Ini Urutan Surat dalam Al-Quran Juz 30

Membaca Al Quran termasuk ibadah dan berpahala. Bahkan, Allah subhana wa ta’ala menjanjikan sepuluh kebikan untuk setiap satu huruf yang dibaca.

Al Quran sendiri merupakan kalamullah atau firman Allah langsung dari Allah subhana wa ta’ala. Maka dari itu, ketika membacanya ada adab-adab yang harus dipenuhi agar mendapat manfaat dan pahala yang maksimal.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan coba membahas tentang adab membaca Al Quran sebagai berikut ini :

  1. Berwudhu

Kebersihan adalah sebagian dari iman, karena Allah Ta’ala memang sangat menyukai kebersihan.

Begitupun saat membaca Al Quran hendaknya kondisi kita dalam keadaan bersih dengan berwudhu terlebih dahulu.

Anjuran berwudhu terlebih dahulu sebelum membaca Al Quran ini berdasarkan ayat yang ada di dalam AL-Quran surat Al Waqiah ayat 77-99 yang artinya :

“Sesungguhnya Al –Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia, pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh), tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.”

  1. Menggunakan Pakaian Yang Bersih

Ketika membaca Al Quran hendaknya anda memakai pakaian yang bersih dan suci dari najis. Jadi, sebaiknya anda mengganti pakaian dulu yang sebelumnya sudah dipakai dengan pakaian yang bersih.

Pasalnya, pakaian yang bersih dan wangi akan menimbulkan rasa nyaman. Dengan begitu, anda akan merasa tenang dan nyaman saat membaca Al Quran.

  1. Memilih Tempat Yang Bersih

Selain tubuh yang bersih tempat untuk membaca Al Quran harus bersih dari najis dan kotoran. Oleh karena itu, bersihkan dahulu kamar atau ruang ibadah yang akan dijadikan tempat untuk membaca A Quran. Kalau perlu, anda bisa menyemprotkan pewangi ruangan agar aktivitas membaca Al Quran anda semakin nyaman.

  1. Menangis

Ternyata menangis juga merupakan salah satu adab membaca Al Quran. Dalam hal ini, kita membayangkan seolah-olah kita yang makhluk lemah yang banyak dosa ini sedang menghadap Allah Tuhan semesta alam.

Allah subhana wa ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan mereka menyungkur atas muka mereka sambil menangis dan mereka bertambah khusyu.” (QS. Al-Isra : 109).

  1. Baca Al Quran Dengan Tafsirnya

Bagi umat Islam yang tidak bisa berbahasa Arab, sebaiknya membaca Al Quran yang dilengkapi dengan tafsirnya. Hal ini dilakukan supaya anda bisa memahami dan mengerti arti dari ayat-ayat yang dibaca.

  1. Memuliakan Al Quran

Sudah sewajarnya sebagai umat Islam kita memuliakan Al Quran yang menjadi pedoman hidup manusia. Jangan berlaku abai dengan Al Quran. bahkan, saat dibacakan AL Quran kita harus mendengarkannya dengan baik.

Allah subhana wa ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al-Araf : 204).

  1. Memohon Rahmat dan Perlindungan

Ketika sedang membaca ayat Al Quran yang berupa ampunan dan kenikmatan, sebaiknya kita memohon rahmat kepada Allah Azza wa Jalla. Sebaliknya, ketika membaca ayat tentang siksaan, maka sebaiknya kita langsung memohon perlindungan kepada Allah subhana wa ta’ala agar dijauhkan dari siksaan tersebut.

  1. Terus Mengulangnya

Dalam hal ini, bacalah Al Qurang secara berulang-ulang supaya kita bisa memahami maknanya serta merenungkan isinya. Pasalnya, Al Quran ini adalah petunjuk dan pedoman hidup manusia sehingga kita harus benar-benar memahaminya.

Itulah adab-adab dalam membaca Al Quran. Semoga artikel ini bisa memotivasi kita untuk selalu rajin membaca, memahami, dan mengamalkan Al Quran.

By sartika