Apakah lelang mobil Jakarta aman 100 persen? Ya, jika legalitasnya telah terdaftar atau diakui, serta memiliki website resmi yang diawasi langsung oleh Persatuan Balai Lelang Indonesia (Perbali). Pasalnya, tidak sedikit pula penipuan berkedok balai lelang diluar sana. Hal ini selain meresahkan, juga akan sangat berisiko bagi bidder pemula. Jika sudah demikian, alangkah baiknya jika Anda paham cara mengantisipasinya dengan baik.
Berikut langkah-langkah antisipasi yang bisa diterapkan ketika melihat lelang mobil Jakarta:

1. Selalu Cek Di Saluran-Saluran Balai Lelang Resmi

Biasanya penipuan yang mengatasnamakan lelang mobil tersebut dilakukan melalui Social Media dan menggunakan akun IBIDyang abal-abal. Apabila Anda melihat ada lelang yang diselenggarakan dengan mengatasnamakan balai lelang tertentu, jangan mudah percaya begitu saja. Pastikan bahwa akun Social Media tersebut adalah akun yang valid miliki Balai Lelang. Bukan milikl perorangan atau instansi yang bertujuan mengeruk keuntungan dari Anda.

2. Jangan Terlalu Berkespektasi Tinggi

Apakah Anda terlalu membayangkan hal yang manis-manis saja dari lelang mobil Jakarta? Sebaiknya jangan terlalu terbuai oleh euphoria tersebut. Ya, memang ada segelintir orang yang menceritakan dirinya bisa mendapatkan mobil murah dengan kualitas bagus dib alai lelang tersebut. Tapi secara garis besar, mendapatkan mobil dibawah harga pasar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. 
Belum lagi, nanti ada aksi saling tawar menawar antara bidder satu dengan bidder lainnya. Harga pun kian melonjak signifikan. Umumnya, persentase murahnya harga dibandingkan dengan harga pasar adalah 5 – 10 persen.

3. Jangan Mudah Mentransfer Uang Ke Pihak Tertentu

Satu hal yang pasti, Anda juga tidak boleh terbuai oleh iming-iming dari pihak tertentu yang bersedia memenangkan Anda di lelang mobil Jakarta tersebut. Jika semua orang bisa semudah itu mendapatkan mobil di balai lelang, apa kata dunia? Coba pakai naluri dan insting anda, apakah mungkin bisa mendapatkan mobil yang lebih murah 50 persen dari harga pasaran? Kalaupun ada, kemungkinan ada segudang konsekuensi yang harus dihadapi oleh bidder yang memenangkannya.

4. Tanyakan Ke Rekan Atau Teman Yang Berpengalaman

Akan lebih bagus lagi apabila Anda memiliki rekan atau teman yang berpengalaman dalam bidang ini. Dengan memiliki rekan yang berpengalaman, sudah pasti Anda akan mampu memperoleh hasil terbaik yang dibutuhkan. Dari sini, semuanya akan bisa Anda lakukan dan terapkan dengan cara yang mudah. Anda tidak akan mudah terbuai oleh iming-iming atau kata-kata ajaib dari oknum tertentu yang memanfaatkan situasi.
Dari poin-poin di atas, ternyata melakukan langkah antisipasi dalam balai lelang bukan hal yang sulit, bukan? Dengan cara inilah, Anda yang berminat mengikuti lelang mobil Jakarta bisa lebih tenang dan sudah memiliki penangkal terhadap berbagai masalah yang kemungkinan bisa saja terjadi.