Apa saja manfaat internetnya?

Ada banyak manfaat internet untuk kehidupan online, mulai dari tetap terhubung dengan keluarga dan teman saat bepergian, hingga mempelajari hal-hal baru tanpa harus meninggalkan rumah. Dalam posting blog ini, kami akan menguraikan beberapa alasan paling umum mengapa orang menggunakan internet, dan membahas beberapa cara terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari Internet.

Bagaimana internet bermanfaat bagi kehidupan kita?

Internet memang sebagai sarana yang bisa kita gunakan untuk menemukan informasi dan bermain games. Namun, ada beberapa manfaat lainnya yang perlu anda ketahui. Salah satunya adalah internet baik digunakan untuk mendapatkan pendidikan ataupun proses belajar. Selain itu, juga bisa kita perlihatkan kepada orang lain secara gratis berbagi foto atau video sendiri.

Cara menggunakan internet yang Baik

Internet memiliki kemampuan menjelaskan berbagai hal yang penting dan tersedia di internet. Tidak hanya informasi seperti jenis bisnis, cara bermain online, atau tips terbaru untuk mendapatkan uang, tapi juga keterangan tentang perasaan dan akibat dari berkomunikasi dengan orang lain secara digital.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menggunakan internet dengan baik:

1. Tunjukkan perilaku yang baik secara online

Berikan dukungan kepada teman atau siswa Anda dengan meninggalkan komentar positif, memberikan senyum virtual, atau menekan tombol suka di media sosial.

Kemudian, berilah siswa Anda pengetahuan bahwa dalam menggunakan internet, kita sering menemukan perilaku cyberbullying. Ajari siswa Anda untuk menghindari praktik ini, dan peringatkan mereka untuk tidak melakukannya.

Ada banyak hal yang dapat Anda ceritakan kepada mereka, seperti pengetahuan tentang hukum dan peraturan, dampak moral dan psikologis, dan sebagainya. Tujuannya agar siswa Anda dapat terus menyebarkan pesan dan perilaku positif saat menggunakan internet.

2. Periksa pengaturan akun dan kata sandi Anda

Saat membuat kata sandi, siswa cenderung memilih sesuatu yang sederhana dan mudah diingat – bahkan 1234567. Wah, itu pasti berbahaya! Sebisa mungkin, Anda dapat meminta siswa untuk membuat kata sandi yang sulit ditebak oleh orang lain. Bagaimana jika mereka melupakannya? Tuliskan! Di laptop atau ponsel pasti ada aplikasi catatan, bukan? Juga ingatkan siswa untuk tidak menunjukkan kepada orang lain. Jangan beri tahu siapa pun.

3. Jangan menyebarkan Gosip

Informasi di internet berlimpah dan beragam, mulai dari informasi yang berguna hingga yang merusak penalaran dan kondisi mental seseorang. Jadi, imbaulah siswa untuk menghindari penyebaran rumor seperti cerita atau foto yang menyakitkan, sensitif, menuduh, atau memalukan bagi orang lain. Mungkin bagi mereka itu lelucon, tapi itu bisa sangat menyakitkan bagi orang lain. Terlebih lagi, jika mereka tidak berhati-hati, sesuatu yang lebih buruk bisa terjadi pada orang yang menyebarkan rumor tersebut. Oleh karena itu tidak ada gunanya menyebarkan informasi palsu.

4. Anda tidak boleh menerima setiap permintaan pertemanan yang Anda dapatkan di media sosial

Penting untuk memeriksa profil seseorang sebelum menambahkan mereka sebagai teman, karena beberapa orang berpura-pura menjadi orang lain karena alasan yang buruk. Misalnya, mereka mungkin ingin mencuri foto Anda. Pada awalnya mungkin sulit untuk mengatakan apakah seseorang jujur atau tidak, tetapi jika itu bukan sesuatu yang akan mempengaruhi hidup Anda dengan cara yang negatif, Anda bisa mengabaikan permintaan itu.

5. Validasi sumber berita sebelum dibagikan

Sudah menjadi praktik umum untuk berbagi informasi menarik segera setelah kita mendapatkannya. Ini terutama berlaku untuk anak-anak. Mereka sering tidak tahu apakah konten yang mereka bagikan itu baik, terverifikasi, atau terkait dengan orang yang mereka bagikan. Itulah mengapa penting untuk memilah apa yang baik dan buruk. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menyarankan agar siswa mengatur akun media sosial mereka menjadi pribadi sehingga tidak sembarang orang dapat berbagi sesuatu dengan mereka.

Beberapa hal yang harus diingat saat menggunakan internet. Teman-teman terkasih, guru, pesan ini sangat penting untuk selalu berkomunikasi dengan siswa Anda . Apakah selama proses belajar mengajar , atau ketika siswa bertanya kepada Anda secara pribadi . Momen seperti ini sangat cocok untuk memberikan informasi tersebut; info penting tentang cara menggunakan internet dengan aman.