Proses pembuatan musik sering dianggap menakutkan oleh musisi pemula, namun tanyakan pada musisi profesional mana pun dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa perasaan itu hampir tidak hilang seiring waktu! Ini karena setiap proyek berbeda dan membutuhkan pola pikir yang sama sekali baru setiap saat. Tentu Anda akan mulai bekerja lebih cepat dan meningkatkan alur kerja Anda, tetapi setiap catatan adalah pengalaman belajar baru. Di bawah ini adalah proses pembuatan lagu khas yang digunakan oleh para profesional modern. Pendapat dan metode berbeda jadi jangan berpikir panduan ini dilemparkan ke dalam batu tetapi lebih untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan saat membuat musik adalah bereksperimen… baik itu dalam tahap penyusunan, penulisan lagu, pencampuran, atau penguasaan. Kreativitas adalah suatu keharusan.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya mengapa begitu banyak musik terdengar sama hari ini dan di atasnya menyatakan eksperimen. Ini karena Anda ingin mengambil risiko musik dengan bijak. Selama berabad-abad, pendengar musik secara tidak sadar menjadi terbiasa dengan musik yang mengikuti pola umum. Catatan itu mengatakan “umum” karena ada banyak lagu hit yang melanggar “aturan”. Biasanya Anda akan mendengar lagu dengan intro, verse, chorus, verse, chorus, bridge, chorus, outro. Perhatikan juga bagaimana selama chorus Anda kemungkinan akan mendengar “hook” yang merupakan bagian dari lagu yang kemungkinan besar akan Anda senandungkan atau tangkap terlebih dahulu. Sebagian besar lagu dibuat atau dihancurkan oleh pengaitnya, jadi saat membangun lagu, pastikan lagu itu menonjol!

Ada banyak atau sedikit tahapan untuk membuat musik tergantung pada alur kerja pilihan Anda. Di bawah ini adalah metode yang dicoba dan diuji yang digunakan oleh banyak orang saat ini.

Tahap 1: Menyusun, Mengatur

Untuk pembuatan musik, umumnya diperlukan keyboard untuk memasukkan musik Anda jika Anda tidak akan merekam setiap instrumen secara langsung. Penting untuk mempelajari instrumen karena akan sangat diperlukan bagi pembuat musik gudang lagu kecuali Anda adalah produser berbasis sampel atau mungkin mengandalkan musisi sesi untuk menerjemahkan ide musik Anda ke komputer. Menggunakan keyboard midi untuk membuat musik sangat bagus karena memberikan nuansa hidup/manusia yang tidak membuat rekaman terdengar begitu mekanis!

Hari-hari ini, orang biasanya memulai dengan ketukan, menyelesaikannya, mengirimkannya ke penyanyi dan kemudian mengerjakannya kembali ketika penyanyi mengirimkan kembali vokalnya…apa prosesnya!..tetapi jika selesai menulis itu bisa sangat bermanfaat.

Menulis

Sebelum Anda memulai, Anda ingin memiliki gambaran umum tentang apa yang akan Anda buat. Bertanya pada diri sendiri; apakah itu lagu tarian, sedih, halus? Apakah itu akan berpusat pada tema musik gelap yang terkait dengan genre seperti hip-hop atau akankah itu condong ke arah suara pop yang lebih ringan? Mulailah dengan mengingat nama lagu dan alur cerita umum (bukan lirik) dari lagu tersebut. Ini nantinya akan membantu membuat lagu menjadi lebih menarik karena Anda dapat menggunakan instrumen halus untuk menyentuh bagian dan kemudian suara keras membenturkan speaker untuk bagian yang intens. Namun, tidak jarang memulai sebuah lagu dengan satu ide dan kemudian berakhir dengan ide yang sama sekali berbeda! Selama hasil akhirnya adalah sesuatu yang Anda tahu Anda sukai.

