Kadang, bermacam tehnologi yang tetap banyak muncul membuat kita berpikir jika e-mail telah melalui periode jayanya. Tapi bila Anda memikir e-mail telah mati, Anda kehilangan metrik yang sesungguhnya. Realitanya, E-mail Marketing masih kuat sampai ini hari, dan kemungkinan sebagai taktik terbaik untuk usaha Anda.

Apakah itu E-mail Marketing?

Pada intinya yakni pemakaian e-mail untuk mempromokan produk dan/atau service. Tapi pengertian E-mail Marketing yang lebih bagus ialah pemakaian e-mail untuk meningkatkan jalinan dengan konsumen setia prospektif dan/atau client.

E-mail Marketing adalah fragmen marketing lewat internet, yang mencakup internet marketing lewat website, sosial media, website, dan yang lain. Pada intinya sama dengan surat langsung terkecuali pesan dikirimkan secara electronic lewat e-mail.

Manfaat E-mail Marketing

E-mail Marketing memungkinkannya perusahaan untuk memberikan info ke konsumen setia mereka dan sesuaikan pesan marketing mereka dengan konsumen setia mereka. Keuntungan dari E-mail Marketing ialah harga dan kepraktisannya. E-mail ialah langkah yang murah untuk memasang iklan perusahaan Anda dan produk dan/atau servicenya dibanding dengan beberapa tipe marketing yang lain.

Newsletter bisa dikirimkan ke daftar e-mail yang Anda bikin dari beberapa orang yang memberi info yang dibutuhkan di website Anda, misalkan, memberikan konsumen setia prospektif informasi terkini mengenai perusahaan Anda, acara kedepan dan/atau penawaran khusus, dan sudah pasti mengingati mereka jika usaha Anda ada.

Baca juga artikel tentang marketing lainnya disini

Peranan E-mail Marketing Dalam Pemasaran

E-mail Marketing berperanan penting dalam kenaikan pemasaran usaha Anda. Anda bisa tingkatkan jumlah konsumen setia Anda lewat E-mail Marketing yang dikirim ke beberapa orang yang diprediksi akan ketarik dengan usaha Anda. Disamping itu, E-mail Marketing bisa tingkatkan nilai dalam usaha yang Anda sedang lakukan.

Benar-benar gampang untuk meremehkan faedah memakai E-mail Marketing. Beberapa orang benar-benar konsentrasi pada SEO, sosial media, dan link building hingga mereka lupakan kemampuan E-mail Marketing. Beberapa argumennya ialah jika ada beberapa salah paham. Orang tidak memikir E-mail Marketing bisa sukses untuk industri mereka. Walau sebenarnya, marketing e-mail benar-benar efisien di beberapa industri.

E-mail Marketing masih berkaitan. Beberapa trend marketing tiba dan pergi, tapi e-mail masih jadi aliran paling kuat yang ada untuk pemasar kekinian. Berikut 3 argumennya:

E-mail mempunyai capaian yang semakin besar

Saat Anda mendaftarkan untuk sebuah website (seperti toko online), Anda harus masukkan alamat e-mail Anda untuk bikin account. Anda bahkan juga membutuhkan alamat e-mail untuk bikin account Facebook atau Twitter. Ditambah lagi, Facebook dan Twitter mengirimi e-mail untuk memberitahu pemakai mengenai bermacam rutinitas, seperti saat seorang diikuti dipotret. E-mail ialah mata uang situs, dan siapa saja yang online mempunyai alamat e-mail aktif. Jadi saat harus tersambung dengan prospect dan konsumen setia Anda, tidak ada aliran dengan capaian yang lebih luas dari e-mail.

E-mail ialah basis terbuka

Sepanjang tahun-tahun ini, banyak merk sudah menginvestasikan juta-an dolar untuk beli penganut sosial yang besar agar berbicara dan turut serta dengan konsumen setia. Tapi saat usaha melakukan investasi di beberapa basis sosial media, Facebook kerap mengupdate algoritmenya untuk kurangi jumlah penganut yang bakal menyaksikan posting merk, terkecuali bila posting itu ialah iklan berbayar.

Twitter nampaknya mengarah ke arah yang serupa. Permasalahan pada website seperti Facebook dan Twitter ialah mereka dipunyai dan dikontrol oleh faksi ke-3 yang bermakna pemasar ada dalam bawah pengubahan yang dilaksanakan oleh basis ke basis mereka.

Saat itu, e-mail tidak dipunyai atau dikontrol oleh satu substansi tertentu. Ini ialah basis komunikasi terbuka dan ada beberapa service yang sediakan akses untuk mengirimi dan terima e-mail.

Bermacam perusahaan yang turut serta dalam E-mail Marketing pastikan jika tidak ada satu faksi juga yang bisa mengubah yang bakal mempunyai dampak luas, dan tidak seperti Facebook atau Twitter, bila Anda menginvestasikan waktu dan uang untuk membuat dan memproses daftar e-mail yang luar biasa, daftar konsumen setia Anda bisa menjadi asset yang Anda punyai. Dengan begitu Anda segera dapat manfaatkan daftar Anda tanpa teror dari seorang yang batasi efektifitasnya.

E-mail bakal ada selama-lamanya

Ingat MySpace? Website yang pernah benar-benar terkenal ini ialah situs media sosial paling besar dalam dunia di antara 2005 dan 2008, dan pada Juni 2006 melebihi Google sebagai website yang terbanyak didatangi di Amerika Serikat. Tetapi, semua pemakai itu pada akhirnya berpindah ke media sosial lain, dan situs itu saat ini jadi website 1.500 terpopuler di Amerika Serikat.

Di lain sisi, e-mail mempunyai riwayat kestabilan yang panjang. Menariknya, e-mail sendiri sudah berevolusi dari periode di mana Anda memerlukan pengembang untuk membuat e-mail sampai ini hari, di mana bermacam alat mendayagunakan pemasar kekinian untuk bikin dan mengirimi e-mail bermerek yang cantik dengan gampang.

Membuat daftar e-mail Anda ialah investasi periode panjang yang konstan yang bakal terbayarkan sepanjang tahun mendatang, tidak seperti membuat penganut sosial media.

Penutup

Baiknya, E-mail Marketing harus berjalan bersamaan dengan sosial media. E-mail Marketing secara signifikan bisa tingkatkan pendapatan Anda bila Anda melakukan secara benar. Mudah-mudahan tulisan ini berguna. Sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya!

By andri