Bagi anda pecinta anime ataupun komik Jepang, pasti telah tidak asing dengan rumah bergaya Jepang. Rumah Jepang mempunyai ciri khas tersendiri dengan lantai tatami, bangunan terbuat berasal dari kayu, adanya pintu geser, dan adanya taman depan yang cantik dan asri. Rumah Jepang dengan ciri khasnya selanjutnya mengimbuhkan kesan hangat.

Mari kami mengenal istilah-istilah yang kerap digunakan didalam komik/anime untuk menyebut bagian-bagian didalam rumah Jepang!

Bahasa Jepang untuk Bagian-Bagian Rumah Jepang.
Berikut istilah-istilah untuk menyebut anggota didalam rumah Jepang untuk yang sedang kerja magang Jepang:

Washitsu.
Washitsu merupakan ruangan tradisional yang tersedia di rumah Jepang. Ruangan ini mempunyai fitur pintu ubah dengan lantai tikar. Biasanya terdapat rangkaian bunga khas Jepang (Ikebana) di ruangan ini.

Tatami.
Tatami merupakan istilah yang dipakai untuk lantai tikar yang terbuat berasal dari jerami. Hampir seluruh rumah tradisional mempunyai lantai tatami untuk mengimbuhkan kesan hangat di didalam ruangan.

Fusuma.
Fusuma merupakan pintu ubah yang terbuat berasal dari kayu ataupun triplek yang ditambah dengan kertas sebagai penutupnya. Pintu ubah ini seakan menjadi ciri khas rumah Jepang. Selain kertas, terdapat juga fusuma dengan penutup kaca sehingga cahaya dapat masuk ke didalam ruangan. Biasanya fusuma dengan penutup kaca ditemukan didalam rumah Jepang yang modern.

Genkan.
Genkan merupakan ruangan khusus semacam koridor untuk tempatkan sandal maupun sepatu sebelum memasuki ruangan utama sehingga tidak mengotori tatami. Genkan merupakan ruangan khusus yang nyaris dimiliki oleh seluruh rumah Jepang.

Mushiko Mado.
Mushiko Mado merupakan pintu ubah yang mempunyai celah-celah kecil. Biasanya penutupnya berbentuk kertas.

Shoji.
Istilah ini digunakan untuk penyekat ruangan ataupun pintu ubah yang terbuat berasal dari kayu dan kertas dengan celah yang lebih besar daripada Mushiko Mado.

Engawa.
Engawa adalah lantai luar yang terbuat berasal dari potongan kayu. Biasanya terdapat di depan fusuma. Saat fusuma dibuka, bakal tersedia cahaya matahari yang dapat segera masuk ke ruangan sehingga ruangan terasa hangat. Engawa ini juga dapat digunakan sebagai daerah duduk santai sementara sore hari.

Tsuchikabe.
Tsuchikabe adalah dinding tanah lihat yang terdapat pada pintu ubah dan atap. Pada zaman Jepang kuno, seluruh dinding rumah terbuat berasal dari tanah lihat yang berfungsi untuk merawat suhu di didalam rumah. Saat musim panas, hawa di didalam rumah senantiasa terasa lembab dikarenakan adanya dinding tanah lihat ini.

Kamidana.
Kamidana merupakan daerah khusus yang dibikin sebagai daerah pemujaan dewa keyakinan Jepang. Biasanya Kamidana tidak amat besar dan berisi lilin, bunga, dan beberapa postingan Kanji yang besar. Kamidana umumnya di tempatkan di keliru satu sudut khusus di didalam rumah sebagai penyembahan ke dewa ataupun Budha.

Tokonama.
Tokonama adalah ruangan didalam rumah tradisional Jepang dengan ketinggian level yang berbeda berasal dari ruangan lainnya yang berfungsi sebagai penyimpanan benda-benda artistik seperti lukisan, rangkaian bunga ikebana, dll.

Byobu.
Byobu merupakan keliru satu elemen didalam rumah Jepang. Byobu masih terdapat di beberapa rumah Jepang, tetapi tidak semuanya. Byobu merupakan pemisah ruang yang terbuat berasal dari lukisan artistik di kertas dengan kerangka kayu berbentuk zigzag. Byobu memiliki kandungan unsur seni artistik sehingga banyak dicari untuk dekorasi rumah.

Rumah tradisioal Jepang umumnya mempunyai elemen utama berbentuk kayu. Namun, untuk rumah modern Jepang, pemakaian batu dan semen telah dilakukan. Tetapi, unsur utama rumah Jepang seperti adanya pintu ubah dan genkan senantiasa ada.