Cara Gampang Menyiapkan Cimol bumbu kacang anti meledak Anti Gagal -  RESEP.US

Cara membuat cimol anti meledak sambal kacang cukup sederhana. Cimol merupakan salah satu jajanan Indonesia yang digemari oleh banyak orang di semua kalangan. Hal tersebut dikarenakan Cimol memiliki tekstur yang unik dengan cita rasa dari bumbu taburnya yang nikmat dan bikin nagih. Pada umumnya, Cimol sendiri sering di jual di depan gerbang sekolah dan menjadi incaran sekolahan ketika waktu pulang. Meskipun begitu, ternyata makanan ini memiliki cara masak yang mudah dilakukan. Berikut Cara Membuat Cimol Anti Meledak Sambal kacang antara lain :

  1. Bahan Utama Yang Digunakan

Cimol Sambal Kacang memiliki bahan utama yang tidak susah untuk dicari. Makanan ini hanya membutuhkan bahan utama berupa 4 sendok makan mujung tepung tapioka, 3 sendok makan mujung tepung terigu, 1 sendok makan mujung tepung beras, ½ sendok teh ketumbar, ½ sendok  teh garam, kaldu jamur, 1 bawang putih yang sudah dihaluskan, air dan minyak secukupnya.

 

  1. Bahan Untuk Sambal Kacang

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal kacang dinilai simpel dan mudah dicari. Saat membuat sambal kacang, Anda hanya memerlukan bahan – bahan berupa 80 gram kacang tanah yang sudah digoreng, 5 cabai rawit goreng, 4 cabai keriting goreng, 3 butir bawang merah, 1 siung bawah putih, garam dan kaldu jamur secukupnya serta 1 sendok teh tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air.

 

  1. Membuat Air Larutan Bumbu Untuk Cimol

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam membuat Cimol Sambal Kacang adalah dengan menyiapkan panci yang diisi air secukupnya.  Campurkan air  bersama bahan yang sudah disiapkan sebelumnya seperti garam, kaldu jamur, bawang putih yang sudah dihaluskan dan ketumbar. Apabila semua bahan sudah dicampurkan ke dalam air, segera letakkan panci di atas kompor menyala. Tunggu sampai air mendidih.

 

  1. Membuat Adonan Cimol

Saat sudah menyiapkan bumbu yang digunakan untuk membuat Cimol maka hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah membuat adonan. Siapkan wadah atau mangkuk kecil yang digunakan untuk meletakkan tepung tapioka, tepung terigu dan tepung beras yang sudah disiapkan sebelumnya. Tuangkan air larutan bumbu apabila bahan yang dibutuhkan sudah lengkap. Aduk sampai adonan berubah menjadi kalis.

 

  1. Bentuk Adonan Menjadi Bulatan Kecil

Apabila adonannya sudah jadi dengan teksturnya yang tidak terasa lengket, bentuk adonan tersebut hingga membentuk bulatan – bulatan kecil. Kumpulkan adonan yang sudah dibentuk di atas wajan yang berisi minyak. Pastikan bahwa minyak yang ada di dalam wajan memiliki tekstur dingin sehingga Cimol tidak akan meledak saat dimasak nanti.

 

  1. Menggoreng Cimol Hingga Matang

Proses terakhir yang perlu dilakukan dalam membuat Cimol Sambal Kacang adalah menggoreng hingga matang. Pindahkan wajan yang berisi adonan Cimol dan minyak di atas kompor. Nyalakan kompor menggunakan api kecil supaya adonannya tidak meledak dan matang secara merata. Tunggu hingga Cimol berubah warna menjadi kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

 

  1. Membuat Sambal Kacang

Untuk membuat sambal kacang, mula – mula haluskan semua bahan yang dibutuhkan menggunakan blender. Jangan lupa tambahkan bumbu penyedap supaya sambal kacang yang dibuat memiliki kualitas rasa yang pas di lidah. Setelah bumbu sudah cukup halus, tumis bumbu di atas api menyala. Tambahkan tepung maizena yang sudah dicairkan dan aduk sampai teksturnya berubah menjadi sedikit kental.

 

  1. Penyajian Cimol Sambal Kacang

Siapkan piring sebagai wadah untuk meletakkan Cimol yang sudah dibuat sebelumnya. Tata Cimol secantik mungkin dengan menuangkan cairan sambal kacang di atasnya. Dengan begitu, Cimol Sambal Kacang siap untuk dimakan bersama teman maupun keluarga.

 

Cara Membuat Cimol Anti Meledak Sambal Kacang cukup sederhana. Anda bisa membuat makanan ini di rumah dengan bahan – bahan yang mudah dijangkau.

By Drajad