Jenis Pengelasan

Ketika Anda berpikir tentang pengelasan Anda mungkin berpikir bahwa hanya ada satu jenis pengelasan Ini adalah ide umum karena kebanyakan orang hanya melihat produk jadi. Namun, ada banyak jenis pengelasan yang mungkin menarik bagi Anda.

Pengelasan adalah cara penyambungan logam satu sama lain untuk membuat mereka kuat dan logam membentuk ikatan yang erat. Ada berbagai ikatan yang dilakukan tergantung pada jenis pengelasan yang Anda gunakan.

Jenis pengelasan cocok di bawah kategori seperti yang tercantum di sini:

Pengelasan gas

Jenis pengelasan ini menciptakan nyala api dari gas yang terbakar dan ini menciptakan panas pengelasan yang dibutuhkan. Anda akan melihat ini dalam jenis pengelasan berikut:

Obor propana – orang menggunakan ini ketika mereka ingin membuat sambungan atau ketika mereka ingin menyolder dua potong logam menjadi satu. Ini adalah salah satu panas terendah dan dapat digunakan untuk hal-hal kecil.

Obor Oxyacetylene – panas ini menjadi sedikit lebih panas dan banyak orang mengatakan ini adalah jenis alat las paling universal yang tukang las Jogja dapat Anda temukan. Ini digunakan ketika Anda membutuhkan nyala api yang sangat panas. Obor jenis ini akan mengelas berbagai hal selama Anda memiliki logam dan alat yang tepat untuk itu. Biasanya digunakan ketika Anda ingin memotong, mematri, mengelas atau menyolder sesuatu yang membutuhkan panas lebih tinggi. Anda harus berhati-hati karena ini adalah jenis panas yang sulit dikendalikan dan terkadang bisa membuat area terlalu panas.

Oxy-propane – jenis pengelasan ini digunakan saat Anda ingin menyolder, mematri, atau memanaskan sesuatu. Ini adalah bentuk yang lebih murah dari kedua jenis pengelasan yang pertama kali terdaftar.

Pengelasan busur

Jenis pengelasan ini menciptakan panas melalui penggunaan busur listrik. Jenis-jenis pengelasan yang dilakukan melalui jenis pengelasan ini antara lain:

Tukang las busur AC & DC dasar – ketika Anda mencari cara untuk mengelas baja pengukur berat atau besi cor, ini adalah jenis pengelasan yang digunakan. Ini menggunakan batang yang Anda pandu di sepanjang tempat yang akan dilas dan ini terbuat dari baja berlapis fluks atau bahan lainnya.

MIG (Metal Inert Gas) – ini adalah cara pengelasan yang sangat cepat dan ada yang mengatakan lebih mudah dilakukan daripada pengelasan lengkung biasa Dilakukan melalui penggunaan busur DC dan menggunakan logam pengisi yang digunakan dengan gulungan tipis kawat. Anda menggunakan gas inert alih-alih fluks. Ini biasanya digunakan dengan bodywork mencuri dan merupakan pilihan yang baik ketika Anda perlu mengelas lembaran logam.

TIG (Tungsten Inert Gas) – jenis pengelasan ini menggunakan busur AC yang berfrekuensi tinggi dan digabungkan dengan elektroda tungsten yang dilindungi oleh gas inert. Ini datang bersama untuk membuat obor yang dapat dikontrol. Ini adalah pilihan yang baik untuk mengelas logam yang sangat tipis bersama-sama. Jika Anda bekerja dengan aluminium atau baja tahan karat, ini adalah pilihan yang baik.