Pengertian, Klasifikasi dan Tanggung Jawab Manajer

Lifestyle|Tips trik

Pengertian, Klasifikasi dan Tanggung Jawab Manajer

Pengertian, Klasifikasi dan Tanggung Jawab Manajer

Manajer adalah orang yang dapat memimpin atau memimpin orang lain dan bertanggung jawab atas kegiatan (pekerjaan) dalam suatu organisasi atau bisnis. Manajer adalah seseorang yang mampu mengendalikan, memimpin dan mengembangkan suatu organisasi atau bisnis untuk mencapai tujuan.

Manajer adalah orang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang baik dan diakui oleh organisasi/perusahaan untuk memimpin, mengendalikan, mengarahkan, mengatur dan mengembangkan organisasi dalam rangka mencapai visi (tujuan) perusahaan.

Klasifikasi Manajer

Berdasarkan tingkatannya dalam suatu perusahaan/organisasi, manajer dibagi menjadi tiga kategori, antara lain:

1. Manajer Lini Pertama

Manajer lini pertama adalah level terendah dan sering disebut manajer operasi. Tugasnya termasuk mengelola dan mengawasi karyawan non-eksekutif yang terlibat dalam proses produksi. Mereka biasanya disebut sebagai atasan, kepala departemen, manajer shift, kepala departemen, manajer kantor atau mandor. Ini adalah penjelasan dari pengemudi kelas satu.

 

2. Manajer Tingkat Menengah

Manajer tingkat menengah ini berdiri di antara manajer lini pertama dan manajer puncak, yang tugasnya bertindak sebagai penghubung antara keduanya. Posisi manajer tingkat menengah ini termasuk manajer proyek, manajer pabrik, manajer departemen atau manajer departemen. Ini adalah pernyataan manajer menengah.

 

3. Manajer Puncak

Manajer puncak mempunyai tugas merencanakan kegiatan dan strategi organisasi atau perusahaan secara umum dan mengelola jalannya organisasi atau perusahaan. Manajer puncak ini dikenal dengan istilah Executive Officer, contoh eksekutif puncak seperti Chief Executive Officer (CEO), Chief Financial Officer (CFO) dan Chief Information Officer (CIO) Dan ini adalah pernyataan para eksekutif puncak.

 

Tanggung Jawab Manajer

Menurut Malayu S. Hasibuan, tugas seorang manajer adalah:

  1. Siklus kepemimpinan atau siklus pengambilan keputusan, membuat rencana, mengorganisir organisasi, mengelola, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan organisasi.
  2. Memotivasi, artinya seorang pemimpin harus mampu memotivasi bawahannya untuk bekerja keras dan memajukan bawahannya dengan baik dan harmonis.
  3. Manajer harus berusaha memenuhi kebutuhan bawahan mereka.
  4. Manajer harus mampu menciptakan kondisi yang akan membantu bawahan untuk puas dengan pekerjaannya.
  5. Manajer harus berusaha mempersiapkan bawahannya untuk bertanggung jawab.
  6. Manajer perlu mengembangkan bawahannya untuk bekerja secara efektif dan efisien.
  7. Manajer perlu mendefinisikan dengan tepat fungsi dasar manajemen.
  8. Manajer harus mewakili dan menjaga hubungan yang harmonis dengan pihak luar. Sumber Rangkuman Terlengkap : SeputarIlmu.Com