Persiapan Kolam Budidaya di Kolam Beton Ikan Nila

Berwirausaha memang dinilai sangat menguntungkan. Apalagi jika memilih budidaya ikan air tawar, seperti ikan nila. Perlu kamu ketahui, budidaya ikan nila tidak sesulit yang kita bayangkan, asalkan kita mengetahui cara budidayanya dengan benar.

Selain itu, benih ikan nila mudah didapatkan. Kamu dapat memperolehnya di alam bebas terutama perairan air tawar. Perkembangbiakan ikan nila juga mudah. Cukup dengan suhu optimal antara 25 – 35 derajat celcius dan pH air yang seimbang.

Pemula pun dapat melakukan budidaya ikan air tawar yang satu ini karena ikan nila mudah berkembang biak di berbagai jenis kolam. Penasaran bagaimana tekniknya? Yuk, simak cara budidaya nila ini terlengkap berikut ini.

Persiapan Kolam Ikan Nila

Salah satu keuntungan budidaya nila adalah mudah berkembang biak di berbagai jenis kolam dari kolam beton hingga kolam terpal. Adapun persiapan kolam untuk budidaya nila adalah sebagai berikut.

Persiapan Kolam Budidaya di Kolam Beton

 

Langkah awal untuk budidaya nila di kolam beton adalah mempersiapkan kolam beton. Tentu saja, kamu harus membuat kolam beton. Buat setting kolam sebaik mungkin dengan kedalaman kolam 150 cm.

Bagi pemula, https://agrarindo.com/ menyarankan kolam beton harus memiliki luas minimal 100 meter persegi. Pastikan kolam beton berbentuk persegi panjang supaya mudah saat proses panen. Nah, yang sudah memiliki kolam beton di rumah, kamu tinggal membersihkannya.

Setelah kolam beton bersih, lakukan pengapuran yang dilanjutkan dengan pemupukan menggunakan pupuk kandang. Kemudian semprot kolam beton menggunakan pestisida dan isi kolam menggunakan air bersih.

Isi kolam beton dengan air setinggi antara 120 – 130 cm. Untuk mendapatkan hasil maksimal, biarkan air menggenang selama seminggu dan pastikan kamu menutup saluran air di kolam.

Adapun untuk ukuran kolam beton yang ideal dan memudahkan saat panen adalah sebagai berikut.

  • Jika panjang kolam beton adalah 20 meter dan lebarnya 5 meter, maka memuat ikan nila merah sejumlah 1000 ekor dengan estimasi panen sebesar 200 kg.
  • Jika panjang kolam beton 20 meter dan lebarnya 15 meter, maka memuat ikan nila merah sejumlah 3000 ekor dengan estimasi panen sebesar 600 kg.