Internet fiber merupakan teknologi serat optik yang sering digunakan agar bisa menikmati layanan internet dengan kecepatan yang tinggi serta tidak akan terpengaruh oleh pergantian cuaca.

Internet Fiber, Teknologi Canggih Berkecepatan Tinggi

Teknologi fiber optik kerap kali digunakan untuk kebutuhan pada teknologi telekomunikasi, daring ataupun tanpa daring. Alasannya tentu saja karena kecepatan yang dihasilkan cenderung tinggi dan stabil, sehingga sangat cocok untuk digunakan pada kegiatan yang membutuhkan produktivitas tinggi.

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan oleh teknologi fiber optik ini, hampir semua industri di berbagai bidang telah beralih menggunakan fiber optik ini.

Fiber optik merupakan salah satu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus. Biasanya, kabel ini mentransmisikan sinyal cahaya yang didapat dari satu lokasi ke lokasi yang berbeda dengan kecepatan optimal.

Transmisi ini dapat dilakukan dengan kecepatan yang tinggi dikarenakan sistem kerja dari teknologi ini menggunakan pembiasan cahaya. Cahaya yang digunakan untuk proses transmisi ini adalah LED atau laser.

Dengan kecanggihannya yang dapat menjangkau orang lain dengan kecepatan yang optimal, sehingga fiber optik lebih banyak digunakan sebagai saluran untuk berkomunikasi.

Macam-Macam Jenis Kabel Fiber Optik

Kecepatan akses internet yang tinggi dalam suatu jaringan merupakan hal yang paling dicari oleh masyarakat, terutama untuk keperluan browsing melalui internet. Hal inilah yang melatarbelakangi terciptanya fiber optik yang dalam waktu singkat telah menjadi andalan bagi masyarakat.

Teknologi fiber optik memiliki jenis-jenis berdasarkan mode transmisinya. Berikut ini jenisnya :

  • Mode tunggal atau single mode

Jenis kabel fiber optik ini memiliki transmisi tunggal. Pada fiber optik mode tunggal ini, hanya bisa mentransmisikan cahaya yang melalui satu inti dalam satu waktu. Fiber optik ini memiliki ukuran yang sangat kecil yaitu sekitar 9 mikrometer.

Kabel ini biasanya digunakan untuk menyebarkan cahaya dari sinar inframerah yang memiliki gelombang cahaya sepanjang 1300 sampai 1500 nanometer.

Untuk kegunaannya sendiri, biasanya kabel fiber optik jenis ini lebih sering digunakan untuk kebutuhan suatu instalasi jaringan kelas menengah hingga kelas atas.

  • Mode multi atau multi mode

Fiber optik jenis ini bisa dibilang merupakan kebalikan dari fiber optik mode tunggal. Pada mode multi, fiber optik ini memiliki inti yang berukuran lebih besar yaitu dengan ukuran sekitar 625 mikrometer.

Dengan ukurannya yang lebih besar ini, membuat fiber optik mode multi dapat mentransmisikan banyak cahaya hanya dalam satu waktu atau dilakukan secara bersamaan karena kapasitasnya yang besar.

Dengan keunggulan ini, fiber optik jenis ini lebih banyak digunakan untuk tujuan komersil, seperti untuk mengakomodasi pengguna dengan jumlah yang sangat banyak.

Beda halnya dengan fiber optik mode tunggal, fiber optik ini dapat mengirimkan sinar inframerah dengan panjang gelombang sekitar 850 hingga 1300 nanometer.

Itulah pengertian beserta macam-macam jenis internet fiber berdasarkan mode transmisinya.