Rekomendasi 4 Saran Penyajian Menu Makanan Untuk Lansia Yang Menyehatkan

Secara perlahan, manusia akan menua. Proses penuaan sendiri sering terjadi pada usia 30 tahun. Pada usia ini orang dewasa secara perlahan akan kehilangan kandungan lemak bawah kulitnya. Hal ini akan berimbas pada penuaan wajah secara bertahap. Pada usia 40 tahun ke atas, tubuh cenderung mulai mengalami penurunan fungsi organ secara bertahap. Sel pada organ akan secara bertahap luruh yang menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh menjadi lambat.

Lansia atau golongan manusia lanjut usia, merupakan golongan usia yang rentan dan mudah terkena penyakit. Sistem metabolisme dalam tubuh yang bekerja lambat menjadi alasan mengapa lansia sering kali mengalami beberapa penyakit. Salah satu penyebab lansia mudah terkena virus selain karena lansia cenderung malas makan. Lansia cenderung untuk kehilangan nafsu makan sehingga konsumsi makanannya terbatas.

Lansia sendiri akan bertahap kehilangan rasa pengecap yang menyebabkan mereka terlalu picky terhadap berbagai jenis makanan yang disajikan. Selain itu, ketidakmampuan tubuh lansia dalam mengkonsumsi beberapa jenis makanan menyebabkan mereka memiliki nafsu makan yang berkurang. Padahal dengan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan maka lansia akan mudah menjauhkan penyakit yang dideritanya.

Nah, bila kamu memiliki lansia yang tinggal bersama dan bingung harus memberikan masakan apa, berikut ini merupakan saran penyajian konsumsi lansia dalam menu harian :

  •         Membatasi konsumsi lemak, gula dan garam

Sistem metabolisme dalam tubuh lansia berjalan lambat. Konsumsi makanan berlemak dan mengandung garam tinggi akan menyebabkan hipertensi serta menurunkan fungsi jantung. Konsumsi gula berlebih juga akan menyebabkan diabetes pada lansia. Ada baiknya lansia cenderung memperbanyak konsumsi sayuran hijau dalam menu makanannya.

  •         Mengonsumsi makanan 3 kali sehari

Dalam menjaga massa tubuh lansia dan kesehatan lansia, ada baiknya untuk memperhatikan pola makan lansia. Anjurkan lansia untuk mengkonsumsi makanannya sebanyak 3 kali sehari. Dengan begitu kebutuhan nutrisi lansia akan tercukupi dan tidak akan mudah jatuh sakit. Porsi yang diberikan bisa kecil namun padat nutrisi. Bisa juga diberikan buah bergula rendah sebagai cemilan.

  •         Mengkonsumsi susu kaya nutrisi

Susu merupakan produk hewani kaya nutrisi. Kalangan usia disarankan konsumsi susu untuk menunjang kesehatan mereka. Susu nutrisi untuk orang tua disarankan diberikan untuk lansia yang sulit sekali mengkonsumsi makanan atau mengalami malnutrisi. Susu nutrisi untuk orang tua dapat mendukung pembentukan massa tubuh karena mengandung protein mudah dicerna tubuh. Selain itu, Susu nutrisi untuk orang tua juga mengandung ragam vitamin dan mineral yang mendung pembentukan sistem imun.

  •         Tidak mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan

Terkadang lansia memiliki pantangan makanan yang dikonsumsi. Hal ini disebabkan oleh penyakit yang diderita lansia. Ada baiknya untuk mengkonsultasikan menu makanan yang diperbolehkan dikonsumsi dengan dokter terkait jika lansia memiliki Riwayat penyakit tertentu. Hal ini dilakukan agar menunjang kesehatan lansia dan tidak memperburuk kesehatan lansia.

By hary