Pertanyaannya, langkah apa yang perlu dilaksanakan bila sesudah dua minggu kamu belum terima berita dari HRD? Tidak boleh cemas, Kemampuan Academy punyai tips-nya!

 

  1. Mengganti Pola CV

Masih ingat ‘kan argumen pertama HRD ghosting lamaran kamu? Ya, benar sekali! Jumlah CV yang diterima recruiter tentu saja tidak sedikit, apa lagi bila kamu melamar di perusahaan besar yang banyak memiliki pecinta. Ada peluang bila CV-mu tidak dibaca. Lantas, harus bagaimana ya?

 

Beberapa perusahaan memakai program ATS (Applicant Treking Sistem) untuk menyortir CV yang pas dengan kwalifikasi. Application Treking Sistem ialah program penyaring calon berdasar sinonim kunci yang tercantum di CV dan lowongan kerja. Sesudah CV diterima, ATS mengirim balasan automatis ke e-mail calon untuk memberitahu jika lamaran sedang disaring.

 

  1. Follow Up HRD

HRD akan mahfum jika kamu bertanya status kepastian ke mereka sesudah dua minggu berakhir . Maka, tidak perlu berasa malu untuk mengontak lebih dulu. Saat sebelum menanyakan, pastikanlah kamu membuat kalimat secara baik dan santun ya. Berikut ini contoh langkah follow-up lamaran kerja.

 

Contoh e-mail follow-up lamaran kerja

Bertanya status lamaran kerja memperlihatkan pertanda jika kamu betul-betul serius dan tertarik sama status itu. Kirim pesan pada hari kerja lewat e-mail atau WhatsApp. Tapi, tidak boleh mengirimi pesan secara terus-terusan. Kamu dapat memberikan interval 2-3 hari untuk menanti HRD membalasnya pesanmu. Ingat, attitude is a must!

 

  1. Introspeksi Diri

Bagaimana bila HRD tidak juga membalasnya pesan walau sebenarnya status WhatsApp-nya online? Apa ini pertanda ghosting? Kemungkinan jawabnya iya. Tetapi, yang penting kamu kerjakan ialah mawas diri. Apa kamu betul-betul penuhi kwalifikasi?

 

Kadang, ada calon yang asal melemparkan jaring. Mereka sebetulnya tidak tahu status apa yang dilamar. Tidak perduli apa latar belakang pengajaran atau kisah hidupnya pas dengan jobdesk yang tercantum. Jika sudah ini, bisa saja HRD betul-betul nge-ghosting kamu.

 

  1. Move On!

Banyak ikan di laut, tetapi tiap ikan punyai umpan yang lain. Maknanya, kamu harus sadar jika ada banyak tugas di luaran sana, tapi dengan syarat yang berbagai macam. Persiapkan diri kamu dengan kemampuan yang diperlukan industri sekarang ini. Mulai bongkar CV, latihan interviu, dan move on!

Baca Juga: jurusan smk yang paling diminati

visit pare

By dzail