Asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan hampir tidak asing lagi. Bahkan, mungkin sebagian dari kita sudah memilikinya. Tapi bagaimana dengan asuransi perjalanan? Banyak orang yang tidak memahami jenis asuransi ini dan sering diremehkan. Padahal, asuransi ini sangat penting dimiliki saat Anda sedang berlibur atau bekerja di luar negeri.

Asuransi perjalanan berbeda dengan asuransi kecelakaan. Sebab, ketika Anda membeli asuransi ini, Anda akan dilindungi oleh asuransi kecelakaan, yang biasanya merupakan bagian dari asuransi jiwa. Padahal, saat ini sudah ada asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan untuk COVID-19. Namun, jika Anda hanya membeli asuransi kecelakaan, Anda mungkin tidak dapat secara langsung melindungi semua risiko dan hal-hal tidak menyenangkan yang mungkin terjadi selama perjalanan, seperti kehilangan bagasi, penyakit, dan keterlambatan keberangkatan.

Lalu, apa sih yang dimaksud dengan asuransi perjalanan? Apa saja jenisnya dan bagaimana cara mendeklarasikannya? Apakah Prudential dan Allianz memiliki jenis asuransi ini? Nah, simak ulasan yang kami siapkan di bawah ini, yuk!

Apa Itu Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang memberikan perlindungan atas segala risiko yang mungkin terjadi pada saat seseorang melakukan perjalanan di dalam dan luar negeri. Kepemilikan yang dilindungi ini membantu mengurangi dampak finansial dari risiko kerugian yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Jenis asuransi ini tidak wajib, tetapi Anda harus memilikinya. Apalagi jika Anda suka bepergian dan sering bepergian, tentu sangat disarankan untuk memilikinya. Asuransi ini cukup fleksibel untuk dibeli secara impulsif sebelum perjalanan. Anda juga dapat membeli asuransi ini bersamaan dengan pembelian tiket Anda.

Jenis Asuransi Perjalanan

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi ini, Anda perlu memahami jenis-jenis asuransi perjalanan berikut sesuai dengan tujuan perjalanan, lokasi perjalanan, jumlah orang yang diasuransikan, dan lamanya waktu perjalanan.

  1. Asuransi Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Menurut tujuan perjalanan, asuransi dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi liburan dan asuransi kerja. Perbedaan antara kedua jenis asuransi ini adalah besaran preminya. Secara umum, asuransi bisnis atau tujuan kerja memiliki premi yang lebih tinggi karena menanggung risiko yang lebih besar.

  1. Asuransi Berdasarkan Tempat Perjalanan

Asuransi dalam negeri adalah asuransi yang memberikan perlindungan untuk perjalanan dalam negeri, sedangkan asuransi luar negeri memberikan perlindungan untuk perjalanan ke dan dari luar negeri.

Besaran premi dari kedua jenis asuransi tersebut tentu berbeda. Premi asuransi luar negeri di destinasi seperti Eropa, Australia, dan Amerika pasti lebih tinggi. Ada juga beberapa asuransi khusus luar negeri, seperti asuransi haji dan umrah, yang juga lebih berharga.

  1. Asuransi Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Asuransi perjalanan dibagi menjadi asuransi perjalanan individu dan asuransi perjalanan kelompok sesuai dengan jumlah tertanggung. Tentu saja, premi asuransi kelompok akan lebih murah dibandingkan asuransi perorangan.

Semakin banyak individu yang ditanggung, semakin sedikit premi yang dibayarkan. Biasanya jenis asuransi ini digunakan oleh biro perjalanan atau sekolah dan universitas yang mengambil liburan rombongan.

  1. Asuransi Berdasarkan Jangka Waktu Perjalanan

Jenis asuransi selanjutnya ditentukan sesuai dengan waktu perjalanan dan terbagi menjadi asuransi perjalanan satu kali (single travel insurance) dan semua asuransi perjalanan selama satu tahun atau jangka waktu tertentu (asuransi perjalanan tahunan).

Bagi Anda yang sering bepergian dalam setahun, lebih efektif memilih asuransi tahunan, sehingga Anda tidak perlu khawatir membeli asuransi saat berangkat. Terutama bagi mereka yang sering bepergian beberapa kali dalam setahun. Sementara itu, bagi Anda yang jarang bepergian, Anda bisa memilih asuransi periode perjalanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Manfaat Memiliki Asuransi Perjalanan

Seberapa pentingkah membeli asuransi ketika Anda harus bepergian (misalnya, bepergian atau bisnis)? Apakah benar-benar sepadan antara biaya dan manfaat asuransi perjalanan?

  1. Ganti Rugi Atas Adanya Kerusakan

Menurut sumber dari anakpelajar.com, Dengan mengembangkan kebijakan perjalanan, Anda akan diberi kompensasi jika bagasi Anda rusak atau hilang. Masalah bagasi sangat umum, bahkan jika Anda mungkin pernah mengalaminya. Bagasi yang rusak atau hilang pasti akan merusak momen perjalanan Anda, bukan? Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki asuransi yang dapat diklaim untuk menutupi kerugian tersebut, ya!

  1. Ganti Rugi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Perjalanan yang tiba-tiba ditunda atau bahkan dibatalkan pasti akan membuat Anda merasa sedih bukan? Rencana yang direncanakan dengan cermat semuanya sia-sia. Setiap perjalanan memiliki risiko keterlambatan atau pembatalan, dan itu bisa terjadi kapan saja. Ini adalah tempat yang sangat penting untuk membeli asuransi saat bepergian, jika ini terjadi, Anda dapat memberikan kompensasi.

  1. Biaya Pengobatan yang Ditanggung

Nyeri dapat terjadi kapan saja, termasuk selama perjalanan. Namun, tentu tidak ada yang ingin momen perjalanan itu hancur karena sakit mendadak yang membutuhkan perawatan medis. Apalagi jika biaya pengobatannya mahal.

Untungnya, asuransi jenis ini juga memberikan pertanggungan biaya pengobatan saat Anda sakit saat bepergian. Perusahaan asuransi akan memberikan pertanggungan untuk biaya pengobatan, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Finansial dijamin, perjalanan jadi lebih nyaman!

  1. Santunan Kecelakaan dan Kematian

Dengan membeli asuransi ini, perusahaan asuransi akan menanggung biaya kecelakaan dan kematian yang terjadi selama perjalanan Anda. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi pencari nafkah utama dalam keluarga, karena asuransi akan memberikan keluarga sejumlah uang pertanggungan.