Lebih Baik Mana Vivo Y15 atau Redmi Note 8

main image

Jika kamu sedang bingung ingin membeli Vivo Y15 atau Redmi Note 8 sebaiknya kamu simak dulu artikel ini supaya kamu tidak bingung lagi. Kedua smartphone ini bisa kamu pilih jika kamu memang memiliki budget yang tipis, karena smartphone ini sama-sama dijual dengan harga yang tidak beda jauh dan masih ada di rentang harga Rp 2 Jutaan. Tapi dengan harga segitu Vivo Y15 dan juga Redmi Note 8 memiliki banyak perbedaan jadi kamu bisa lebih mudah untuk mempertimbangkan kedua ponsel ini. Nah untuk kamu yang belum tahu perbedaan apa saja yang ada pada smartphone ini, mari kita bahas secara lengkap pada artikel kali ini.

Kedua ponsel ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar untuk racikan mesin yang digunakan, dimana untuk vivo Y15 menggunakan MediaTek helio P22 sedangkan Redmi Note 8 menggunakan qualcomm Snapdragon 655. Perbedaan pada mesin ini  tentunya akan berpengaruh pada kemampuan kerja smartphone, termasuk di antaranya dukungan kamera yang bisa digunakan untuk ponsel ini, sampai berbagai macam fitur yang bisa terdapat didalamnya. Redmi Note 8 yang memiliki mesin Snapdragon 665 secara umum pastinya akan lebih unggul dalam hal ini. Perbedaan kemampuan diantara vivo Y15 dan juga Redmi Note 8 ini semakin terlihat jauh jika di lihat dari konfigurasi RAM dan juga memori internal yang digunakan untuk menjalankan chipset tersebut. Vivo Y15 juga hanya menawarkan varian tunggal dengan RAM sebesar 4 GB dan juga memori 64 GB, sedangkan pada Redmi Note 8 ukurannya lebih bervariasi dengan pilihan maksimal bisa mencapai RAM 6 GB dan juga pilihan kapasitas memori yang mencapai 128 GB.

Perbedaan selanjutnya yang ada di antara vivo Y15 dan juga Redmi Note 8 ada pada bagian kameranya. Kedua handphone ini sama-sama memiliki kamera depan dan juga kamera utama dengan konfigurasi lensa yang sangatlah berbeda. Pada vivo Y15 hadir dengan lensa utama yang memiliki resolusi 16 MP dan untuk kamera depannya memiliki resolusi 13 MP  ditambah wide-angel dengan resolusi 8 MP dan kedalaman 2 MP untuk kamera utamanya. Sedangkan untuk Redmi Note 8 memiliki kamera depan dengan resolusi 13 MP dan kamera utama dengan resolusi 48 MP  di tambah kamera ultra-wide dengan resolusi 8 MP ditambah kamera makro 2 MP dan juga kamera kedalaman 2 MP.

Perbedaan pada layar untuk smartphone ini juga perlu kamu pertimbangkan ya. Layar 6,3 inci yang di miliki oleh Redmi Note 8 ini bisa dibilang sedikit lebih unggul karena sudah memiliki resolusi yang lebih tajam dan juga beberapa fitur tambahan lainnya yang tidak kalah penting. Supaya lebih mudah untuk kamu bandingkan layar dari Redmi Note 8 ini sudah memiliki resolusi layar yang Full HD+ sebesar 2340 x 1080 piksel dan sudah di dukung dengan gorilla glass 5. Sedangkan untuk layar 6,35 inci yang di miliki oleh vivo Y15 masih menawarkan resolusi HD+  yang berukuran 1.544 x 720 piksel dan tidak memiliki fitur tambahan lainnya.

Dari sektor baterai vivo Y15 dan juga Redmi Note 8 ini juga memiliki perbedaan. Secara teknis baterai yang ada pada vivo Y15 ini akan memiliki baterai yang lebih besar dan tentu akan membuat ponsel ini lebih awet ketika digunakan,hal tersebut juga di pengaruhi oleh resolusi layar yang lebih rendah. Tapi Redmi Note 8 juga sudah memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh dan sudah mendukung fast charging 18 Watt.