Berminat untuk lakukan investasi emas? Pastikanlah kamu sudah mengetahui langkah membandingkan emas asli dan palsu supaya tidak salah tentukan. Bagaimanakah cara membandingkannya? Pastikanlah kamu tidak melewati pembahasan menarik dari Qoala di bawah ini.

Langkah Membandingkan Emas Asli dan Palsu yang Perlu Kamu Tahu

Sudah lama emas menjadi satu diantara instrument investasi yang lumayan menjanjikan karena mempunyai harga jual yang konstan dan condong terus alami peningkatan. Emas yang jadi investasi biasa berbentuk emas batangan atau perhiasan yang mempunyai kandungan emas lebih dari 98% atau capai 24 karat.

Sayang, saat ini lebih banyak emas palsu yang tersebar di pasar. Emas tipe semacam ini umumnya digabung berbahan kuningan hingga membuat kualitas dan kandungan karat emas jadi rendah. Oleh karena itu, saat sebelum beli, kamu harus tahu langkah membandingkan emas asli dan palsu dengan manual supaya bisa memperoleh emas yang terbaik untuk investasi.

Emas sebagai salah satunya logam mulia yang dapat dijadikan investasi periode panjang yang memberikan keuntungan dan tidak terkikis oleh inflasi. Berdasar data dari Tubuh Pusat Statistik (BPS), harga emas terus alami kenaikan dari tahun ke tahun. Di tahun 2000, harga emas masih ada di range Rp 71.875 per gr. Tetapi di tahun 2007 telah capai Rp 206.667. Tidak itu saja, di tahun 2010, harga emas telah capai Rp 360.000 per gr dan di tahun 2020 ini, harga emas telah capai Rp 800.000 per gr.

Data itu memperlihatkan jika investasi emas dapat datangkan keuntungan yang besar di masa datang. Namun harga tinggi itu cuman berlaku bila kamu ketahui langkah membandingkan emas asli dan palsu dengan dibakar atau langkah yang lain untuk memperoleh emas yang betul-betul asli. Pasalnya bila kamu sampai salah pilih emas palsu, bukanlah untung namun malah justru dapat buntung dan memperoleh rugi besar.

Saat sebelum memilih untuk beli emas, sebaiknya kamu ketahui dahulu bagaimanakah cara membandingkan emas asli dan palsu di bawah ini.

1. Lihat Sisi Fisik Emas

Sumber Photo: TThedugme Lewat ShutterstockCara yang termudah dan kerap dipakai untuk membandingkan emas asli dan emas palsu dengan memerhatikan ciri-ciri fisik emas yang ingin kamu membeli. Umumnya emas asli dan murni mempunyai cap atau pertanda untuk tentukan kandungan emas itu.

Pada emas batangan atau emas kepingan, kandungan emas memakai unit fineness (1-999 atau 0.1-0.999). Selainnya memakai unit fineness, langkah membandingkan emas asli dan palsu yang berbentuk perhiasan umumnya memakai unit karat seperti 10k, 18k, dan 24k.

Sayang saat ini lebih banyak emas yang memberikan cap kandungan emas palsu. Oleh karenanya, kamu kurang cukup bila cuman memakai langkah ini namun bisa juga memakai langkah lain terhitung langkah membandingkan emas asli dan palsu dengan cuka atau langkah yang lain lebih tepat.

2. Gosok Emas Memakai Jemari

Langkah yang lain yang bisa juga kamu pakai untuk membandingkan emas asli dan palsu dengan menggosok permukaan emas memakai jemari saat sebelum membeli. Bila sesudah kamu gosok pada tempat tertentu rupanya warna berbeda atau menghilang, dapat ditegaskan itu sebagai emas palsu.

Emas yang asli, tidak alami peralihan warna saat digosok memakai jemari atau benda yang lain. Bahkan juga emas asli bila dibakar dalam temperatur rendah tidak alami peralihan warna. Ini karena emas murni mempunyai warna yang kompak bukan sekedar susunan luarnya saja.

