Tak banyak orang yang memahami tentang apa itu SIUJK dan mengapa entrepreneur membutuhkannya. SIUJK adalah singkatan berasal dari Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi pengurusan siujpt (surat izin usaha jasa pengurusan transportasi), di mana surat ini merupakan sebuah Izin Usaha yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) kepada perusahaan guna lakukan usaha Konstruksi.

Bahkan, Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) online pun kini terhitung udah tersedia. Namun sebelumnya, pahami dulu tentang pengertian dan maksud berasal dari SIUJK online ini.

 

Syarat SIUJK Online

Sebelum sebabkan SIUJK online, ketahui dulu apa itu sesungguhnya Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). Pada intinya, Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) adalah Surat Izin untuk Anda yang punya tipe usaha yang berkaitan.

Dengan ada Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) ini, maka Anda pun dapat lakukan berbagai macam aktivitas usaha Kontruksi. Entah itu perencana konstruksi maupun konsultan, pengawas konstruksi, pelaksana konstruksi atau kontraktor, dan sebagainya, yang sepenuhnya berhubungan bersama usaha Konstruksi.

Jadi, tidak seluruh bidang usaha perlu surat izin ini melainkan hanya mereka yang sesungguhnya idamkan bergerak di bidang sipil, telekomunikasi, konsultan, mekanikal, tata lingkungan, arsitektur, dan sebagainya yang serupa bersama itu.

Namun, untuk langsung membuatnya tidaklah mudah. Anda wajib dapat untuk memenangkan saat pelelangan di babak pertama lebih-lebih Anda terhitung wajib lulus dalam administrasi di dalam perusahaan yang bersertifikat dan terhitung dicantumkan di dalam LPJK. Intinya, pengurusan Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK) ini lebih rumit dibandingkan bersama pengurusan surat izin yang lainnya.

Untuk beroleh Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK), maka Anda wajib berkunjung ke kantor LPJK setempat atau langsung masuk ke dalam website LPJK formal yang terdapat di dalam lokasi domisili Anda.

Tentunya dikala Anda datang ke kantornya, Anda wajib membawa syarat-syarat lebih dulu dan untuk proses online, Anda hanya wajib isi apa yang mutlak di dalam kolom, tapi selalu tersedia inti syarat yang wajib dimiliki.

Pertama, Anda punya sertifikat lisensi yang memperlihatkan bahwa Anda merupakan tenaga pakar dalam Konstruksi.

Kedua, Anda terhitung wajib membawa SBU atau Sertifikasi Badan Usaha.

 

Selain itu, syarat-syarat yang lebih lengkap lagi di antarannya adalah :

SBU atau Sertifikat Badan Usaha (yang Asli).
KTA Asosiasi (yang Asli).
SKA atau Sertifikat Tenaga Ahli (yang Asli).
Fotocopy TDP Perusahaan.
Fotocopy SIUP.
Fotocopy NPWP Perusahaan.
Fotocopy Domisili Usaha.
Fotocopy Akta Notaris.
Fotocopy KTP para Direktur yang terkait.
Fotocopy Surat Domisili Usaha.

Anda terhitung wajib pilih besaran proyek yang nantinya bakal Anda lakukan, apakah proyek ini terhitung proyek yang Kecil bersama skala ongkos di bawah Rp 500 juta, atau skala Menenangah yang berkisar antara Rp 500 juta. Hingga Rp 10 miliyar atau proyek bersama skala yang Besar berharga di atas Rp 10 miliyar.

Nantinya, kantor LPJK pun bakal lakukan kualifikasi pada perusahaan Anda dan memasukkan kategori.

Untuk K1 adalah proyek yang Kecil 1.
Untuk K2 untuk proyek yang kecil 3.
Untuk K3 untuk proyek kecil 3.
Dan sebagainya hingga yang besar sebelum saat akhirnya mengurus yang lainnya.

By toha