10 Jenis Profesi dalam SEO Bergaji Tinggi 2020

Digital marketing specialist merupakan salah satu jenis profesi dalam seo. Profesi ini diketahui sedang dibutuhkan terutama di era digital seperti sekarang.

Menurut penelusuran penulis juga ditambah data dari berbagai sumber hasil riset kecil-kecilan di jasa SEO, seseorang yang bekerja sebagai digital marketing specialist diketahui diberikan upah kurang lebih 2-3 juta rupiah, itu sekelas lulusan baru. Sementara itu untuk yang telah berpengalaman, biasanya perusahaan menawarkan gaji 3-4 juta rupiah.

Di Amerika Serikat sendiri, upah pertahun jenis profesi dalam seo seperti pakar SEO  ini sekitar $24000 atau setara dengan 350 juta rupiah. Yang mana kalau kita konvensi menjadi bulanan, perkiraan kami, gajinya sekitar 1800 – 2500 usd, tergantung dari tempat di mana dia bekerja. Mengingat di sana, menerapkan sistem UMR layaknya Indonesia.

Jenis Profesi dalam SEO Bergaji Tinggi

Selain digital marketing, sekiranya kamu punya kemampuan dalam hal membangun search engine optimization. Ada banyak jenis profesi dalam seo yang bisa kamu coba. Kesemuanya punya gaji di atas rata – rata. Langsung saja, berikut adalah rangkumannya :

Jenis Profesi dalam SEO: SEO Specialist

Jenis profesi dalam seo pertama adalah seo specialist. Profesi ini untuk Indonesia sendiri diberikan gaji sekitar 3-5 juta rupiah.

Sebagaimana namanya, jobdesc utama seseorang yang jabatannya sebagai seo specialist ini memang berkutat tidak jauh dari dunia website. Misalnya menganalisis kebijakan google sekarang, mengindentifikasi pasar online, sampai meriset kata kunci.

Dan karena tidak jauh dari dunia website, sekiranya kamu mau bekerja sebagai seo specialist di masa depan. Maka ketika kamu lulus sma, ambil kuliah jurusan studi informatika. Kuliah tentang IT pun boleh kamu ambil sebab pada jurusan tersebut, kamu juga bakal menemui mata kuliah ini.

Jenis Profesi dalam SEO: Search Engine Marketing

SEO dan SEM seringkali disamakan oleh masyarakat. Walau praktiknya antara keduanya sangat berbeda.

Kalau kita ingin kaji teorinya, Search Engine Marketing jobdesc-nya jauh lebih luas ketimbang Seo. Mereka harus mempelajari berbagai macam skill baru seperti Pay Per Click Marketing (PPC), pengiklanan sampai manajer hubungan kostumer.

Tidak hanya itu, terkadang mereka juga diberikan target penjualan jumlah tertentu. Atas dasar fakta tersebut, di Amerika Serikat sendiri, gaji seorang SEM sedikit lebih tinggi ketimbang SEO Specialist, yakni 45000 usd per tahun.

Jenis Profesi dalam SEO: Marketing Analysis

Menganalisis pasar serta menetapkan jumlah target penjualan ke bidang lain menjadi tugas utama seorang Marketing Analysis.

Mereka juga di beberapa perusahaan diberikan tanggung jawab untuk memantau kinerja penjualan seorang sales, yang mana kalau target tidak bisa tercapai sebagaimana mestinya, mereka berhak memberikan peringatan kepada sales.

Tidak hanya itu, sebagai orang yang menentukan target penjualan. Seorang Marketing Analysis juga mesti membuat laporan setiap bulannya. Tentu saja cukup ribet menurut sebagian orang, terutama mereka yang memang tidak punya kemampuan dalam bidang ini.

Web Developer

Pekerjaan web developer sangat dibutuhkan pada zaman sekarang. Dasarnya adalah meningkatnya masyarakat yang belanja segala sesuatu via media online ketimbang offline.

Karena sedang dicari, otomatis peluang keterima kerja pada posisi satu ini terbuka lebar. Kemudian apabila kamu punya sedikit kemampuan membangun website seo friendly. Manfaatkan itu sesegera mungkin, keburu nantinya terisi orang lain.

Business Consultant

Kamu bercita-cita sebagai konsultan bisnis ?. Jika iya, nampaknya kamu tidak perlu mengambil studi ekonomi sewaktu menginjak bangku kuliah.

Cukup mempelajari segala hal berkaitan dengan search engine optimization, terutama tentang penganalisisan kondisi pasar internasional dan lokal. Kamu bisa menjadi seorang bisnis konsultan paling handal.