3. Langkah Membandingkan Emas Asli dan Palsu dengan Digigit

Pernah menyaksikan olahragawan olimpiade yang menggigit medali emasnya? Ya, langkah ini umumnya dipakai untuk pastikan apa medali yang didapatnya asli atau mungkin tidak. Bukan hanya untuk check orisinalitas medali saja, sebagian orang memakai tehnik unik ini sebagai langkah membandingkan kalung emas asli dan palsu dengan menggigitnya.

Pada intinya, emas sebagai logam yang lunak hingga gampang dibuat jadi beragam perhiasan. Makin tinggi kandungan karatnya, maka semakin halus juga struktur emas saat digigit. Emas asli umumnya akan tinggalkan sisa bila digigit. Namun kebalikannya, bila emas yang kamu gigit mempunyai struktur benar-benar keras dan tidak tinggalkan sisa gigitan sedikitpun, karena itu kemungkinan besar emas itu palsu.

Walau menjadi satu diantara langkah membandingkan emas asli dan palsu yang cukup terkenal, namun kamu tidak dapat memakai langkah ini untuk semuanya tipe emas. Langkah ini umumnya cuman dipakai untuk memeriksa orisinalitas emas berbentuk batangan, kepingan atau coin saja. Dan untuk perhiasan, langkah ini kurang dianjurkan sebab bisa mengubah wujud dan menghancurkan perhiasan tersebut.

4. Coba Dekatkan Emas ke Magnet

Selainnya memerhatikan warna emas asli dan palsu, kamu bisa juga memakai magnet untuk memeriksa orisinalitas emas. Emas sebagai tipe logam mulia yang tidak dapat diambil dengan magnet . Maka bila ingin ketahui apa emas kamu asli atau mungkin tidak, coba dekatkan magnet dan saksikan apa tertarik atau mungkin tidak.

Untuk lakukan langkah ini, kamu perlu mempersiapkan magnet dengan kemampuan lumayan besar. Seterusnya tujukan magnet itu ke emas yang ingin kamu check. Bila tertarik oleh magnet, kemungkinan itu sebagai emas palsu.

Walau cukup efisien, namun langkah ini tidak dapat dipakai untuk memeriksa ketidaksamaan emas asli dengan agunan orisinalitas 100 %. Masalahnya sekarang ini sudah banyak tipe logam yang lain yang mempunyai karakter nonmagnetic . Maka bila emas yang kamu punyai tidak tertarik magnet, sebaiknya masih tetap kerjakan pengujian dengan yang lain supaya lebih benar hasilnya.

5. Goreskan Emas ke Keramik atau Kertas

Menggoreskan emas ke keramik atau kertas bisa juga dipakai sebagai langkah membandingkan emas asli dan tembaga. Emas yang asli umumnya tidak tinggalkan tapak jejak atau sisa saat digores pada kertas atau keramik. Dan pada tipe logam yang lain akan tinggalkan sisa guratan.

Langkah ini memang lumayan baik untuk menunjukkan orisinalitas emas bila dibanding dengan memerhatikan berbau emas asli yang susah diperbedakan. Namun perlu kamu ketahui, jika langkah ini mempunyai resiko dapat menghancurkan permukaan emas . Maka bila ingin coba langkah ini, yakinkan kerjakan secara berhati-hati supaya tidak menghancurkan wujud emas.

6. Coba Teteskan Cairan Asam

Bila ingin langkah yang semakin kompeten, kamu bisa juga memakai cairan asam atau cuka untuk mengetes emas apa asli atau palsu. Langkah test emas dengan cairan rumah ini dapat dilaksanakan dengan teteskan asam nitrat ke atas emas. Bila sesudah diteteskan terjadi reaksi berbentuk peralihan warna jadi kehijauan, karena itu dapat ditegaskan emas itu palsu.

Asam nitrat dapat mengubah warna permukaan emas berdasar bahan lapisan yang dipakai. Bila saat ditetes alami reaksi berbeda warna jadi seperti warna susu, itu maknanya emas dilapis perak. Namun bila sesudah ditetes dengan cuka tidak ada reaksi apa saja, itu maknanya emas itu asli.

