Salah satunya seni pada tanaman yakni dengan tehnik bonsai. Tehnik membuat tanaman kerdil ini tidak akan rapuh oleh jaman. Meskipun tidak gampang untuk yang baru memulai, tetapi ada banyak tehnik dan langkah yang dapat dipakai untuk membikin bonsai pertama kalinya.

 

Pada intinya semua tanaman dapat dibikin bonsai, asal mempunyai waktu hidup yang panjang. Keelokan bonsai ini benar-benar unik hingga sanggup memancing ketertarikan beberapa orang. Tidak itu saja, bonsai tanaman sering dicari beberapa kolektor dengan nilai jual yang tinggi.

 

Nach untuk anda yang tertarik untuk membikin bonsai, Kutanam akan memberi tutorial komplet langkah membuat bonsai randu varigata untuk Anda yang pemula. Baca triknya berikut

 

Penyeleksian Tanaman Bonsai 

 

 

Tanaman yang diputuskan untuk jadi tanaman bonsai harus penuhi beberapa persyaratan. Persyaratan itu salah satunya yakni dari tipe tanaman dikotil, mempunyai babak hidup panjang, sanggup bertahan di dalam kesengsaraan, tahan pada beragam jenis tindakan dan mempunyai wujud alami yang cantik.

 

Contoh tanaman untuk bonsai yakni kamboja (adenium), jeruk, bougenville, azalea, beringin, zaitun dan sebagainya.

 

Penyeleksian Media

 

 

Tempat tanam harus sesuai tipe tanaman dan gizi yang diperlukan oleh tanaman. Harus diingat jika pot tanaman bonsai condong tipis hingga mediumnya sedikit.

 

Beberapa opsi tempat tanam yakni pasir, tanah, humus, kompos dan pupuk kandang. Formasnyai disamakan sama sesuai tipe tanaman, tetapi harus jadi perhatian ialah tersedianya humus dan pupuk.

 

Karena memakai tempat tanam yang kecil, karena itu formasi humus dan pupuk harus semakin banyak agar bonsai bisa tumbuh secara baik.

 

Penanaman dan Perawatan

Tanaman yang cukup kuat dipindah ke pot bonsai yang tipis dan lebar. Siapkan tanah dengan formasi tanah liat sedang, pasir dan kompos sekitar 5:2:3.

 

Di awal penanaman ini, tangkai tanaman bisa dibuat jalurnya dengan memakai kawat seperti keinginan. Beri air yang cukup pada tanaman. Stop bila air telah menggenang keluar pot dan pada tahapan ini seharusnya tutup keseluruhnya tanaman bonsai dengan plastik terbuka untuk percepat recovery.

 

Pembangunan

 

 

Pembangunan sebagai tingkatan yang paling dinanti-nantikan untuk membuat tanaman bonsai. Tanaman ini dapat dibuat secara terancang atau tidak terancang. Proses ini lumayan panjang dan harus tekun supaya hasilnya optimal. Ada dua tingkatan pembangunan, pembangunan rangka dasar dan peralihan arah dan wujud.

 

Pembangunan Rangka Dasar

 

Tahapan pertama kali dalam pembangunan tanaman bonsai yakni membuat wujud dasar lebih dulu. Saat sebelum membuat wujud dasar, yakinkan jika tanaman telah betul-betul kuat semenjak dipindah ke pot yang baru. Buat ide tanaman itu saat sebelum diaplikasikan langsung ke tanaman itu.

 

Jika memang perlu, anda dapat cari rekomendasi mengenai wujud tanaman bonsai yang hendak dibikin. Sketsa lebih dulu wujud tanaman itu, hingga anda dapat ketahui prediksi yang pas untuk menggunting atau mengikat bagian-bagian. Pemangkasan sebuah tangkai memungkinkannya timbulnya cabang baru di bagian itu.

 

Peralihan Arah dan Wujud

 

Persiapkan alat dan bahan yang dipakai untuk membuat tanaman. Salah satunya yakni pisau, kawat, tali raffia, gunting, dan tang. Potong sisi yang ingin diganti arah perkembangannya atau wujud memakai kawat.

 

Anda bisa juga mengganti arah dahan muda yang baru tumbuh. Berhati-hati di proses pembentukannya, janganlah sampai justru menghancurkan tanaman dan tidak sesuai kemauan. Proses pembangunan tidak langsung terjadi, jadi haruslah sabar dan menanti hasilnya dalam beberapa saat.

 

Pembaruan

 

 

Tingkatan seterusnya yakni pembaruan tanaman bonsai yang sudah tumbuh. Di proses ini atur ranting-ranting yang tumbuh secara tidak teratur.

 

Jaga daun-daun yang kecil, upayakan tidak begitu lebat dan rimbun supaya sesuai wujud pohon bonsai. Pohon bonsai yang kerdil ini harus disokong dengan formasi daunnya yang imbang supaya tidak kelihatan berbeda.

 

Beberapa fans bonsai biasanya memakai tehnik vegetative dan layering. Tehnik ini dipandang gampang dan relatif singkat. Tehnik vegtatif ini dibikin dengan menggunting pohon bonsai yang cukup tua selanjutnya ditanamkan kembali sebagai anakan bonsai dan dinanti perkembangannya sepanjang enam bulan.

 

Dan untuk tehnik layering ini seperti tehnik cangkok yakni biarkan tumbuhnya akar pada cabang yang seterusnya akan ditanamkan kembali. Hasil bonsai yang optimal akan kelihatan sesudah sekian tahun.

 

Memanglah tidak gampang untuk mengawali menanam bonsai. Tetapi dengan kesabaran dan kecermatan dan langkah menanam harga pohon kamboja fosil yang betul untuk yang baru memulai dari kami, Anda bisa juga melakukan sendiri di rumah. Selamat mempraktikkan ya!