Ikutilah Tips Ini Sebelum Membeli Kalung!

Lifestyle

Hingga saat ini, cincin emas simple masih menjadi perhiasan andalan bagi kaum wanita. Ditambah lagi sekarang model kalung ini sudah sangat beragam, bahkan bisa dipakai dalam setiap kesempatan. Apalagi sudah banyak toko perhiasan yang menjual kalung ini dengan harga terjangkau, tetapi tidak melupakan kualitasnya.

Frank & co. adalah toko perhiasan yang menyediakan ragam pilihan kalung dengan model yang kamu inginkan. Daripada bingung dalam memilih kalung yang ingin dibeli, simaklah beberapa tips berikut ini yang harus diketahui.

 6 Tips Membeli Kalung Emas yang Sesuai

Ikutilah Tips Ini Sebelum Membeli Kalung

Pertimbangkan bahan pembuatannya

Biasanya bahan dasar kalung ini, dibuat dari emas lapis atau emas murni. Untuk emas murni, kualitasnya jauh lebih baik dan harganya lebih mahal dari emas lapis. Sementara untuk emas lapis, warna dari perhiasannya lebih cepat memudar, tergantung dari pemakaian kalungnya. Maka dari itu, jika kamu ingin cincin emas simple berkualitas tinggi dan tahan lama, pertimbangkan juga bahan dasar pembuatannya.

Periksa harga emas terlebih dahulu

Setiap saat harga emas selalu berubah-ubah, maka sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu perkembangan harga emas tersebut sebelum membeli kalung. Kamu bisa mengecek perkembangannya secara online atau bisa juga datang langsung ke toko emas. Hal ini guna menyesuaikan kebutuhan kalung dengan biaya yang disiapkan.

Sesuaikan dengan bentuk anggota tubuh

Seperti yang kita ketahui, kalung merupakan salah satu perhiasan untuk menyempurnakan penampilan. Maka dari itu, pilihlah kalung yang sesuai dengan bentuk anggota tubuh. Untuk kamu yang berleher besar, gunakan kalung berukuran pendek. Sedangkan bagi kamu yang berbahu lebar, kalung yang melebar di bagian bawah sangat cocok untuk digunakan.

Perhatikan kadar karatnya

Kadar karat yang terkandung dalam emas menunjukkan kemurnian emas tersebut. Kadar karat terendah adalah 9K dan yang tertinggi adalah 24K (emas murni). Semakin tinggi kadar karatnya, maka semakin tinggi pula harga kualitasnya. Oleh sebab itu, tentukan terlebih dahulu karat yang ingin dibeli, agar sesuai dengan budget yang dimiliki.

Perhatikan panjang kalung

Panjang pendeknya kalung biasanya menyesuaikan dengan kegiatan yang dilakukan. Misalnya untuk acara non formal, kalung berukuran 14-22 inci adalah ukuran yang ideal untuk dikenakan. Sedangkan untuk acara formal di malam hari, agar terlihat lebih mencolok maka pilihlah kalung yang lebih panjang. Sementara untuk di siang hari, gunakan kalung berukuran sedang, sehingga nyaman dan praktis ketika dipakai.

Sesuaikan dengan kondisi kulit

Tidak semua jenis kulit cocok dipakaikan kalung dari emas. Pasti ada saja orang berkulit sensitif, jika memakai emas akan menimbulkan alergi di kulit. Nah ketika ingin membelinya, ada baiknya kamu tanyakan kepada penjualnya apakah kalung tersebut bersifat hypoallergenic atau tidak.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika membeli cincin emas simple. Supaya tidak menyesal kemudian, kamu juga harus perhatikan keaslian emasnya ya. Jangan sampai kamu membeli kalung yang terbuat dari emas palsu.