Binar Academy

Di sebuah perusahaan, biasanya terdapat banyak jabatan fungsional yang tersedia dengan berbagai pekerjaan yang berbeda, seperti salah satunya Data Science. Meskipun kerap disamakan dengan Data Analyst, nyatanya keduanya merupakan jabatan yang berbeda.

Tetapi Data Science memiliki pekerjaan yang fokus pada bidang data, hamper sama dengan pekerjaan yang dilakukan oleh Data Analyst. Berikut ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Data Science, antara lain:

  1. Definisi Data Science

Sebelum mengenal Data Science lebih jauh, Anda perlu ketahui definisinya terlebih dahulu. Secara umum, definisi Data Science atau bisa disebut sebagai Data Scientist merupakan seseorang yang mengumpulkan dan menambangkan data secara skala besar.

Ketika data sudah terkumpulkan, maka seorang Data Science akan mulai mengolah data tersebut, kemudian membuat pandangan baru agar bisa membantu proses penetapan kebijakan, sehingga perusahaan bisa mengalami kemajuan.

 

  1. Perbedaan Pekerjaan antara Data Science dengan Data Analyst

Banyak orang yang menganggap bahwa Data Science dan Data Analyst merupakan jabatan yang sama di sebuah perusahaan. Sesungguhnya keduanya ini berbeda, jika dilihat dari definisinya, Data Science lebih mengolah data yang telah dikumpulkan, lalu menetapkan kebijakan untuk kemajuan perusahaan.

Sementara definisi umum Data Analyst yaitu seseorang yang menambang data, lalu data tersebut akan ditata ulang dan dipakai agar bisa mendapatkan suatu kesimpulan. Contoh data yang dimaksud yaitu media social, penjualan, dan lainnya.

 

  1. Pekerjaan Seorang Data Science

Terdapat beberapa tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang Data Science di dunia industry maupun perusahaan, antara lain:

  • Melakukan identifikasi permasalahan dalam sebuah bisnis yang ada dalam perusahaan dengan melakukan proses riset
  • Melakukan penambangan data dalam skala besar, baik data terstruktur ataupun tidak terstruktur
  • Melakukan program machine learning serta mempersiapkan berbagai permodelan preskripsi dan prediktif yang digunakan untuk metode statistic pada machine learning
  • Menyaring data agar bisa mempertahankan data lainnya yang memiliki hubungan denga napa yang dibutuhkan, serta data yang tidak terhubung akan dibuang
  • Menjalani explratory data analysist agar bisa mendapatkan probabilitas dan peluang serta menentukan metode yang akan digunakan untuk menangani data yang hilang dipekerjaan sebelumnya
  • Membuat rancangan algoritma baru sebagai problem solving dan memprogram software yang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan secara otomatis
  • Membuat laporan dan visualisasi data yang telah ditemukan serta diprediksi yang disampaikan ke tim IT dan manajemen
  • Memberikan rekomendasi kepada perusahaan agar bisa melakukan perubahan menjadi lebih baik lagi

 

  1. Skill yang Dibutuhkan Seorang Data Science

Untuk menjadi seorang Data Science, Anda memerlukan beberapa skill tertentu. Berikut ini skill yang dibutuhkan sebagai seorang Data Science, antara lain:

  • Intuisi, Anda perlu bertanggung jawab atas analisis data sehingga Anda perlu berpikir secara intuitif
  • Pemetaan data, Anda perlu membuang data yang tidak relevan sebelum melakukan pengolahan data, sehingga Anda perlu kemampuan pemetaan data
  • Statistika, Anda perlu memiliki kemampuan ini agar bisa mengembangkan machine learning
  • Machine Learning, berperan sebagai pusat data yang akan digunakan oleh seorang Data Science. Cara kerja machine learning yaitu agar bisa mengatasi seluruh data dalam skala besar

Itulah ulasan mengenai pekerjaan seorang Data Science yang memiliki perbedaan dengan Data Analyst meskipun keduanya memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan data di perusahaan. Apakah Anda paham tentang pekerjaan Data Science?

By sartika