Palang parkir atau barrier gate adalah palang otomatis yang banyak kita jumpai di area parkir. Umumnya barrier gate ini digunakan di mall, stasiun, rumah sakit, apartemen, supermarket ataupun di komplek – komplek perumahan. Lalu apa fungsi palang parkir ini? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Fungsi Palang Parkir Otomatis 

Secara umum fungsi palang parkir otomatis yaitu untuk palang parkir pada suatu sistem  parkir, atau bisa juga sebagai penghalang pintu masuk dan keluar pada area parkir.

Dengan menggunakan  sistem parkir otomatis, dapat membantu meningkatkan keamanan di area parkir. Karena setiap kendaraan yang keluar dan masuk dalam area tersebut bisa terpantau.

Elemen Dalam Palang Parkir Otomatis

Pada suatu palang parkir dibutuhkan elemen pendukung agar alat tersebut bisa bekerja dengan optimal. Elemen itu adalah dispenser tiket atau mesin pencetak tiket yang terhubung pada sistem komputer.

Saat pengendara ingin masuk area parkir maka harus menekan tombol pencetak tiket yang selanjutnya akan keluar tiket yang harus disimpan hingga pengendara keluar area parkir tersebut.

Selanjutnya mesin akan memberi perintah pada palang untuk membuka otomatis. Dan palang hanya akan menutup secara otomatis bila tidak ada lagi logam yang terdeteksi, karena pada lang otomatis ini terpasang detektor logam.

Selain dispenser ticket biasanya pada pintu palang parkir juga terpasang kamera CCTV, yang akan merekam nomor kendaraan. Sementara pada pintu keluarnya terdapat elemen seorang petugas parkir dalam box operator.

Cara Kerja Palang Parkir Otomatis

Cara kerja palang parkir otomatis pada pintu masuk dan pintu keluar adalah seperti ini:

Pada pintu masuk saat kendaraan datang memasuki area parkir, maka Sensor Loop Detector akan mengirim sinyal pada Kontroler. Lalu pengendara melakukan autentikasi dengan menggunakan tombol, Selanjutnya Kontrol Palang Parkir Otomatis akan membaca otentikasi dari pengendara.

Lalu software pada sistem komputer mengambil foto, Check in lalu mencetak kartu tiket dan memberi perintah pada palang parkir untuk membukakan pintu palang parkir otomatis. Lalu Kendaraan melewati Palang Parkir Otomatis.

Selanjutnya Sensor Loop Detector akan mengirim informasi ke Palang parkir otomatis bawah kendaraan sudah berada diluar area palang parkir. Lalu Palang Parkir akan menutup dengan otomatis..

Pasang palang parkir.

Lalu pada pintu keluar cara kerjanya hampir sama dengan pintu masuk  hanya yang membedakan adalah pengendara melakukan otentikasi dengan tiket parkir,  STNK dan RFID. Kemudian adanya petugas parkir untuk melakukan klarifikasi dan pembayaran biaya parkir.

Itulah informasi mengenai fungsi palang parkir serta elemen dan cara kerjanya. Untuk pemasangan palang parkir otomatis percayakan pada jasa Palang Parkir Indonesia, yang pasti terpercaya dan profesional.

By dzail