Jangan Buru-buru Beli, Inilah Kekurangan Cincin Emas 24 Karat

Jangan Buru-buru Beli, Inilah Kekurangan Cincin Emas 24 Karat

Faktanya, emas 24K punya beberapa kekurangan. Tapi tidak perlu bingung, di ulasan kali ini akan dikupas tuntas aspek minus dari emas 24K yang penting untuk Anda ketahui. Serta beberapa tips terkait cara mengukur cincin di jari wanita. Ini dia info selengkapnya.

Kekurangan Emas 24 Karat

Dibalik kilauan emas 24 karat dengan tingkat kemurnian yang mencapai 99,9% ternyata memiliki kekurangan dalam beberapa hal. 

Anda perlu mengetahui kekurangan dari emas 24 karat sebelum memutuskan untuk membelinya sebagai perhiasan atau untuk investasi jangka panjang. 

1. Emas 24 Karat Kurang Cocok untuk Dijadikan Perhiasan

Bagi orang yang paham mengenai sifat emas murni pasti tidak akan membeli cincin emas 24 karat hanya untuk dipakai menghiasi jari. Hal ini karena emas 24K asli tidak tahan lama, gampang tergores dan berubah bentuk. 

Sifat emas murni yang tanpa campuran logam lain sangat lunak sehingga saat terbentur atau tergores sedikit saja akan beresiko merubah bentuk. Terlebih lagi jika perhiasan emas 24K yang Anda beli terselip batu permata. 

Emas murni sebanyak 75%, perak 10%, serta logam tembaga sebanyak 15%. Emas jenis ini lebih kuat dan tahan lama untuk digunakan sehari-hari. Makanya cincin berbahan emas 24 karat tidak direkomendasikan untuk cincin tunangan atau pernikahan.

2. Emas 24K Lebih Mahal 

Sudah gampang cacat emas 24K memiliki nilai jual lebih tinggi sesuai tingkat kemurniannya. Sangat disayangkan jika Anda harus mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk pembelian emas yang hanya dipakai sebagai perhiasan. 

Harga cincin emas 24K saat ini berkisar Rp.670.000 per gram sedangkan emas 18K berkisar Rp.548.000 per gram. Harga tersebut dapat berubah sesuai dengan model cincin emas dan nilai batu permata yang menjadi hiasan dari cincin, gelang atau kalung emas.

Emas 24K umumnya hadir dalam bentuk batangan atau lempengan yang ditujukan untuk kebutuhan investasi. 

3. Warna Emas 24K Terlalu Mencolok

Satu lagi yang menjadi kekurangan cincin emas 24K yaitu warna kuningnya terlalu ngejreng atau mencolok. Paduan warna oranye dan kuning cincin 24K menjadikan pemakainya jadi pusat perhatian. 

Terlebih lagi, warna asli emas murni ini susah untuk dipadupadankan dengan warna pakaian apapun. Alhasil, penampilan Anda jadi kurang matching dan bisa membuat Anda jadi kurang percaya diri.

Sekarang, apa Anda sudah bisa memutuskan mengecek harga cincin lamaran emas 24 karat lebih cocok jadi investasi atau perhiasan?

Jadi itu adalah ringkasan informasi mengenai beberapa kekurangan cincin emas 24K serta cara mengukur cincin di jari wanita. Bagaimana, kini Anda sudah lebih tahu bukan?