Apakah Anda berencana untuk menjadi seorang pembuat program atau disebut dengan programmer? Di Indonesia sendiri, pekerjaan sebagai pembuat program diincar banyak orang karena selain banyak dicari tentu saja untuk dari segi pendapatannya juga cukup menggiurkan. Tentu menjadi seorang pembuat program tidak akan mudah, Anda harus punya softskill yang bagus. Berikut beberapa cara untuk menjadi seorang pembuat program.

Kemampuan Bahasa Inggris

Salah satu cara untuk menjadi seorang programmer tentu anda harus menguasai yang namanya kemampuan bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk membuat dokumentasi pada bahasa pemrograman.
Dan untuk itu, kemampuan bahasa Inggris yang baik dapat membantu Anda untuk memudahkan dalam mencari kendala ketika terjadi error atau stuck.

Kemampuan Membaca Source Code

Kemudian Anda juga tentu harus mengetahui cara membaca source code. Bahkan perlu dipahami bahwa antara source code dengan logika tentu harus sejalan agar Anda tidak bingung nantinya ketika membuat sebuah program atau aplikasi. Skill ini menjadi salah satu skill dasar yang harus Anda punya.
Karena paling tidak Anda bisa mengedit atau membuat kode program baik sendirian atau ketika sedang menjalankan proyek bersama tim.

Debugging

Untuk membuat program bagi pemula maka anda harus punya kemampuan dasar seperti debugging. Debugging dilakukan, ketika Anda sedang mencari bug atau kesalahan atau error pada program yang sedang dibuat. Kemampuan debugging sangat penting dimiliki oleh seorang pembuat program agar mampu menjaga sistemnya sendiri baik dari serangan hacker maupun cracker.
Program atau aplikasi yang Anda buat nantinya bisa tetap berjalan dengan aman dan tidak mudah mengalami serangan serangan yang dapat merugikan.

Tambah Pengalaman

Memiliki pengalaman yang terus tingkatkan adalah contoh orang yang ingin menjadi pembuat program andal. Dengan pengalaman yang semakin banyak maka Anda akan jauh lebih mudah ketika mencari kerja apa lagi untuk perusahaan-perusahaan besar.
Banyak pengalaman berarti anda sudah banyak pula melakukan praktek dan latihan dalam bidang pembuatan program. Jadi ketika masuk ke dunia kerja, Anda tidak lagi bingung karena sudah berpengalaman dibidang tersebut dan sudah banyak belajar hal-hal dan kendala yang terjadi saat membuat program.

Mulai Buat Program

Praktek adalah hal utama yang harus dilakukan untuk mengasah kemampuan Anda. Karena seperti kita ilmu teori tentu saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan praktek pembuatan program secara langsung.
Bahkan kegiatan pembuatan program ini bisa menjadi salah satu tambahan portofolio ketika ingin mencari pekerjaan. Atau Anda yang ingin mencari pekerjaan sampingan di bidang pembuatan program, dengan program-program yang sudah Anda buat bisa menjadi nilai tambah untuk diri sendiri dalam mencari para klien.

Untuk yang sedang mencari lowongan kerja programmer di bidang pembuatan program, maka Anda bisa mencoba mengunjungi situs Nextgen. Di Nextgen, juga bisa menemukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan IT. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi situs nextgen.co.id.

By Drajad