Beda Robusta dan Arabica, Lebih Suka yang Mana?

Robusta dan arabika merupakan salah satu jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Kedua varian kopi ini memang cukup populer dan memiliki cita rasa yang hampir mirip. Meski demikian kedua jenis kopi ini tetap memiliki perbedaan lo. Bagi Anda yang belum tahu, ini dia beda robusta dan arabica.

Kandungan Lemak dan Gula

Ternyata kandungan lemak dan gula pada robusta dan arabika cenderung berbeda. Kopi arabika cenderung memiliki kandungan lemak dan gula yang jauh lebih tinggi dibanding dengan kopi robusta. Kopi arabika mengandung lemak sebanyak 60% dan memiliki kadar gula dua kali lipat lebih banyak dibanding dengan kopi robusta.

Aroma Kopi

Beda robusta dan arabica selanjutnya terletak pada aromanya. Kopi arabika terkenal memiliki kadar asam yang lebih tinggi. Tak mengherankan jika jenis kopi ini memiliki aroma yang didominasi oleh buah-buahan. Lain halnya dengan kopi robusta yang memiliki aroma seperti kacang.

Usia Kopi

Usia kopi robusta dengan arabika juga berbeda. Biji arabika merupakan jenis kopi pertama yang pernah dikonsumsi. Sedangkan kopi robusta baru saja ditemukan 100 tahun setelah kopi arabika. Tak mengherankan jika kopi arabika mampu menguasai pangsa pasar hingga 70% di dunia.

Bentuk Biji Kopi

Selain beberapa hal di atas Anda juga bisa membedakan kopi arabika dan robusta dengan melihat bentuk bijinya. Biji kopi arabika cenderung memiliki bentuk yang lebih besar dan lonjong serta pipih. Lain halnya dengan kopi robusta yang memiliki bentuk bulat penuh.

Kadar Kafein

Perbedaan antara kopi robusta dan arabika selanjutnya terletak pada kadar kafein. Bagi Anda yang senang mengonsumsi kopi agar tetap terjaga saat malam hari pilihlah kopi robusta. Mengapa demikian? Sebab kopi robusta cenderung memiliki kadar kafein yang lebih hingga mencapai 2,2% sampai 2,7%. Sedangkan kadar kafein pada kopi arabika hanya sebesar 1,1% hingga 1,5% saja.

Rasa Kopi

Perbedaan yang paling mendasar antara keduanya terletak pada rasanya. Mengingat robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi, tak heran jika kopi robusta memiliki rasa yang lebih pahit seperti ban yang terbakar. Namun pada bagian akhir jenis kopi ini akan meninggalkan rasa kacang.

Sedangkan kopi arabika cenderung memiliki rasa asam yang sedikit lebih manis. Bahkan tak sedikit pula yang memiliki rasa buah-buahan, kacang, dan cokelat. Jenis kopi ini cocok dipilih bagi Anda yang tidak terlalu suka rasa pahit.

Jenis Penyajian

Mengingat arabika memiliki rasa yang kuat dan manis, jenis kopi ini cenderung lebih cocok disajikan sebagai single kopi origin agar penikmatnya bisa merasakan rasa asli kopi arabika. Sedangkan kopi robusta memiliki rasa yang pahit sehingga lebih cocok dijadikan sebagai bahan campuran espresso.

Itu dia beda robusta dan arabica yang patut Anda tahu. Meski begitu umum bahkan terkadang terlihat sama bagi orang awam, namun ternyata keduanya memiliki banyak sekali perbedaan. Melihat beberapa perbedaan di atas, jadi jenis kopi mana nih yang lebih Anda sukai?

By hary