Definisi biografi adalah – ada pepatah yang mengatakan bahwa jika Anda ingin dikenal oleh dunia, tulislah. Tetapi jika Anda ingin orang lain menuliskannya, itu berbeda, maka memiliki pengaruh. Istilah longgar menggambarkan buku-buku orang-orang hebat yang banyak beredar di toko-toko buku seperti Gramedia. Banyak toko-toko besar yang ditulis oleh Sukarno, Hada, Mahatma Gandhi, Hitler, Che Guevara, Bill Gates, Jack Ma, dan Mark Zuckerberg, antara lain. Semua orang ini memiliki pengaruh yang begitu besar di dunia sehingga beberapa orang berpikir ini adalah sesuatu yang dapat dibagikan kepada banyak orang dalam bentuk biografi.

Biografi adalah jenis teks yang memiliki struktur berupa arahan, peristiwa atau masalah, dan reposisi. Informasi dalam biografi terdiri dari fakta dan pernyataan yang berbentuk narasi atau cerita. Juga, sangat mudah untuk mengidentifikasi biografi karena fitur utama biografi adalah menceritakan tentang peristiwa dalam kehidupan seseorang. Seringkali ketika menulis sejarah seseorang, beberapa penulis datang dengan sesuatu yang menarik, mengesankan, menakjubkan, dan mengharukan.

Namun menuliskannya tidaklah mudah karena menulis biografi membutuhkan analisis yang kuat dan penjelasan langsung tentang peristiwa kehidupan seseorang kepada penulisnya. Apa yang diperoleh dalam biografi adalah menemukan hubungan, informasi, dan misteri orang yang tertulis dalam biografi. Biografi sering kali bercerita tentang seorang tokoh sejarah, tetapi juga tentang orang-orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis dalam urutan kronologis. Beberapa periode waktu ini dapat

Apa itu biografi?

Secara umum biografi diartikan sebagai tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana biografi diartikan sebagai cerita tentang riwayat hidup seseorang. Biografi juga dapat diartikan sebagai cerita yang diturunkan dari kisah nyata atau gambaran perjalanan hidup seseorang. Secara etimologis, arti kata biografi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios dan graphien. Kata bios berarti hidup dan graphien berarti menulis. Sebuah biografi dapat terdiri dari beberapa baris atau lebih dari satu buku.

Baca Juga : Google Scholar Jurnal Internasional

Biografi terdiri dari biografi pendek dan biografi panjang, biografi pendek hanya berisi tentang fakta kehidupan dan peran penting seseorang. Sedangkan biografi panjang mengandung informasi penting yang diceritakan lebih detail dan ditulis dengan gaya penceritaan yang baik.

Dari biografi, seseorang dapat menemukan peristiwa hidup seseorang atau misteri kehidupan seseorang dan menjelaskannya dalam bentuk tindakan atau tindakan dalam hidupnya. Biografi bisa menceritakan tentang kehidupan orang-orang penting/terkenal dan tidak dikenal, tetapi biasanya biografi menceritakan tentang tokoh-tokoh sejarah, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Saat ini, banyak biografi ditulis dalam urutan kronologis. Biografi itu sendiri perlu menggunakan bahan atau sumber pendukung berupa buku harian, surat, kliping koran, dll sebagai bahan pendukung utama. Dan bahan pendukung yang biasa adalah buku referensi, yang menjelaskan peran seseorang dalam sebuah biografi.

Ciri kebahasaan teks biografi adalah

Menurut Zabadi dan Sutejo, teks biografi menggunakan kaidah linguistik utama kata ganti; verba tindakan; kata sifat; verba pasif; verba aktivitas mental; dan konjungsi, preposisi, atau kata benda. Penafsiran unsur kebahasaan atau kaidah teks biografi adalah:

  1. Kata ganti (pronoun), kata ganti orang ketiga tunggal yang digunakan adalah dia. Ini digunakan dalam berbagai cara ketika mengacu pada nama karakter atau nama panggilan.
  2. Kata kerja tindakan, yang menggambarkan peristiwa fisik atau tindakan yang dilakukan oleh karakter. Misalnya: belajar, membaca, berjalan, melempar.
  3. Kata sifat memberikan informasi rinci tentang karakteristik seseorang. Contoh: Kata sifat yang menggambarkan kepribadian karakter termasuk jenius, kerja keras, keuletan. Saat mendeskripsikan, biasanya menggunakan kata sifat yang didahului oleh copulas is, is.
  4. Kata kerja pasif yang menggambarkan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contoh: Ditugaskan, Ditugaskan, Dipilih.
  5. Kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam konteks menggambarkan peran. Misalnya: pengertian, persetujuan, motivasi, cinta.
  6. Konjungsi, kata depan atau kata benda yang berhubungan dengan urutan kronologis. Contoh: sebelum, sudah, kemudian, selanjutnya, hingga, pada, nanti, selama, kemudian. Hal ini berkaitan dengan pola perkembangan teks parafrase, yang sering disusun secara kronologis.

Jadi apa yang dimaksud dengan “biografi”? Itulah pengertian dan karakter bahasa. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Itu saja, terima kasih. Salam berbagi teman.

 

By Drajad