Pantangan untuk Mengusir Ketidaknyamanan Saat Haid

Pada masa menstruasi, wanita adalah manusia yang paling sering berubah-ubah moodnya, selain itu sangat mudah emosi tanpa kesenggol sedikitpun. Ini terjadi karena terdapat hormon yang terus mengalami perubahan secara signifikan didalam tubuhnya. Kondisi ini selain membuat orang disekitar tidak nyaman, ternyata juga membuat wanita yang mengalami haid juga tidak merasa nyaman dengan apa yang terjadi pada dirinya.

Perubahan hormon pada wanita tidak hanya mempengaruhi mod dan emosinya tapi juga berpengaruh terhadap nafsu makan serta berat badan. Yang paling mengkhawarikan ketika wanita sedang haid dia merasa tidak nyaman terhadap lingkungan sekitar ia berada, dengan dirinya sendiripun ia tidak merasa nyaman.

Pantangan saat datangnya haid

Berikut ini adalah pantangan yang harus dihindari saat haid dan bukan mitos ataupun omong kosong. Pantangan ini membuat anda tetap nyaman pada masa menstruasi.

  1. Konsumsi minuman mengandung alkohol

Hormon progesteron akan mengalami peningkatan pada masa ovulasi sehingga anda akan memiliki kualitas tidur yang tidak baik. Hindari minuman yang mengandung alkohol karena akan membuat tubuh mudah lelah. Hindari juga konsumsi coklat, kopi,teh yang dapat mempercepat perubahan mood.

  1. Berhubungan seks

Didalam islam sebenarnya hal ini menjadi sesuatu yang dilarang tapi beberapa oknum masih saja melakukan hubungan seks pada saat haid. Secara medis hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena dapat menyebabkan penularan penyakit kelamin dengan cepat.

Berhubungan seks saat  haid juga masih berkemungkinan untuk hamil, jadi jangan percaya cerita hubungan seks saat haid biar gak hamil. Itu hanya cerita bohong yang menyesatkan

  1. Males ganti pembalut

Waktu yang tepat untuk ganti pembalut adalah 3-4jam sekali agar tidak lembab atau disesuaikan dengan volume cairan haid yang dikeluarkan. Mengganti pembalut juga mencegah kebocoran serta mencegah berkembang biaknya bakteri jahat yang berakibat negatif pada kesehatan pada vagina.

  1. Makan dan Minum Sembarangan

Hindari makanan berlemak pada saat haid agar tidak mengalami rasa nyeri serta kram yang luar biasa. Jangan konsumsi kafein supayan kualitas tidur terjaga dengan baik dan tidak cepat lelah.

  1. Olahraga sesuai kebutuhan

Hindari olahraga yang berat-berat atau berlebih yang dapat mengakibatkan terasa nyeri. Olahraga secukupnya saja seperti meraton, sepeda yang cukup malah dapat mengurangi rasa nyeri.

  1. Jangan dikuasi oleh emosi

Belajarnya untuk sedikit lebih bersabat pada saat haid, walaupun kita tau perubahan mood tersebut dipengaruhi oleh hormon. Tapi ketika anda tidak mampu menahan diri maka dimanapun berapa anda tidak akan pernah merasa nyaman.

Nah sekarang sudah tau apa saja pantangan saat sedang mengalami haid, silakan di baca dan dipelajari agar hidup anda tetap nyaman, bebas beraktivitas walaupun sedang haid.