Rempah-rempah Asia Yang Populer di Eropa

Kulineran ciri khas Indonesia memang populer memakai beragam jenis bumbu rempah-rempah yang jadikan cita-rasa dan wewangian yang unik. Sebutlah saja rendang, ayam betutu, soto lamongan, sate madura, dan lain-lain yang memakai rempah-rempah pada proses mengolahnya. Selainnya untuk mengolah, rempah-rempah berguna juga untuk penyembuhan lho!

Nach, dalam riwayat, karena rempah-rempah berikut, jaman dulu orang Eropa tiba menjajah Indonesia. Saat ini, rempah-rempah ciri khas Indonesia ini telah tersebar di penjuru dunia. Ya, walau beberapa negara telah menanam di negara mereka sendiri, tetapi rempah-rempah Indonesia masih tetap jadi bintang di beberapa negara lain.

1. Cengkih

Cengkih yang namanya latin Syzygium wewangianticum ciri khas dari Maluku ini memiliki wewangian dan rasa yang unik. Selainnya dipakai dalam masakan, cengkih berguna juga untuk obat alergi pada dingin nih.

2. Lada

Lada yang populer di Indonesia ialah lada putih atau kerap disebutkan merica, bernama latin Piper albi linn. Pemroduksi khusus merica berada di Lampung dan Bangka. Selainnya dipakai sebagai bumbu wajib dalam masakan, lada berguna juga untuk meghangatkan tubuh dan menyembuhkan influenza lho.

3. Kayu Manis

Kayu manis yang disebutkan cinnamon ini memiliki wewangian yang lezat sekali dech! Nach, salah satunya faedah dari kayu manis ini sebagai pengatur kandungan gula darah. Selainnya buat masakan jadi sedap, faedahnya oke nih.

4. Pala

Myristica fragrans alias pala ini datang dari tanaman pala, di mana buah pala secara umum dibuat jadi manisan, dan bijinya dipakai sebagai penyedap dalam masakan. Biji pala yang dengan bahasa Inggris disebutkan dengan ground nutmeg ini bermanfaat untuk menghangatkan badan dan mejaga metabolisme badan lho.

5. Kapulaga

Kapulaga umum diketahui orang luar negeri dengan Cardamon memiliki nama latin Amomum compactum. Faedahnya banyak nih, selainnya dipakai sebagai penyedap dalam pembikinan kue, biasa dipakai untuk menyembuhkan pilek dan batuk nih.

6. Andaliman

Kemungkinan sedikit yang mengetahui mengenai rempah yang memiliki nama latin Zanthoxylum acanthopodium ini. Nach, andaliman memiliki rasa pedas seperti merica dan umumnya dipakai oleh warga Batak dalam masakannya. Karenanya andaliman kerap disebutkan degan merica batak.

7. Kayu Secang

Sudah kerap dengar wedang uwuh ciri khas Yogyakarta itu kan? Nach, dalam wedang itu dipertambah rempah yang memiliki nama latin Caesalpinia sappan L. ini lho. Nach, kayu secang ini berguna sebagai anti-oksidan dan obat diare nih.

8. Piper Cubeba

Masih kedengar sedikit asing tidak sich? Ya kemukus atau disebutkan Piper cubeba ini umumnya diambil biji atau minyak atsirinya. Beberapa faedah kemukus sebagai obat mual dan tingkatkan peranan pencernaan lho.

8. Kunyit

Biasa disebutkan dengan Turmeric atau Curcuma longa. Kunyit yang memiliki warna kuning ciri khas ini umumnya dipakai sebagai bahan warna alami pada makanan. Nach dari sisi penyembuhan, kunyit berperan untuk menangani perut kembung lho!

9. Ketumbar

Mirip-mirip sich dengan lada, hanya ukuran lebih kecil dan kulitnya cukup kasar . Maka tidak boleh salah kembali ya, di antara lada dan ketumbar. Nach, ketumbar yang disebutkan dengan Coriander ini memiliki bahasa latin Coriandrum sativum. Selainnya terkenal dan kerap dipakai sebagai penyedap masakan, berguna juga untuk menangani perut kembung nih.

10. Daun Salam

Nach, daun bernama latin Syzygium polyanthum ini tidak pernah ketinggal kan jika kamu sedang masak apa saja. Daun salam yang dikenal juga dengan bay leaves ini memiliki wewangian yang lezat, baik digabungkan dalam masakan berbentuk kering atau masih fresh, sama lezatnya.

11. Bunga Lawang

Bunga lawang alias Star anise ini memiliki wewangian yang unik. Nach selainnya dipakai sebagai penyedap masakan, rempah yang mempunyai nama latin Illicium verum ini dapat diseduh seperti teh loh.

12. Kemiri

Kemiri memiliki rasa renyah yang unik lho. Disebutkan Candlenut dengan bahasa Inggris atau Aleurites moluccanus nama latinnya ini telah umum dipakai sebagai penyedap dalam beragam jenis masakan. Faedah lainnya dari kemiri untuk menyembuhkan sariawan dan menurunkan ngilu sakit gigi lho.

13. Jahe

Jahe disebutkan dengan Ginger memiliki rasa yang agak pedas. Selainnya dipakai sebagai rempah dalam masakan, jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini kerap dipakai sebagai minuman penghangat badan. Faedah lainnya dari jahe untuk menangani mual-mual pada ibu hamil nih.

Semua tentu sudah mengetahui donk rempah yang ini. Biasa disebutkan lemon grass dengan bahasa Inggris dan Cymbopogon citratus dalam nama latin.

Tidak disangsikan kembali donk rasa masakan yang memakai serai, lezat kan. Nach, rupanya serai bisa juga dipakai sebagai pengusir nyamuk lho, karena serai memiliki kandungan Sitronela yang tidak dicintai nyamuk.

Tidak hanya itu, hasil olahan teh juga dominan dibawa ke Eropa untuk di olah disana. Nach, kamu harus senang donk menjadi orang Indonesia yang kaya rempah-rempahnya!