Rumah adalah tempat kita tinggal setiap hari. Oleh karena itu, demi kenyamanan kedua belah pihak, kita perlu melakukan tindakan untuk menjaga kebersihan rumah. Dengan lingkungan yang bersih, kesehatan kita dan keluarga akan terjamin. Yuk, simak 10 cara menjaga kebersihan rumah!

Menyapu dan Mengepel Rumah

Seberapa sering Anda melamar cara menjaga kebersihan rumah? Kebanyakan orang sering mengesampingkan kegiatan menyapu dan mengepel. Biasanya, mereka hanya melakukan ini saat lantai terasa kotor. Bahkan, dengan menjadikannya rutinitas sehari-hari, kebersihannya akan semakin terlihat.

Kembalikan Barang pada Tempatnya

Menurut sumber dari situs rumahdokter.com, Cara menjaga kebersihan rumah selanjutnya adalah dengan meletakkan kembali barang-barang tersebut pada tempatnya. Misalnya, meletakkan peralatan makan di rak setelah makan bersama, memasukkan kembali buku ke dalam lemari, atau sekadar memasukkan kembali alat tulis ke dalam kotak penyimpanan.

Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa hal sepele seperti ini bisa membuat lingkungan rumah terasa lebih rapi dan enak dipandang. Dengan cara ini, Anda tidak akan rugi karena lupa menaruh barang.

Tidak Menunda Cucian Piring

Mencuci piring adalah kebiasaan yang sering tertunda. Jika dibiarkan terlalu lama, piring yang menumpuk di pakaian bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare dan sakit perut, karena bakteri yang muncul. Oleh karena itu, usahakan memasak sesegera mungkin setelah selesai memasak atau makan bersama keluarga.

Sedia Tempat Sampah Kering dalam Rumah

Soal kebersihan, sampah memang tidak bisa dipisahkan. Sama seperti saat kita berada di luar rumah, kita selalu mengikuti prinsip membuang sampah di tempat. Hal ini dapat didukung dengan menyediakan tempat sampah di dalam rumah.

Tetapi perlu dicatat bahwa tempat sampah dalam ruangan hanya dapat digunakan untuk sampah kering. Upaya ini untuk menghindari bau busuk yang mungkin memenuhi seluruh ruangan di rumah Anda. Kemudian, disediakan tempat sampah lain di luar rumah untuk membuang sampah basah. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan lingkungan dan udara di dalam rumah.

Cuci Baju sesuai Jadwal

Kebiasaan ini mungkin cocok untuk Anda yang sudah berkeluarga. Tinggal bersama seseorang akan menambah beban beberapa aktivitas keluarga, termasuk mencuci pakaian.

Usahakan untuk mengatur jadwal kegiatan ini setiap dua hari sekali. Jika ingin menghemat energi, Anda juga bisa menggunakan peralatan elektronik seperti mesin cuci. Setelah selesai, jangan lupa untuk segera menjemur pakaian di bawah sinar matahari untuk menghindari bau apek.

Tak hanya itu, pakaian kering perlu disetrika dan diberi wewangian untuk menghindari kerutan. Anda bisa meletakkan tumpukan pakaian yang sudah jadi di dalam lemari agar mudah ditemukan.

Membersihkan Kamar Mandi secara Rutin

Kita menggunakan kamar mandi setiap hari, baik itu untuk buang air kecil atau mandi. Agar tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit, kebersihan kamar mandi merupakan aspek penting. Oleh karena itu, cara menjaga kebersihan rumah sangat diperlukan untuk penerapan yang benar.

Berbagai rutinitas yang harus dilakukan antara lain menggosok lantai dan furnitur kamar mandi, membersihkan perlengkapan mandi secara rutin, membersihkan lemari, dan menjaga kamar mandi dari kelembapan.

Mengolah Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Sebagian besar dari Anda pasti memiliki banyak furnitur yang sebenarnya sudah tidak Anda gunakan lagi. Namun bukan berarti Anda bisa membuangnya begitu saja. Siapa tahu proyek ini memiliki manfaat lain.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengklasifikasikan antara furnitur mana yang masih bisa diolah menjadi barang berguna lainnya dan mana yang perlu dibuang. Dengan melakukan ini secara teratur, akan ada lebih sedikit sampah di rumah dan lebih banyak ruang dapat digunakan untuk tujuan lain.

Lap Perabotan agar Terhindar dari Debu

Kedengarannya sederhana, bukan? Namun nyatanya, setiap keluarga rumah tangga tidak serta merta mengikuti jalan ini.

Meski tidak terlihat secara kasat mata, furnitur di rumah Anda akan menumpuk debu halus yang tertiup angin. Jika dibiarkan terlalu lama, debu akan menyebabkan gangguan pernapasan tanpa disadari.

Coba bandingkan udara di dalam rumah sebelum dan sesudah mengelap semua permukaan meja, kursi, TV, dan peralatan rumah tangga lainnya. Tentunya setelah Anda mengembangkan kebiasaan ini, udara yang Anda hirup akan terasa lebih segar. Selain itu, ruangan terlihat lebih berkilau.

Menggunakan Vacuum Cleaner dan Air Purifier

Saat ini, teknologi terus berkembang, termasuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jika rangkaian metode untuk menjaga kebersihan rumah Anda sulit dicapai, coba gunakan teknologi seperti penyedot debu dan pembersih udara.

Penyedot debu akan membantu Anda membersihkan lantai dan furnitur. Air purifier akan meminimalkan udara kotor yang tertinggal di dalam ruangan dengan menghirup udara kotor.

Singkatnya, dengan menggunakan teknologi saat ini akan memudahkan Anda untuk menjaga kebersihan rumah. Namun, bukan berarti frekuensi melakukannya juga bisa dikurangi.