Banyak orang mengira bahwa diperlukan ruangan tenang, musik khusus, atau ritual tertentu untuk laksanakan meditasi. Padahal, Anda dapat melakukannya kapan saja, jika sementara tunggu bus datang, istirahat di sela sementara kerja, atau di tengah kemacetan lantas lintas.

Meditasi adalah tidak benar satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, supaya Anda dapat terasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Praktik ini biasanya dijalankan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan menyesuaikan pernapasan perlahan-lahan dan teratur, setidaknya sepanjang 10–20 menit.
Meditasi dapat dijalankan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau biaya tertentu dan kecuali dijalani secara teratur, meditasi dapat menopang menopang kebugaran mental dan fisik.

 

Cara Kerja Meditasi

Saat tengah stres, tubuh akan melewatkan hormon stres yang dapat menyebabkan beragam efek terhadap tubuh, layaknya meningkatnya detak jantung dan tekanan darah meningkat, menyebabkan rasa cemas dan kesusahan tidur, dan juga memengaruhi libido dan nafsu makan.

Setelah stres terkendali, suasana tubuh akan lagi normal layaknya biasa. Namun, sebagian orang kemungkinan tersedia yang terasa sukar untuk mengontrol stres.

Untuk menenangkan pikiran dan kurangi stres dengan baik, Anda dapat mencoba sebagian cara, juga meditasi. Saat bermeditasi, Anda akan dilatih untuk mengesampingkan beragam pikiran negatif yang menyebabkan datangnya stres, memotivasi diri, dan menyebabkan tubuh jadi lebih tenang dan nyaman.

Di samping itu, manfaat meditasi juga memiliki cara kerja yang efektif didalam mengaktifkan gelombang gamma di otak, yang berperan penting didalam proses belajar, konsentrasi, ingatan, dan kesadaran.

 

Berbagai fungsi Meditasi untuk Kesehatan

Meditasi merupakan aktivitas yang telah dijalankan sepanjang ribuan tahun di beragam negara, layaknya Cina dan India. Berbagai riset sejauh ini juga telah perlihatkan bahwa meditasi dapat menambahkan banyak kegunaan untuk menopang produktivitas sehari-hari dan kebugaran mental maupun fisik, seperti:

 

-Mencegah dan meringankan stres, depresi, dan kecemasan
-Mengatur emosi dan melatih pikiran positif
-Mengurangi rasa nyeri
-Mencegah tekanan darah tinggi dan melindungi tekanan darah selalu normal
-Membuat tidur jadi lebih nyenyak dan menopang mengatasi insomnia
-Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan menghindar pikun
-Memperkuat daya tahan tubuh

Meditasi juga dapat dapat dijalankan sebagai tidak benar satu cara untuk menopang mengatasi persoalan adiksi atau kecanduan, layaknya kecanduan nikotin, obat-obatan, atau minuman keras, atau suasana medis tertentu, layaknya irritable bowel syndrome dan gangguan tidur.

Meski demikian, penting untuk diingat bahwa peran meditasi tidak dapat mengambil alih metode pengobatan medis didalam mengatasi penyakit tertentu. Oleh sebab itu, kecuali Anda memiliki penyakit tertentu dan ingin mencoba meditasi untuk meringankan gejala yang Anda alami, sebaiknya konsultasikan ke dokter terutama dahulu.

 

Beragam Jenis dan Proses Meditasi

Ada banyak jenis dan tehnik relaksasi didalam meditasi, layaknya yoga, meditasi transedental, Tai chi, dan Qi gong. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu capai kedamaian dan ketenangan diri.

 

Secara umum, tersedia 2 tehnik meditasi yang paling dikenal, yaitu:

Meditasi fokus atau konsentrasi, yaitu meditasi yang dijalankan dengan cara memusatkan perhatian atau konsentrasi terhadap suatu objek tertentu, layaknya nada atau sensasi untuk capai ketenangan batin
Meditasi mindfulness, yaitu tehnik meditasi yang mengkombinasikan latihan konsentrasi dengan kesadaran atau perasaan mawas diri terhadap suasana tubuh dan lingkungan sekitar
Meski tehnik meditasi tersedia banyak, intinya aktivitas ini terdiri berasal dari sebagian elemen utama, meliputi:

 

1. Memfokuskan pikiran

Pikiran yang fokus dan tenang merupakan unsur meditasi yang paling penting, sebab cara ini dapat menopang menjernihkan pikiran berasal dari banyaknya gangguan yang menyebabkan stres, kecemasan, dan kekhwatiran.

 

2. Bernapas secara perlahan

Pernapasan yang pelan dan didalam dapat tingkatkan oksigen yang terhirup ke didalam paru-paru, supaya kuantitas oksigen di didalam darah dan seluruh tubuh pun bertambah. Ini dapat menyebabkan tubuh Anda terasa lebih nyaman sementara meditasi. Oksigen yang tercukupi pun dapat menyebabkan otak lebih enteng fokus dan konsentrasi.

 

3. Melakukan di tempat tenang

Jika Anda belum jadi biasa bermeditasi, coba terasa melakukannya di tempat yang tenang dan bebas berasal dari hal-hal yang berpotensi jadi gangguan, layaknya dering telpon genggam, bunyi TV, atau bunyi kendaraan. Setelah jadi biasa melakukannya di tempat tenang, Anda dapat membiasakan diri bermeditasi di tempat yang ramai.

 

4. Memosisikan tubuh dengan nyaman

Agar kegunaan meditasi terasa maksimal, penting untuk melakukannya dengan posisi yang nyaman, baik itu sementara duduk, berbaring, atau lebih-lebih berjalan. Posisi nyaman ini juga terlalu menopang melindungi postur tubuh Anda selalu baik sepanjang meditasi.

By toha