Langkah ini dapat kamu pakai untuk memeriksa orisinalitas perhiasan yang kamu punyai sekarang ini. Berbahan yang dapat diketemukan secara mudah di dalam rumah, kamu dapat pastikan apa emas kamu punyai asli atau mungkin tidak. Beberapa toko perhiasan paling dipercaya umumnya tawarkan langkah check emas ubs asli atau palsu dengan cairan asam ini untuk meyakinkan calon konsumen.

7. Cermat Kembali Document Sertifikat Emas

Emas asli sudah tentu disokong dengan sertifikat untuk menunjukkan orisinalitasnya. Oleh karena itu, saat ingin beli emas yakinkan sertifikat yang dipunyainya. Sekarang ini sudah banyak pelaku yang menyengaja membuat sertifikat emas palsu yang seakan-akan memperlihatkan jika emas itu asli. Bila tidak ditelaah, bukan mustahil kamu bisa jadi tertipu dengan hal itu.

Langkah membandingkan emas putih asli dan palsu lewat sertifikat ini lumayan gampang dilaksanakan. Untuk ketahui apa sertifikat emas asli atau palsu, cukup tempatkan di bawah cahaya ultraviolet saja. Pada sertifikat asli, bakal ada garis minor beragam warna sama seperti yang ada di uang kertas. Ada juga block warna hijau setiap deskripsi detil sertifikat. Janganlah lupa yakinkan jika simbol watermark perusahaan pembuat sertifikat asli.

8. Check Kepadatan Emas

Salah satunya langkah paling benar untuk membandingkan apa emas asli atau mungkin tidak dengan memeriksa kepadatannya. Emas sebagai logam yang mempunyai kepadatan tinggi sekali. Nyaris tidak ada tipe logam yang lain yang sanggup menyaingi kepadatan dari emas . Maka makin tinggi kepadatan logam maka semakin murni kandungan dari logam mulia itu.

Cara Check Orisinalitas Emas

Langkah check orisinalitas emas gunakan langkah ini lebih gampang. Turuti langkah-langkah di bawah ini.

– Persiapkan gelas ukur berisi air
– Masukan emas dengan digantung memakai benang
– Saksikan adakah ketidaksamaan air sebelum dan setelah emas ditempatkan.
Untuk lakukan langkah ini, kamu dapat memakai rumus penghitungan kepadatan yakni massa dipisah volume. Bila hasilnya dekati 19 gr per milliliter, karena itu dapat ditegaskan itu sebagai emas asli. Dibanding dengan test orisinalitas emas asli bila dibakar, langkah ini lebih tepat.

Angka Kepadatan Emas

Sebagai tutorial, berikut angka kepadatan emas berdasar karatnya:

– Emas 14k = 12.9 – 14,6 gr/milliliter
– 18k kuning = 15.2 – 15-9 gr/ml
– 18k putih = 14.7 – 16.9 gr/ml
– 22 k = 17.7 – 17.8 gr/ml
Walau kelihatan gampang, namun langkah ini memerlukan kecermatan yang baik untuk menghitung kepadatan emas secara benar. Bila kamu tidak lakukan dengan berhati-hati, bisa saja hasilnya jadi tidak tepat. Tetapi dibanding memeriksa code emas asli saja, langkah ini mempunyai hasil lebih benar dan tepat untuk pastikan orisinalitas emas.

9. Check Langsung ke Toko Emas

Bila semua langkah membandingkan emas asli dan palsu di atas telah kamu kerjakan tetapi tetap belum percaya dengan hasilnya, lakukan pengecekan langsung ke toko emas menjadi jalan keluar terbaik. Langkah ini lebih ringkas sekalian memperoleh hasil lebih tepat.

Untuk lakukan pengujian, kamu perlu tiba ke toko emas paling dekat yang sediakan service pengujian orisinalitas emas. Seterusnya penjaga toko akan lakukan pengujian memakai alat khusus yang mereka punyai. Tak perlu menanti waktu yang lama, karena hasilnya akan keluar dalam beberapa saat saja.