Biasanya Anda ingin memulai komposisi dengan “daya tarik utama” lagu Anda…ini bisa berupa pola drum yang mematikan, piano, atau melodi instrumental. Ini akan memungkinkan Anda untuk membangun lagu Anda di sekitar apa yang membuatnya hebat dan tidak harus mulai mencari tahu apa yang membuatnya hebat ketika Anda menyelesaikan ketukannya. Biasanya memulai dengan suara biasa-biasa saja akan memberi Anda lagu yang biasa-biasa saja! Memulai dengan bagian chorus dapat menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa meskipun dapat menjadi panjang dan membosankan untuk mencoba menemukan melodi yang tepat!…tetapi setelah dilakukan dengan benar, sisa lagu akan terasa seperti jatuh dengan baik pada tempatnya. Instrumen yang Anda pilih untuk tahap ini sangat penting…Anda harus memutuskan apakah Anda menginginkan tendangan yang kuat yang tidak memerlukan terlalu banyak dukungan dari gitar/suara bass atau mungkin jika vokal nantinya akan mengambil 90% perhatian chorus/hook Anda dan instrumentasi menjadi sangat sederhana untuk bagian itu. Cobalah beberapa kombinasi yang paling cocok untuk lagu tersebut.

Setelah “daya tarik utama” sekarang Anda dapat membuat sisa lagu Anda… beberapa lagu hari ini tidak terlalu berbeda antara bagian yang berarti bahwa membangun sisa lagu akan mudah sementara beberapa lagu memiliki banyak bagian yang berbeda untuk membuat Anda tertarik. Musik dansa komersial yang khas memiliki banyak variasi di dalamnya. Ini terutama karena Anda memiliki banyak “ruang” untuk dikerjakan. Jika panjang rata-rata lagu adalah antara 3,30 hingga 4,30 menit dan lagu dance 120bpm, ini berarti mereka bisa mendapatkan 30bar musik untuk setiap menit musik dibandingkan dengan lagu hip-hop lambat dan stabil pada 60bpm yang akan hanya mendapatkan 15 bar untuk dikerjakan dalam menit yang sama. Tentu saja Anda dapat membumbui segalanya dalam 60bpm tetapi lagu 120bpm akan memberi Anda opsi yang lebih baik untuk digunakan.

Setelah menyelesaikan ketukan, Anda kemudian mengirimkannya ke artis yang biasanya bisa menulis lagu dan menyanyi juga. Proses penulisan lirik dan mencari tahu melodi vokal penulisan untuk

ong bisa sangat menyenangkan karena Anda akan menemukan dimensi baru pada lagu Anda. Untuk penulisan lagu, ingatlah bahwa sesuatu yang menarik namun orisinal akan menghasilkan lagu terbaik. Pengulangan yang digunakan dengan bijak benar-benar dapat membuat sebuah lagu melekat di benak pendengar…tetapi gunakan terlalu banyak seperti lagu “Lose Control” oleh LL Cool J untuk baris “zzzzzz” dan Anda akan membuat pendengar Anda menghindari kurangnya kreativitas

mengatur
Proses ini dimulai ketika vokal terakhir dari penyanyi dikirim kembali ke produser. Masukkan track vokal dan backing tracknya ke dalam lagu dan mulailah mengacaukan strukturnya. Beberapa lagu terdengar paling baik saat chorus menyentuh Anda dari detik 1 dan beberapa terdengar paling baik setelah peningkatan bertahap yang bagus hingga klimaks. Mengatur sering diabaikan sebagai proses penting tetapi penting untuk lagu yang bagus. Mengetahui di mana menempatkan bagian-bagian dalam lagu Anda akan membantu menyoroti bagian-bagian penting dan menciptakan beberapa crescendos yang bagus untuk bagian-bagian lagu.

Selama proses aransemen, mainkan instrumen dalam ketukan Anda…apakah terdengar pas dengan suaranya?…apakah ada nada yang bentrok antara instrumen utama dan vokal utama? Beberapa lagu tidak menyatu dengan ketukan karena ketukan yang luar biasa akan diletakkan di bawahnya dan vokal yang luar biasa! Anda perlu memutuskan bagian mana dari lagu yang akan memiliki ketukan yang bersinar dan bagian mana yang akan memiliki vokal yang bersinar…ini akan membuat semuanya tetap menarik dan memberikan keseimbangan dalam campuran. Bermain-main dengan tidak cepat di sini dapat membantu serta memberikan nuansa manusia pada lagu tersebut, tetapi biasanya tombol hapus berfungsi paling baik. Beberapa pembuat musik benci menghapus bagian yang mereka buat dan mungkin berakhir dengan terlalu banyak instrumen di 1 bagian lagu…jangan berpikir untuk jatuh ke dalam perangkap itu.

Setelah ini Anda akan siap untuk melacak lagu Anda untuk mempersiapkannya untuk tahap 2 yang merupakan proses pencampuran. Mixing sebenarnya menantang dan biasanya membutuhkan seorang profesional untuk mendapatkan yang terbaik dari lagu Anda

By nur