Jangan salah, walau hanya sebatas jadi konsultan saja. Faktanya menurut paylab, rata – rata upah bulanan dari pekerjaan satu ini sekitar 6-8 juta rupiah, untuk sekelas lulusan baru dari universitas ternama. Sementara itu bagi yang telah berpengalaman di bidang ini selama lebih 3 tahun, perusahaan memasang upah sebesar 10 juta.

Social Media Campaigner

Sepertiga masyarakat Indonesia zaman sekarang sudah mengenal dan memiliki akun sosial media masing – masing. Tingginya pengguna sosial media tersebut menandakan bahwa kalau memasarkan produk lewat itu, kemungkinan besar produk laris seketika.

Tingginya jumlah pengguna mengakibatkan badan usaha melebarkan sayap mereka ke sektor sosial media. Oleh sebab itu, posisi social media campaigner akhir – akhir ini dicari oleh perusahaan media, manufaktur, jasa sampai teknologi.

Berapa gajinya ?. Sebenarnya sih disesuaikan dengan kompetisi serta skill yang kamu punya. Tapi  paling kecil, standar Amerika Serikat yaitu 2000 usd per bulan. Untuk Indonesia sendiri sama seperti bidang lain, yaitu 2 juta rupiah.

Koordinasi Otomasi Pemasaran

Terkadang walau telah memperkerjakan seo management, seo specialist, tenaga pemasaran sampai supervisi. Tingkat penjualan produk tetap rendah.

Biang keroknya mungkin saja masyarakat tidak tertarik terhadap barangnya, baik dari segi kemasan sampai berat. Tidak hanya itu, kemungkinan lainnya ialah berantakannya sistem koordinasi antara tenaga pemasaran.

Alhasil untuk mencegahnya, perusahaan pun mempekerjakan seseorang sebagai koordinasi otomasi pemasaran, atau dikenal sebagai MC. Berbicara mengenai gaji sendiri, posisi tersebut sedikit lebih tinggi ketimbang sales, namun agak rendah kalau kita bandingkan dengan gaji seorang seo specialist.

Desain Grafis

Posisi ini sebenarnya tidak terlalu berhubungan dengan dunia seo. Namun terkadang, disebabkan tuntutan akan gambar bagus sangat tinggi, mengingat otak manusia itu cenderung menyerap informasi berupa gambar 60 ribu lebih cepat. Mereka yang punya keahlian di bidang ini dipaksa memahami desain grafis.

Tenang saja, beberapa badan usaha telah menyiapkan dana untuk melatih sumber daya manusia mereka supaya paham terhadap desain grafis. Meskipun sebagaimana kita ketahui, kalau mereka mau, mereka boleh ‘mengambil’ salah seorang luusan dkv sebagai tenaga pekerja.

Sebagai info saja, biasanya aplikasi yang sering digunakan dalam rangka merancang sesuatu adalah Adobe Photoshop dengan versi disesuaikan dengan kemampuan perangkat. Ilustrator, Corel Draw pun mereka sering gunakan.

Advertiser Online

Search Engine Optimization begitu identik dengan pemasaran. Sehingga tidak jarang, ada beberapa orang yang mengkategorikannya sebagai salah satu cabang ilmu pemasaran, meski pada faktanya sangat berbeda jauh.

Kemudian dalam pemasaran itu, satu dari sekian strategi ampuhnya ialah mengiklankan produk lewat berbagai media, mulai internet, sosial media, bahkan televisi sekalipun. Perusahaan pun mengangkat seorang advertiser online.

Lantas apa tugas utama dari posisi ini ?, selain mengiklankan produk. Mereka juga dituntut supaya menciptakan artikel – artikel sekaligus strategi pemasaran yang dapat menarik pengguna. Tekniknya bagaimana ?, ya melalui copywriter.

Copywriter

Website memang penting kalau misalnya badan usaha kamu bergerak di sektor tersebut. Akan tetapi sebuah website tidak berguna apabila tidak ada konten di dalamnya.

Untuk mengisi konten – konten dalam website, perusahaan menyewa seseorang sebagai copywriter. Dengan tugas paling utama ialah membuat artikel sebanyak mungkin supaya terdeteksi di peringkat pertama mesin pencari.

Lantas apa perbedaan antara copywriter dan content writer? Perbedaannya ialah dari segi tata bahasa serta materi yang disampaikan. Misalnya copywriter, mereka cenderung memberikan materi berupa solusi, dan juga bahasa yang digunakan mengajak konsumen membeli produk tersebut. Di sisi lain, konten writer justru lebih luas dalam menentukan topic artikel. Asalkan relavan dengan perusahaan, artikel dapat dipublikasikan.