Selainnya 9 langkah di atas, sebetulnya masih banyak langkah yang lain dapat dipakai untuk membandingkan emas asli dan palsu. Yang paling terkini, sekarang ini sudah ada program CertiEye yang dapat dipakai untuk memeriksa orisinalitas emas khusus untuk konsumen emas Antam. Selainnya ringkas, langkah ini bisa juga pastikan jika emas yang kamu membeli asli dengan scan barcode yang tercantum pada tiap produk emas batangan dari Antam.

Perlu kamu cermati, sekarang ini bukan hanya ramai emas palsu saja. Namun banyak antara warga yang terkadang masih susah membandingkan di antara emas dan kuningan. Ini karena emas dan kuningan mempunyai warna yang serupa hingga susah untuk diperbedakan. Ada baiknya kalau punya niat beli emas, pastikanlah kamu juga paham langkah membandingkan cincin emas asli dan kuningan untuk menghindar rugi.

Langkah Membandingkan Emas Asli dan Kuningan

Ada cara-cara yang dapat dipakai untuk membandingkan emas asli dan kuningan, diantaranya:

1. Emas Asli Mempunyai Kemilau Lebih Tajam Dibanding Kuningan

Salah satunya langkah membandingkan emas asli dengan kuningan dengan memerhatikan kilauannya. Emas asli umumnya lebih bercahaya bila dibanding dengan kuningan. Dan kuningan mempunyai warna lebih gelap dan lusuh bila dibanding dengan emas.

2. Menggosok dengan Keramik

Langkah yang lain yang bisa juga kamu pakai untuk membandingkan emas asli dan kuningan dengan menggosokkan pada keramik. Emas asli akan tinggalkan sisa keemasan pada permukaan keramik, dan kuningan akan tinggalkan sisa kehitaman pada permukaan keramik.

3. Emas Tidak Tidak Bereaksi Pada Asam

Selainnya dapat dipakai sebagai langkah membandingkan emas asli dan palsu, cairan asam bisa juga kamu pakai untuk membandingkan emas dan kuningan. Emas asli tidak mempunyai reaksi bila diteteskan dengan cairan asam, dan kuningan bila terserang cairan asam akan bereaksi dengan ada gelembung-gelembung kecil.

4. Emas Mempunyai Harga Jauh Lebih Mahal Dibanding Kuningan

Langkah membandingkan emas dan kuningan yang seterusnya dapat kamu lihat dari harga yang dijajakan. Emas mempunyai harga yang lebih mahal bila dibanding dengan kuningan. Sekarang ini harga emas murni sudah capai tingkat Rp 900.000 per gr. Dan kuningan mempunyai harga lebih murah yakni sekitar Rp 500.000 untuk satu kg . Maka bila kamu disodori emas pada harga yang jauh dari harga standard, malah harus siaga sebab bisa jadi itu sebagai emas palsu atau juga bisa kuningan.

Investasi emas bisa datangkan keuntungan yang besar. Tidaklah aneh bila sekarang ini makin bertambah orang pilih emas sebagai salah satunya opsi investasi periode panjang. Namun saat sebelum beli, yakinkan membeli emas asli di lokasi yang paling dipercaya seperti Antam atau instansi keuangan yang tawarkan investasi emas. Supaya lebih percaya, tidak boleh sangsi untuk memakai program check emas asli seperti CertiEye untuk check orisinalitas emas Antam.

Itu pembahasan menarik sekitar langkah memeriksa orisinalitas emas yang penting kamu kenali. Dengan beli emas asli, kamu dapat memperoleh keuntungan yang besar karena harga emas asli condong selalu bertambah dari tahun ke tahun . Maka yakinkan ketahui langkah membandingkan emas asli dan palsu dan langkah membandingkan emas murni dengan kuningan supaya tidak salah tentukan dan usai dengan rugi. Disamping itu, datangi Website Qoala dan Qoala App untuk peroleh informasi menarik lain mengenai keuangan, saham dan asuransi investasi.

 

kunjungi juga jasa pengurusan cv

By dzail