Reviw Tujuan Pengembangan RIPPARDA

RIPPARDA merupakan bagian utama yang harus diperhatikan dalam sektor pembangunan pariwisata terbaik, yang berfungsi dalam hal mempercepat lajunya pertumbuhan ekonomi daerah melalui adanya konstribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menjamin Kelestarian Alam dan Budaya

Tentu saja pengelolaan RIPPARDA tersebut harus dilakukan dengan sebai-baiknya dan penuh tanggung jawab, sehingga kehadiran dari sektor pariwisata tersebut dapat menjamin terciptanya kelestarian alam dan budaya di sekitar, serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berlandaskan UU Pariwisata

Tujuan utama dari adanya RIPPARDA adalah mendirikan sebuah bisnis pariwisata dengan berlandaskan pada ketentuan Undang-Undang pariwisata, seperti yang dilakukan oleh Konsultan pariwisata dan RIPPARDA yang membantu dalam hal menciptakan kinerja pembangunan berkelanjutan dibidang pariwisata nasional yang lebih baik lagi.

Mensejahterakan masyarakat

Dengan demikian, ini akan mempermudah seseorang memperoleh devisa, mensejahterakan kehidupan masyarakat kearah yang lebih baik, mengatasi permasalahan pengangguran, angka kemiskinan, meningkatkan pelestarian alam, serta mengembangkan budaya.

Memperbaiki Citra Bangsa

Tidak hanya itu, fungsi lainnya dari RIPPARDA adalah memperbaiki citra bangsa dan saling ikut serta mempererat rasa kestauan terhadap tanah air. Itulah sebabnya, RIPPARDA dipilih sebagai pandugan dalam menyelaraskan program pembangunan yang berkelanjutan.

Isi Dokumen RIPPARDA

Dokumen RIPPARDA memuat sebuah pembahasan tetnang potensi yang dimiliki idang wisata tersebut, serta menjawab berbagai macam permasalahan seputar dunia kepariwisataan. Selain itu, didalam dokumen ini juga membahas isu-isu strategis yang terjadi dalam bidang pariwisata.

Visi dan Misi RIPPARDA

Selain itu, pada RIPPARDA memiliki kebijakan hukum yang disesuaikan dengan visi, misi, serta tujuan dari kebijakan tersebut dibuat. Dengan demikian, program pembangunan dalam bidang kepariwisataan akan berjalan lancar sesuai dengan  Rencana Induk Pembangunan Pariwisata.

  • Membangun Industri kearah yang lebih baik

Tujuan pertama adanya RIPPARDA adalah membangun industri pariwisata kearah yang lebih baik, antara lain dalam bidang fungsi, struktur, hierarki, dan hubungan. Dengan demikian, masyarakat bisa ikut serta dalam memberikan tanggung jawab penuh.

  • Menciptakan mitra usaha yang membangun

Selanjutnya, tujuan kedua adalah menciptakan mitra usaha yang membangun serta bertanggung  jawab penuh. Tentunya, agar hasilnya maksimal harus ada keterkaitannya dengan unsur pendidikan agar nantinya proses  peluang menciptakan mitra berjalan pas.

By arief