Dalam memulai usaha banyak hal yang menjadi pertimbangan, mulai dari modal sampai peluang usahanya. Sekarang sudah mulai banyak bisnis yang hanya membutuhkan modal minimal dan cukup mudah untuk dijalankan. Salah satunya adalah usaha makaroni goreng rumahan. Selain membutuhkan modal yang kecil bisnis ini memiliki peluang berkembang yang cukup besar dan target konsumen yang cukup banyak.

Modal Yang Dibutuhkan

Untuk memulai bisnis usaha makaroni goreng, dana awal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Cukup hanya dengan 100 ribu rupiah usaha ini sudah dapat berjalan, hal ini karena untuk memulai bisnis ini tidak perlu langsung menggunakan mesin yang besar. Bisnis ini bisa dijalankan secara rumahan dan menggunakan alat-alat dapur rumah.

Untuk perhitungan awal, modal yang dibutuhkan tidak lain hanya bahan baku awal dari usaha ini. Lihat rincian di bawah ini:

  • 1 Kg makaroni mentah seharga 25.000

  • Plastik bungkus makanan seharga 5.000

  • Minyak goreng ½ liter seharga 10.000

  • Total 50.000

Rincian diatas adalah rincian bahan baku awal dari usaha ini, kemudian sisa 50.000 dapat dibelikan bumbu makaroni dan dapat digunakan dalam beberapa kali produksi. Sedangkan peralatan produksi untuk sementara waktu manfaatkan peralatan dapur yang ada di rumah. Kemudian jika dirasa ada perkembangan tambah lah jumlah produksi secara berkala.

Peluang Usaha Makaroni Goreng Rumahan

Usaha makaroni goreng tidak hanya memiliki modal awal yang kecil, bisnis ini juga memiliki banyak sasaran konsumen yang sangat luas. Mulai dari remaja menengah kebawah ataupun menengah keatas, bahkan anak-anak kecil juga sangat menggemari camilan ini. Selain itu, dari 1 Kg makaroni yang diolah dapat menghasilkan lebih dari 70 bungkus kecil yang siap dijual.

Info lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Untuk harga jual makaroni bungkus kecil biasanya cukup murah yakni hanya 1000. Jadi kalau dikalkulasi dalam sekali produksi jika terjual habis dengan harga 1000, maka akan mendapatkan penghasilan kotor 70.000. Dari hasil tersebut dikurangi modal produksi sebesar 50.000 maka akan didapatkan hasil bersih per produksi sebesar 20.000.

Sekian pembahasan analisis modal dan peluang usaha makaroni goreng rumahan. Ingat untuk memulai suatu usaha lakukan bertahap mulai dari usaha yang paling minimalist, jangan langsung melakukan usaha dengan proyek yang besar tanpa melakukan riset dan analisis terlebih dahulu. Sekian semoga membantu dan terima kasih.

Temukan artikel lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com