Bagaimana Cara Ikut Lelang Rumah BTN?

Beberapa dari Anda mungkin ingin membeli rumah dari pelelangan. Hanya saja, masih ada banyak orang yang belum mengetahui jawaban dari pertanyaan, bagaimana cara ikut lelang rumah BTN? Oleh sebab itu, sebaiknya mengetahui beberapa prosedurnya agar nantinya lebih mudah mengikutinya.

Bagaimana Cara Ikut Lelang Rumah BTN?

BTN merupakan salah satu perbankan yang sudah lama berdiri di tanah air. Bank satu ini juga kerap membuka pelelangan secara online dengan mudah dan praktis. Oleh sebab itu, jangan sampai tidak mengetahui bagaimana cara mengikutinya. Agar lebih jelas, simak pada ulasan di bawah ini:

  1. Akses Situs Pelelangan

Langkah pertama adalah langsung mengakses informasi selengkapnya tentang pilihan rumah yang dilelang di halaman resmi rumahmurahbtn.co.id. Kemudian, Anda akan mendapatkan tampilan layar dengan berbagai informasi mengenai jenis properti.

Baik itu alamat aset, lokasi, harga, hingga kodenya. Oleh sebab itu, Anda sebagai peserta yang ingin melakukan pelelangan dapat memilihnya sesuai dengan kemampuan pembiayaan nantinya. Oleh sebab itu, pastikan menyesuaikan pilihan asetnya dengan keuangan masing-masing.

  1. Tentukan Aset

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat sudah masuk ke situs resmi pelelangan dari BTN maka akan Anda akan mendapatkan suguhan mengenai beberapa aset yang ingin dilelang. Tentu saja pilihannya tidak hanya ada satu akan tetapi cukup banyak. Oleh sebab itu, jangan sampai salah pilih.

Pertimbangkan hal ini sebaik mungkin. Mulai dari harga penawaran, lokasi, dan masih banyak lagi lainnya. Pasalnya membeli rumah dari hasil pelelangan juga sebenarnya memerlukan beberapa perhatian khusus. Agar nantinya pilihan benar-benar tepat.

  1. Hubungi Petugas

Setelah Anda berhasil memilih aset properti yang sudah diinginkan, maka pastikan untuk langsung menghubungi petugas terkait. Tepatnya adalah pengelola dari agunan tersebut. Dengan begitu, bisa mulai mengikuti proses pelelangan dari pihak Bank BTN itu sendiri.

Dalam hal ini, sangat penting bagi Anda untuk memastikan terlebih dahulu mengenai data maupun dokumen agar lengkap. Tidak ada salahnya juga apabila ingin melakukan survey lokasi agar nantinya lebih yakin dan mantap mengenai pilihan rumah yang ingin dibeli tersebut.

  1. Ikuti Proses Pelelangan

Apabila pilihan Anda sudah tepat, maka tidak ada salahnya untuk melakukan proses pelelangan lebih lanjut. Tentu saja hal ini juga akan dibantu oleh pihak pengelola terkait. Umumnya, pembeli perlu memberikan jaminan biaya sebesar 20% terlebih dahulu.

Kemudian bisa melakukan pencicilan pelunasan sesuai dengan nominal penjualan aset saat proses lelang terjadi. Anda nantinya akan mendapatkan rumah hasil lelang dari BTN tersebut. Oleh sebab itu, pastikan langsung mengunduh aplikasi pelelangannya terlebih dahulu.

Konsultasikan Masalah Pelelangan Rumah di Justika

Sebagian dari Anda mungkin masih kebingungan saat ingin mengikuti pelelangan rumah dari pihak BTN. Beberapa orang lainnya juga belum paham seperti apa proses pembayarannya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir, pasalnya sekarang ini sudah tersedia platform online Justika.

Dengan memanfaatkan platform terbaik dan terpercaya tersebut, maka tentu saja sangat membantu Anda dalam mendapatkan konsultasi sekaligus informasi hukum terkait mengenai pelelangan tersebut. Tidak hanya itu, bisa juga membahas beberapa hal lainnya sesuai kebutuhan.

Tentu saja kehadiran Justika sangat membantu bagi setiap orang saat ingin berkonsultasi lebih jauh tanpa perlu kerepotan dan kesusahan datang ke rumah advokat secara langsung. Pasalnya, proses ini nantinya akan dilakukan secara online sehingga benar-benar sangat mudah dan praktis.

Itu tadi informasi mengenai bagaimana cara ikut lelang rumah BTN? Setelah memahaminya, kini Anda mengerti lebih jauh tentang apa saja yang perlu dipersiapkan. Terlebih proses pelelangan ini umumnya akan dilakukan secara umum atau terbuka.

By doni