Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Behel

Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Behel

Kawat gigi memang bermanfaat untuk susunan gigi yang lebih rapi. Sayang, pemakaian kawat gigi dapat memberi efek berbau mulut. Tidak boleh cemas, ada bermacam langkah hilangkan berbau mulut karena behel yang dapat Anda kerjakan. Baca penuturannya di sini.

Pasang behel atau kawat gigi memang lebih rawan alami berbau mulut. Masalahnya beberapa sisa makanan dapat secara mudah terbelit di ruangan kecil di antara behel dan gigi. Bila beberapa sisa makanan ini tidak dibikin bersih secara benar, bakteri dapat menimbun dan hasilkan berbau mulut yang tidak lezat (halitosis).

Langkah Hilangkan Berbau Mulut karena Behel

Sebagai alat tolong perawatan gigi, bahan yang dipakai sebagai kawat gigi sendiri sebetulnya tidak memunculkan berbau yang mengusik. Mayoritas kawat gigi dibuat berbahan logam, plastik, atau keramik yang ditujukan khusus untuk orang dewasa. Terang jika beberapa bahan itu tidak tinggalkan berbau ciri khas.

Maka yang penting jadi perhatian untuk pemakai behel ialah perawatan gigi tersebut. Berikut banyak hal yang bisa dilaksanakan untuk menahan berbau mulut sepanjang memakai behel:

1. Membersihkan gigi dengan cermat

Supaya gigi bebas dari beberapa sisa makanan, Anda harus cermat dalam bersihkan semua sisi dari kawat gigi dan permukaan gigi. Anda dianjurkan untuk menggosok gigi tiap usai makan atau minimum 2x satu hari, sepanjang ± 2 menit.

Ini ialah langkah menggosok gigi yang betul untuk pemakai kawat gigi:

Kumur sama air buat melunakkan beberapa sisa makanan pada gigi.
Sikat gigi secara detail, dimulai dari segi depan dan samping, segi kunyah atas dan bawah, dan segi dalam.
Sikat antara di antara bracket dan gigi, baik segi atas atau bawah, dengan pojok 45°.
Sikat tempat gusi yang berjumpa dengan gigi, dengan pojok 45°.
Kumur sama air sampai bersih.

2. Pakai sikat gigi yang pas

Pemakai kawat gigi bisa memakai sikat gigi seperti umumnya, tapi pilih sikat gigi yang dengan bulu halus. Disamping itu, Anda bisa juga minta ke dokter gigi sikat khusus kawat gigi yang sanggup bersihkan kotoran di antara kawat gigi dengan lebih bagus.

Anda pun dianjurkan untuk memakai benang gigi atau dental floss bila ada lokasi dalam mulut yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

3. Pakai odol dan obat kumur ber-fluoride

Sepanjang memakai kawat gigi, upayakan untuk memakai odol yang memiliki kandungan fluoride. Masalahnya kandungan fluoride dapat menolong menahan perkembangan bakteri pemicu berbau gigi dan mulut berlubang.

Jika memang perlu, pakai obat kumur antibakteri untuk menolong beri kesegaran mulut dan bersihkan beberapa sisa makanan sampai ke antara gigi. Prioritaskan memakai obat kumur yang memiliki kandungan fluoride.

4. Membersihkan lidah secara teratur

Bersihkan lidah dengan teratur bisa juga menahan Anda alami berbau mulut. Anda dapat bersihkan lidah dengan sikat khusus untuk menolong hilangkan tersisa makanan dari mulut.

Selainnya dengan sikat khusus, Anda bisa juga menyikat permukaan atas dan samping lidah dengan sikat gigi biasa dari depan ke belakang. Tetapi ingat, kerjakan ini dengan perlahan-lahan karena Anda dapat terselak.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Hilangkan berbau mulut karena behel bisa juga Anda kerjakan secara konsumsi makanan yang bergizi, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, makanan buatan laut, dan oatmeal.

Kebalikannya, jauhi konsumsi minuman dan makanan tinggi gula dan memiliki tekstur lekat, seperti ketan, moci, marshmallow, dodol, atau permen karet. Beberapa makanan itu susah untuk dibikin bersih hingga mempunyai potensi mengakibatkan penimbunan bakteri. Ini pada akhirannya dapat membuat mulut jadi berbau.

Janganlah lupa untuk memenuhi keperluan air putih, karena minum air bisa menolong singkirkan beberapa sisa makanan di mulut, sekalian menghindari mulut kering yang bisa menjadi penyebab berbau mulut.

Menggunakan behel semestinya jadikan gigi Anda rapi serta lebih cantik. Tetapi, janganlah sampai behel jadi tempat penimbunan tersisa makanan. Bukan hanya membuat berbau mulut, ini bisa juga mengakibatkan banyak permasalahan gigi yang lain, seperti gigi berlubang.

Coba untuk mengaplikasikan beragam langkah hilangkan berbau mulut karena behel sama seperti yang sudah diuraikan di atas. Dengan demikian, kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi Anda akan selalu terlindungi walau memakai kawat gigi.

Kontrol keadaan gigi Anda dengan teratur ke dokter gigi sepanjang memakai behel. Biasanya pengecekan dilaksanakan tiap 1 bulan sekali atau dapat semakin cepat bila ada keluh kesah. Tanya ke dokter gigi Anda berkenaan agenda lawatan seterusnya pada setiap akhir sesion diskusi.

By Drajad