Penggalian sangat penting untuk membuat lubang pondasi, lubang drainase, dan merendam atau menurunkan jumlah tanah yang digunakan untuk lokasi konstruksi. Pengolahan TPA atau proses cut and fill sering kali melibatkan penggalian. Penggalian tanah dapat dilakukan dengan menggunakan alat manual atau alat berat seperti ekskavator.

Bagaimana menghitung biaya pekerjaan tanah

Berapa Biaya Penggalian? Pertanyaan ini sering muncul ketika kita ingin membangun sebuah pondasi. Sebelum kita masuk ke rumus untuk menghitung biaya pekerjaan galian, kita perlu memiliki pemahaman yang baik tentang suku cadang dan bahan yang masuk ke dalam perhitungan biaya RAB. Dalam hal ini, saya akan mengambil contoh proyek pembangunan rumah.

Alat pengeboran

Dalam pekerjaan tanah tentunya tidak diperlukan material, karena hasilnya berupa lubang atau galian yang ukurannya sesuai dengan gambar atau dasar teknis yang dipersyaratkan. Untuk ini, alat yang dibutuhkan biasanya:

Cara menghitung jumlah pekerjaan tanah

Jumlah galian dalam RAB diukur berdasarkan volume tanah yang digali dalam meter kubik. Cara mudah untuk mengetahui ukuran galian adalah dengan mengalikan panjang, lebar dan tinggi tanah galian. Karena meliputi kedalaman galian, maka jumlah pekerjaan galian tidak dapat dihitung dari volume tanah sebelumnya.

Ukuran galian = panjang x lebar x tinggi galian

Rumus biaya penggalian

Pertama, harus dipahami bahwa semakin dalam tanah, semakin kuat biasanya. Selain itu, semakin besar kedalaman tanah maka akan semakin sulit dalam penggalian, karena pengangkutan tanah yang digali sebelumnya tinggi dan lokasi penggalian juga sangat sulit. Oleh karena itu, menurut SNI 2835: 2008, galian tanah berbeda dari 1 meter sampai 2 meter, dst. Penggalian yang sempit tetapi dalam akan lebih mahal daripada penggalian yang luas tetapi dangkal.

Oleh karena itu, untuk mengetahui biaya pekerjaan galian ini, yang perlu dilakukan adalah dengan menambahkan komponen biaya material dan biaya tenaga kerja. Biaya komponen bahan dikalikan dengan perkiraan biaya dan komponen biaya tenaga kerja dikalikan dengan perkiraan biaya pengrajin. Rincian analisis harga pekerjaan tanah adalah sebagai berikut.

Analisis harga untuk pekerjaan galian 1 m3 dari kedalaman 0 sampai maksimum 1 meter dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Isolasi tanah standar 1 M3 dalam 1 meter

Analisis biaya untuk pekerjaan galian 1 m3 dari kedalaman 2,1 sampai dengan maksimum 3 m dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Harga galian 1 m3 dengan kedalaman maksimal 1 meter adalah Rp 81.950,00. Adalah 81.950.00 / m3.

Harga penggalian 1 m3 dengan kedalaman maksimal 2 meter adalah Rp 91.350,00 / m3.

Harga galian 1 m3 dengan kedalaman maksimal 3 meter adalah Rp 119.306.00 / m3.

Terlihat bahwa jumlah pekerja yang dibutuhkan untuk galian 3 meter lebih banyak walaupun ukuran galian sama, yang membedakan harga adalah kedalamannya.

Contoh perhitungan pekerjaan pembersihan lapangan dan peralatan

Bagi sobat yang ingin mengetahui cara menghitung biaya pekerjaan galian maka akan kami berikan contoh lengkap cara menghitung ukuran galian dan RAB berdasarkan ukuran kamar mandi 2 x 2 meter. Diketahui kamar mandi menggunakan pondasi menerus dengan lebar 60 cm dan kedalaman 80 cm.

Berdasarkan informasi di atas, kita dapat menghitung luas pondasi yang akan dibangun dan mengetahui ukuran galian pondasi. Karena menggunakan pondasi menerus maka dilakukan penggalian pondasi dengan lebar 60 cm ditambah 5 cm pada kedua sisi dan sekeliling bak dilakukan secara terus menerus.

Luas galian = 60 + 5 + 5 cm = 70 cm = 0,7 m

Keliling pondasi = 2 x (2 + 2) = 8 m

Ukuran galian = Lebar galian x Lingkar pondasi x Kedalaman galian

Setelah menemukan ukuran pekerjaan, langkah selanjutnya adalah mengalikan ukuran galian dengan harga per meter kubik. Karena galian ini memiliki kedalaman kurang dari 1 meter, maka analisis yang digunakan adalah tabel pertama. Oleh karena itu, total biaya pekerjaan galian yang dibutuhkan adalah:

Biaya penggalian = Jumlah penggalian x biaya per meter

Harga galian = 4,48 m3 x Rp 81.950.00 / m3

Biaya penggalian = Rp367.136,00 atau dibulatkan menjadi Rp370,000.00

**Catatan: Standar biaya bahan dan biaya pengrajin yang digunakan dapat meningkat seiring waktu, jadi jangan lupa untuk menyisakan 5% dari biaya yang dihitung di atas.

Saat ingin mengubah lanskap, penting untuk memperhatikan pekerjaan penggalian, misalnya, saat membuat fondasi ini. Tanah galian dapat digunakan untuk mengisi lubang pondasi yang diisi dengan material pondasi.

Begitulah cara menghitung biaya pengeboran, semoga bisa menambah nilai dan wawasan. Penggalian adalah salah satu pekerjaan struktural pertama yang dilakukan.

Baca Juga : Baja Ringan Taso Bogor