Bagaimana cara mendapatkan ID Scopus? Cara mendapatkan ID Scopus sangat sederhana dan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca artikel di bawah ini.

 

Saat mengklik nama penulis di halaman Scopus, ID SCOPUS sebenarnya muncul dengan sendirinya. Namun, ini hanya berlaku untuk penulis yang sudah memiliki lebih dari 1 publikasi terindeks Scopus.

 

Mengapa demikian? Inilah mengapa SCOPUS sangat berhati-hati dalam memberikan ID PENULIS SCOPUS kepada penulis baru. Dengan begitu Anda tidak salah karena ada banyak orang di dunia ini dengan nama yang sama.

 

Namun jangan khawatir, disini juga akan diberikan cara untuk mendapatkan atau melihat Scopus ID hanya untuk 1 artikel Scopus. Sebelum masuk ke metodologi, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tujuan dan ketentuan kepemilikan Scopus.

 

Baca Juga : Jurnal Scopus Indonesia

 

Ketersediaan dan fungsionalitas ID Scopus

 

Sebelum mengetahui cara mendapatkan Scopus ID, sebaiknya pahami terlebih dahulu tujuan dan peran Scopus ID.

 

Setelah mengetahui apa itu Scopus, masyarakat yang ingin mengetahui cara mendapatkan IDscopus juga sangat bingung, apa fungsi dan tujuan Scopus ID, dan bagaimana cara mendapatkannya? Untuk itu, kami akan menjelaskan mengapa fungsi dan kegunaan Scopus ID penting bagi kalangan akademisi, mahasiswa dan dosen.

 

Sarjana menggunakan ID Scopus untuk dapat menautkan atau menghubungkan semua artikel yang terindeks di Scopus ke Sinta Portal. Portal Sinta merupakan salah satu tolok ukur pencapaian peneliti Indonesia berdasarkan pencapaian h-index sebagai penulis di Scopus atau Google Scholar.

 

ID Scopus juga dapat digunakan untuk menyediakan tautan untuk mengintegrasikan berbagai artikel Scopus ke dalam portal Sinta. Selain manfaat di atas, Scopus ID juga memudahkan hidup pengguna yang sudah terindeks di Scopus. Pengguna dan pemilik Scopus ID dapat menilai atau mengukur kemampuan mereka sendiri sebagai ilmuwan.

 

Misalnya, seorang penulis mengaku ahli dalam bidang pendidikannya. Jika demikian, dengan melihat ID Scopus Anda dapat melihat apakah peneliti tersebut benar-benar kredibel dengan memeriksa klaim dan reputasi peneliti sebagai penulis.

 

Scopus ID juga berguna bagi penulis atau cendikiawan yang ingin memasukkan atau mengimpor artikel ilmiah atau jurnal ilmiah yang terindeks di Scopus dengan memasukkan Scopus ID. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara memasukkan ID Scopus Anda.

By roket