Dalam pasar Mobil, Avanza tentu bukanlah golongan produk baru yang mengaspal di Indonesia. karena jauh sebelum peluncuran Promo Avanza terbaru, produk ini sudah lebih dulu mendobrak pasar mobil Indonesia, sehingga dijuluki sebagai “ Mobil Sejuta Umat” lantaran banyaknya peminat mobil ini.

Mobil dengan jenis low MPV atau mobil keluarga ini pertama kalinya dirilis pada tahun 2023 berbekal mesin 1.300 cc bertransmisi manual. Hadir sebagai mobil keluarga membuat respon positif dari banyak konsumen Indonesia.

Bahkan, tidak tanggung-tanggung, avanza sendiri kerap kali memperoleh predikat mobil paling laris dengan angka penjualan yang cukup fantastis. Hal ini bisa kita buktikan dari seberapa seringnya Anda menemukan dijalanan yang berlalu-lalang di setiap waktunya.

Dengan jumlah peminat yang semakin meningkat terhadap mobil ini, pada tahun 2006 produsen Toyota kembali menambah pilihan bagi konsumen dengan merilis opsi Avanza yang berbekal mesin 1.500cc. sementara untuk tipe transmisi, Toyota memilih otomatis.

Produk 1.500 cc inipun baru dirilis pada tahun 2009 dengan tipe 1.3 GA T dan 1.3 E A/T. Dan setelah 19 tahun lamanya mengaspal dengan mengalami pasang surutnya perjalanan serta penyegaran desain dan rangkaian fitur yang dimilikinya, kini Toyota Avanza hadir kembali dengan wajah baru.

Dalam wajah barunya ini Anda memiliki perbandingan yang jauh bahkan bisa dibilang berubah total dari generasi sebelumnya. Penyegaran Toyota Avanza ini pun berbeda dari sebelumnya, dimana pada generasi ini dilakukan penyegaran yang massif dengan mengupgrade mesin, eksterior hingga interiornya.

Ini Dia Spesifikasi dan Harga Toyota Avanza Terbaru

Perubahan besar yang dilakukan pabrik terhadap All New Toyota Avanza kali ini memberikan mobil ini sungguh-sungguh berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Bahkan ada banyak pemerhati otomotif menyatakan kalau Avanza terbaru pada generasi ini merupakan suspense baru dan berbeda.

 

Dimensi

Setelah melakukan penyegaran dalam produk terbarunya, dimensi All New Toyota Avanza [un memiliki dimensi yang lebih besar. Panjang keseluruhannya juga menjadi 4.395 mm atau bertambah 205 mm dari generasi sebelumnya.

Sementara untuk lebarnya, bertambah 70 mm dan tingginya ikut juga bertambah sebanyak 5 mm terkecuali untuk tipe 1.3 E MT yang justru malah berkurang 35 mm menjadi 1.665 mm dalam veri terbaru ini.

Penyerangan yang terjadi ini pun turut serta mendukung jarak sumbu roda menjadi 2.750 mm, sementra radious putar berkisar 4,9 m dan ground clearance 205 mm terkecuali untuk tipe 1.3 E MT menjadi 195mm berkurang 5 mm dari versi sebelumnya.

Melihat dari penyegaran yang dilakukan pada generasi ketiga Avanza ini tentunya, Anda bisa melihat bahwa perubahan ini membuat avanza tampak lebih lebar karena adanya lekukan panjang di bagian samping bodynya.

Jika dibandingkan dengan dengan segenap kompetitornya, body all new avanza setelah mendapat penyegaran pada generasi ketiga ini bukanlah satu-satunya yang paling melebar karena masih ada produk lain seperti Mitsubishi New Xpander yang lebih tinggi pada sisi dimensi.

Harga All New Toyota Avanza

Untuk soal harga, All New Toyota Avanza dibandrol dengan kisaran harga mulai dari Rp. 206.200.000,- hingga Rp. 264.4000.000,-  harga paling rendahnya untuk varian 1.300cc tipe E dengan transmisi manual. Sementara untuk versi versi selanjutnya ada 1.500cc dengan tipe G transmisi manual.

Ada juga harga paling tinggi ditempati oleh Toyota Avanza dengan tipe 1.5 G CVT TSS dengan transmisi CVT yang dibandrol dengan kisaran harga Rp. 264.400.000,-

Dalam kanal Avanza, generasi ketiga ini menjadi salah satu mobil yang kembali  dengan memperoleh diskon Promo Avanza Jakarta dengan diskon PPnBM pada tahun 2022. Tapi, tidak semua varian mendapatkan potongan diskon pajak tersebut.

Terlepas dari adanya diskon promo kala itu, saat ini sudah tidak ada lagi Toyota Avanza 1.3 G yang sebelumnya hadir pada generasi sebelumnya sebagai varian paling laris. Konsumen yang inginkan fitur lengkap juga didorong untuk melirik model 1.500.

Untuk model mesin 1.300 cc, produsen menyebutkan kalau pembeliannya bersifat spot order. Dimana stok kendaraan masih belum tersedia saat seseorang customer hendak melakukan pembelian. Produsen menerapkan sistem tersebut pun memiliki tujuan yang baik.

Demikian pembahasan diatas, semoga dengan adanya uraian ini Anda bisa lebih memahami dan mengerti lebih jauh tentang produk All New Toyota Avanza generasi ketiga. Sekian ulasan diatas dan terimakasih.

By arief