Pengertian Teknologi Jaringan VPN Dan Fungsinya

Uncategorized

VPN merupakan salah satu jenis teknologi jaringan yang berperan sebagai penyembunyi identitas asli saat menjelajahi internet.

Karena merupakan bagian dari jaringan maka peran IP atau Internet Protocol sangat penting dan juga ISP (Internet Service Provider). Lebih lanjut mengenai pengertian VPN dan fungsinya, silahkan baca pernyataan berikut

Pengertian VPN

Memiliki kepanjangan Virtual Private Network merupakan sebuah jaringan yang mempunyai jalur internet khusus sebagai terowongan untuk membuat alamat palsu sesuai daerah VPN tersebut.

Cara kerjanya adalah mengubah IP asli dari jaringan ISP suatu perangkat ke alamat palsu suatu server dari bagian atau Negara lain.

Fungsi VPN 

  1. Mengganti IP Address dan lokasi

Seperti pada cara kerjanya, VPN adalah mengubah IP dari suatu perangkat ke alamat baru dengan cara menyembunyikan IP aslinya.

  1. Melindungi perangkat

Hal ini terjadi apabila suatu perangkat terhubung pada jaringan yang bersifat umum seperti wifi. Untuk mencegah hal tersebut VPN berfungsi untuk menyembunyikan IP asli dan tidak akan dilacak oleh para hacker.

  1. Menyembunyikan riwayat browser

Terkadang untuk bisa membuka sebuah situs yang tidak tersedia di Indonesia karena dicekal ISP, menggunakan VPN merupakan solusi tepat karena alamat ketika browsing berubah dari IP asli ke server dari VPN tersebut.

  1. Mengganti server suatu Negara

Dengan menggunakan VPN, suatu perangkat yang terhubung internet bisa memasuki server Negara lain untuk keperluan tertentu, entah mengganti geografi, login Negara pada game/aplikasi, dll.

Sumber: Konsultan Internet Marketing

Baca Juga: Konsultan Digital Marketing