakan yang cocok buat ditempati bersama pasangan tersayang.

Niat penting di sini dapat bermakna bersisihan dengan tempat kerja dan/atau diputari oleh layanan umum seperti rumah sakit, mall, dan model angkutan umum.

Salah satunya tempat tinggal yang tawarkan keunggulan itu ialah Mustika Park Place, yang sudah ditambahkan oleh sarana intern seperti klub house dan kolam renang kost terdekat.

2. Buat Daftar dan Skedul Penelitian Langsung

Sehabis berasa pas dengan sejumlah calon rumah, kamu bisa membikin daftar kontrak yang bisa didatangi langsung.

Di waktu survei tempat tinggal ini kamu dapat melihat secara langsung keadaan rumah kontrakan, sekalian menanyakan langsung di pemilik berkaitan segala keterkaitan rumah itu. 

3. Cermati Keadaan Sewa

Searah dengan point awal kalinya, waktu kerjakan penelitian lebih baiknya check tiap-tiap tempat dalam kontrak yang bisa kamu sewa.

Semisalnya saja ruangan tidur, kamar mandi, dapur, sampai suplai air dan daya listrik, bahkan juga perputaran udara serta sinar yang masuk ke rumah.

Jaman sekarang sejumlah rumah memang ditambahkan dengan jendela yang lebar, maka punya rotasi udara dan konsumsi sinar alami yang bagus.

Sehabis lihat dua perihal itu, gak boleh enggan untuk menanyakan perihal beberapa hal lain seperti metode pembayaran, tempo sewa, dan peraturan lain seperti pembetulan dan dekor rumah.

Ini sebab banyak pemilik sewaan tak mau tempat tinggalnya “direkayasa” waktu masa sewa, dan juga ada yang memperkenankan penyewa untuk berkreatifitas sesenang hati.

4. Lihat Lingkungan Kontrak

Sehabis memandang keadaan rumah seharusnya janganlah buru-buru pergi, kamu dapat jalan-jalan di seputar kontrak sekalian memandang keadaan lingkungannya.

Disini kamu dapat tahu, apa lingkungan rumah cukup tenang atau malahan bising. Lantas. yakinkan apa kawasannya jadi berlangganan banjir atau mungkin tidak.

Yakini juga masalah keamanan seputar, seharusnya sewa rumah dengan lingkungannya yang aman atau kurang tindak kriminil.

5. Tawar Harga

Bila sudah mendapati daerah yang benar, cara lalu menawar harga sewa, terutama jika kamu bermaksud buat sewa rumah dalam periode panjang.

Pemilik rumah bisa jadi berikan diskon sekitaran Rp1 juta sampai Rp5 juta, bergantung kelihaianmu dalam bertransaksi.

6. Buat Kesepahaman serta Tandanya Jadi

Panduan memutuskan rumah kontrakan yang paling akhir tersangkut persetujuan yang penting ditaati oleh faksi penyewa.

Pemilik rumah akan bikin surat persetujuan sewa rumah dengan menerangkan hak dan kewajiban penyewa.

Setelah itu, ada point tentang struktur pembayaran dan harga sewa rumah yang udah disetujui bersama-sama. 

Persetujuan rata-rata pula berisi aturan sewa serta ancaman-sanksi yang bisa diberi, apabila penyewa menyalahi kesepakatan dan membuat kerusakan besar.

Jadi selaku penyewa, penting untukmu membaca rinci klausul buat menahan rugi di hari esok.