cara mengatasi lcd putih hp

Penyebab Layar Hp Blank

Apa sih penyebab layar HP blank? Berikut ada beberapa yang perlu Anda ketahui:

  1. Bootloop

Bootloop bisa membuat HP terlihat seperti blank. Namun, bootloop yang dimaksud di sini bukanlah loading terus menerus seperti yang kita pahami pada umumnya, melainkan hanya menampilkan layar hitam saja.

  1. Baterai Rusak

Tegangan baterai nggak kuat, ini bisa mengakibatkan layar HP jadi tidak mampu menampilkan gambar (layar hitam).

  1. Sistem Tidak Bisa Load

Saat HP baru dinyalakan, seharusnya sistem akan memuat secara otomatis. Nah, ada juga kasus di mana proses pemuatan tersebut gagal, sehingga HP hanya menampilkan layar hitam atau putih saja.

  1. Sistem Tidak Stabil

Salah satu penyebab layar hp blank hitam atau putih ialah karena sistem yang tidak stabil. Atau lebih tepatnya crash.

  1. Layar HP Rusak

Kalau kondisi ini disebabkan langsung dari komponen. Bisa dari LCD, atau bisa juga dari fleksibel layar.

Cara Mengatasi Layar HP Blank Putih atau Hitam

Kebanyakan orang, mungkin akan langsung membawa HP mereka ke tempat servis ketika layar HP blank, karena berasumsi bahwa komponen layarnya rusak.

Padahal, jika kita simpulkan dari beberapa penyebab tadi, masalah layar blank ini tidak melulu disebabkan oleh faktor komponen. Sebab, faktor sistem pun sangat mungkin terjadi.

Well, di sini saya ingin membahas mengenai bagaimana cara mengatasinya.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami masalah ini dan (untungnya) HP masih bisa nomal lagi. Silakan disimak pembahasannya.

  1. Re-Flash HP

Kalau sobat beritrust tetap tidak bisa masuk ke sistem, padahal sudah melakukan solusi-solusi di atas, bisa jadi sistem HP sudah benar-benar rusak.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Sobat beritrust bisa melakukan reflashing HP. Flash HP ditujukan untuk mengganti sistem yang lama dengan yang baru, di mana seluruh sistem lama akan terhapus, kemudian ditimpa ulang.

  1. Lepas Kartu Memori, SIM, dan Baterai

Kalau HP Sobat beritrust blank ketika baru menyala, mungkin sistem tidak ter-load sebagaimana mestinya. Mematikan HP kembali bisa jadi salah satu solusi ampuh untuk mengatasi masalah ini.

  1. Clear Cache Sistem

Cache adalah bagian pada sistem Android, di mana berfungsi untuk menyimpan data-data yang masih berhubungan dengan kerja sistem.

  1. Reset HP

Hapus cache nggak selalu bisa mengatasi sistem yang tidak bisa boot. Solusi lain yang lebih efektif ialah dengan cara melakukan factory reset.

Dengan factory reset ini, HP secara otomatis akan dikembalikan ulang persis seperti baru beli. Pun termasuk masalah pada sistem, errornya akan hilang teratasi.

Baca Juga : Cara Screenshot Hp Samsung Galaxy S5