Apakah Saya Perlu Tahu Bahasa Jerman?

Kursus Bahasa Jerman – Belajar bahasa Jerman adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda ambil untuk mempersiapkan diri menghadapi hidup Anda di Jerman. Ini akan membantu Anda beradaptasi lebih cepat dan memfasilitasi menjalin pertemanan baru. Untuk tujuan tertentu, seperti bekerja atau belajar, Anda bahkan mungkin perlu memberikan bukti keterampilan bahasa Jerman tertentu. Bukti tingkat bahasa Jerman tertentu juga diperlukan untuk mengajukan permohonan visa dalam banyak kasus:

Apakah Saya Perlu Tahu Bahasa Jerman?

-Jerman untuk pekerjaan: Bahkan jika Anda tidak perlu membuktikan kemampuan bahasa Jerman Anda untuk pekerjaan Anda, lulus ujian dan sertifikat akan terlihat bagus di CV Anda dan meningkatkan peluang Anda saat melamar pekerjaan: dengan cara ini, perusahaan segera melihat bahwa Anda berkomitmen dan memiliki kemampuan berbahasa. Karena Anda menyesuaikan pidato Anda dengan lingkungan kerja atau kehidupan sehari-hari Anda dan juga perlu mengetahui istilah teknis tertentu, Anda memiliki kesempatan untuk menghadiri kursus bahasa profesional.

-Profesi dalam perawatan kesehatan: Jika Anda berencana bekerja di perawatan kesehatan di Jerman, mis. sebagai perawat atau dokter, pengetahuan bahasa Jerman adalah wajib. Anda akan memerlukan sertifikat bahasa resmi dari pusat bahasa yang diakui, seperti Goethe-Institut atau lembaga bersertifikat telc. Tergantung pada negara bagian federal Jerman, tingkat B1 atau B2 dari Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR) diperlukan.

-Jerman untuk pasangan Anda: Apakah Anda memasuki Jerman dengan pasangan Anda, yang akan bekerja di Jerman? Sebagai aturan, bergabung dengan pasangan dari negara ketiga harus memberikan bukti pengetahuan dasar bahasa Jerman saat mengajukan permohonan visa (lih. Bagian 30 (1) Undang-Undang Tempat Tinggal Jerman). Umumnya, keterampilan bahasa Jerman di level A1 CEFR diperlukan di sini. Namun, ada banyak pengecualian, yang dapat Anda baca di bagian ini.

-Bahasa Jerman untuk pelajar dan peserta pelatihan: Jika Anda melamar program gelar bahasa Jerman di Jerman, Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki kemampuan bahasa yang dibutuhkan oleh institusi pendidikan tinggi dalam bentuk sertifikat resmi. Sebagai aturan, calon peserta pelatihan juga harus dapat berbicara bahasa Jerman yang diperlukan untuk memulai pelatihan mereka di Jerman. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang ini di bagian Studi atau di bagian Pelatihan.

-Keterampilan bahasa Jerman sebagai prasyarat untuk mendapatkan visa: Tingkat keterampilan bahasa Jerman tertentu mungkin diperlukan untuk mengajukan permohonan visa. Misalnya, jika Anda ingin mengajukan permohonan visa untuk mencari pekerjaan, bukti kemampuan bahasa Jerman mungkin diperlukan. Untuk visa pengakuan kualifikasi profesional asing, biasanya diperlukan setidaknya tingkat A2. Baca lebih lanjut tentang persyaratan untuk masing-masing jenis visa di bagian Visa.

Bagaimana kemampuan bahasa Jerman diukur?
Penilaian kemampuan bahasa Jerman Anda biasanya didasarkan pada apa yang disebut Kerangka Acuan Umum Eropa untuk Bahasa (CEFR). Ini mendefinisikan tingkat kompetensi bahasa berikut:

-Level A1 dan A2: Level ini memberi Anda pengetahuan dasar tentang bahasa Jerman. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya, menghadiri kursus A1 sangat dianjurkan.
-Level B1 dan B2: Di sinilah Anda akan belajar bahasa Jerman pada tingkat mahir. Anda akan memperluas keterampilan bahasa Anda dan setelah menyelesaikan level B2 Anda akan dapat berkomunikasi secara mandiri dan dengan cara yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari dan di tempat kerja.
-Level C1 dan C2: Level ini adalah bahasa Jerman dengan standar tertinggi. Di akhir kursus ini, Anda akan menguasai bahasa Jerman hampir sama baiknya dengan orang-orang yang tumbuh dewasa dalam berbicara bahasa tersebut, yaitu kompetensi hampir asli.

By Drajad