Gunung Sinai yang terdapat di Semenanjung Sinai, Mesir adalah salah satu tempat paling bersejarah bagi umat islam. Gunung paling bersejarah ini pun diyakini sebagai tempat Nabi Musa AS menerima wahyu dengan 10 perintah dari Allah SWT yang juga dikenal dengan The Ten Commandement.

Dari kesepuluh perintah yang Allah SWT berikan yang telah diturunkan kepada Nabi Musa kala itu kemudian termasuk dalam kitab Taurat yang kala itu diperuntukan untuk seluruh umat terdahulu dimana sebelum diwahyukan Al-Quran kepada Rasulullah SAW.

Dan kini, gunung bersejarah ini menjadi salah satu tujuan wisata penting di kota Mesir, selain Sphinx, Piramida majupun tempat lainnya yang menjadi saksi sejarah umat Muslim, Nasrani dan Yahudi. Gunung spesial ini juga dapat ditempuh dari Ismailia yang ada di sisi utara terusan Suez dengan jalur darat.

Setelah menempuh perjalanan dari Ismailia dengan jalur darat selama 8 hingga 10 jam. Wisatawan pun bisa menikmati keindahan dan melihat sisa sejarah yang tersimpan disana.

Gunung Spesial Dalam Islam

Pada kaki Gunung Sinai tidak ada pemukiman penduduk satupun, yang ada hanya satu bangunan kuno yaitu, Biara St. Catherina. Konon katanya, biara ini dibangun di tahun 530 Masehi oleh Kaisar Romaawi yang bernama Yustianus I. Walau sudah ada dari berabad-abad lamanya, bangunan ini tetap kokoh.

Sementara itu, Biara yang telah dibangun sejak berabad-abad lamanya ini kini difungsikan sebagai tempat penginapan untuk turis-turis yang berziarah ke Gunung Berserah Sinai.

Tinggi gunung ini pun memiliki ketinggian kurang lebih 2.500 m diatas permukaan laut. Dan di gunung ini memiliki dua puncak besar pencakar langit yang disebut Rasul Falsafah dan Jabal Musa. Jalur yang perlu ditempuh dalam pendakian pun terbilang sulit.

Tapi, di sepanjang pendakian wisatawan akan disajikan kesan yang berbeda, karena selama pendakian akan menemui, jalan kecil, curam, penuh bebatuan dengan posisi hampir tegak lurus. Walau demikian, tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang kembali melalui Puncak Sinai.

Jadi, itu tadi pembahasan mengenai Gunung Sinai gunung paling spesial dalam agama islam. Semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat untuk Anda dan terima kasih.

By arief