Ada beberapa produk elok dan unik yang bisa Anda beli ke atau dari Bali, tapi salah satunya, ukir-pahatan kayu dan patung kayu kemungkinan ialah produk Bali yang terpopuler. Banyak propinsi di Indonesia yang membuat ukir-pahatan dan pahatan kayu, tapi pulau Bali populer dengan style pahatan kayunya yang lembut, detil, dan unik, dengan topik religius atau dogma sebagai objectnya. Tetapi, cita-rasa kekinian membuat beberapa pemahat kayu di Bali menyesuaikan dengan style dan opsi kekinian dari beragam konsumen setia.

Dusun Mas dekat Ubud adalah pusat ukir-pahatan kayu terpopuler di Bali, dan ada beberapa style dan wujud ukir-pahatan kayu dan patung yang bisa Anda dapatkan di sini. Banyak pada mereka yang paling mahal dan beberapa barang galeri dapat bernilai lebih dari 50 juta Rupiah, walau ada pula beberapa pernak-pernik dan kreasi yang lebih kecil yang harga kurang dari Rp 500.000.

Beragam Style dan Wujud Patung Kayu Bali

Patung dan ukir-pahatan kayu Bali style tradisionil umumnya memvisualisasikan figur dogma dan binatang; burung dogma, patung Dewa atau Dewi Hindu seperti Ganesha dan Sarasvati, dan penari tradisionil. Style tradisionil mengutamakan pada detil mengagumkan, yang memperlihatkan kesabaran dan ketrampilan seniman lokal Bali. Ukir-pahatan kayu memperlihatkan detil mengagumkan yang serupa seperti patung kayu tradisionil Bali; ada wujud seperti daun dan bunga penuh lekukan menawan dan detil lembut yang membuat terkenal sebagai hiasan dinding, partisi serta hiasan langit-langit atau gerbang.

Kebalikannya, beberapa seniman Bali sekarang adopsi style kekinian, untuk sesuaikan hasrat konsumen setia kekinian tanpa mempertaruhkan kehalusan dan keelokan kreasi seni Bali yang sudah menarik masyarakat luas. Produk Bali kekinian berbentuk ukir-pahatan dan patung umumnya kurang detil dan umumnya bermain pada lekukan besar, permukaan lebih lembut, serta banyak pojok tajam karena jadi kurang detil serta lebih mencolok dalam garisnya. Beragam gestur (bila modenya manusia) sebetulnya cuman dapat diperlihatkan dalam bahasa badan dan gerak badan, dan itu yang terjadi dengan patung-patung kayu.

Produk Bali – Langkah Beli Kreasi Seni Kayu Bali

Kreasi seni kayu seperti ukir-pahatan dan patung ialah produk favorite Bali, tapi bagaimana Anda dapat memperolehnya? Membeli langsung di Bali ialah jalan keluarnya, tetapi Anda jangan bawa kebanyakan barang saat pulang dari berlibur Anda. Anda bisa pesan produk untuk dikirimkan ke alamat Anda (terlebih bila besar) atau mungkin dengan jasa pengantar. Tetapi, karena ukir-pahatan dan patung kayu benar-benar terkenal saat ini, Anda dapat membeli dari beberapa toko kerajinan Bali yang jual patung dan ukir-pahatan kayu disekitaran rumah Anda. Beberapa toko atau retail ini berafiliasi dengan seniman di wilayah seperti Dusun Mas, atau galeri lokal yang umumnya jual produk seniman lokal ke pemilik toko peralatan rumah Bali (Bali homewares) di luar pulau Bali importir dari beragam negara.

Pernak-pernik atau seni kayu Bali murah cuman dapat bernilai di antara Rp. 200.000 dan Rp. 500.000. Sedikit di atas itu, Anda kemungkinan memperoleh seni yang sedikit detil dan lembut pada harga sekitaran satu juta sampai 15 juta Rupiah. suatu hal yang tambah mahal dari galeri bisa bernilai lima juta Rupiah sampai 50 juta Rupiah per poin. Patung kayu dan kreasi seni dari Bali ialah produk favorite Bali untuk dekor Rumah dari Bali (Bali decor).

By gstnm